Menjadikan Android Sebagai Wifi Repeater | Droidinside

Menjadikan Android Sebagai Wifi Repeater

  • 3 min read
  • Nov 07, 2020
menjadikan android sebagai wifi repeater

Dengan menjadikan android sebagai Wifi Repeater, kamu bisa berbagi koneksi wifi yang terhubung di ponsel kamu untuk orang lain. Bagaimanakah cara dan syaratnya?

Sebelumnya kita mengenal beberapa aplikasi di komputer bernama OSToto Hotspot, My Public Wifi dan lain sebagainya. Fungsi dari aplikasi-aplikasi ini adalah membuat hotspot dari komputer yang telah terkoneksi wifi. Jadi komputer dapat berbagi koneksi ke perangkat lain.

Hal ini dapat dilakukan untuk menghemat Voucher Wifi ID misalnya. Dengan menggunakan 1 voucher, kemudian digunakan pada 1 komputer. Orang lain dapat ikut menikmati koneksi internet tanpa harus membeli voucher lagi.

Cukup menjadikan komputer menjadi hotspot. Hal ini mungkin sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh komputer saja. Namun sekarang kamu bisa menjadikan android sebagai Wifi Repeater layaknya kasus diatas.

Semisal hanya android kamu yang bisa terkoneksi dengan sebuah Wifi. Dan teman-temanmu tidak bisa melakukannya karena tidak mengetahui password atau lainnya. Kamu bisa membagikan koneksi internet dari wifi dengan membuat ponsel kamu menjadi Hotspot sehingga temanmu bisa ikut nimbrung memakai koneksi Wifi tersebut secara tidak langsung. Lalu bagaimana cara menjadikan android sebagai Wifi Repeater?

Syarat Android Sebagai Wifi Repeater

Sebelum membagikan koneksi Wifi ke orang lain, kamu perlu mengetahui dahulu apakah android kamu mendukung untuk melakukan hal ini. Kamu harus cek dulu spesifikasi yang berhubungan dengan berbagi koneksi Wifi ini:

  • Buka https://gsmarena.com
  • Klik pada pencarian/tombol lup merah
  • Ketikan nama android kamu lalu pilih yang sesuai
  • Geser ke bawah temukan spesifikasi COMMS, lihat pada WLAN
  • Lihat apakah ada tanda Wifi AC dan Dual Band
    berbagi koneksi wifi dengan hotspot

Kedua spesifikasi tersebut wajib untuk dipenuhi ada pada smartphone sehingga dapat dijadikan sebagai Wifi Repeater. Mengapa spesifikasi ini penting?

Selain sebagai tanda bahwa ponsel mendukung koneksi Wifi arsitektur 5 GHz, spesifikasi ini juga menunjukkan bahwa android dapat menghidupkan Wifi dan Hotspot secara bersama-sama.

Artinya, android dapat menerima sinyal Wifi dan menghidupkan Hotspot untuk berbagi koneksi internet pada Wifi tersebut. Ponsel memiliki 2 komponen untuk melakukan tugas ini. Satu sebagai penerima sinyal Wifi dan lainnya sebagai pemancar melalui Hotspot.

Menjadikan Android Sebagai Wifi Repeater

Hidupkan Wifi Dan Hotspot Secara Simultan (Bersama)

Setelah mengetahui syaratnya, untuk menjadikan android sebagai pemancar Wifi ulang tidaklah sulit. Kamu hanya tinggal terkoneksi pada sebuah Wifi melalui smartphone kamu. Jika sudah terhubung, hidupkan Hotspot.

Aturlah Hotspot pada android kamu dengan nama baru yang tidak sama dengan nama Wifi yang kamu hubungkan di android. Sehingga tidak terjadi kesamaan nama.

hidupkan wifi dan hotspot bersama sama

Kamu bisa mengganti nama Hotspot pada pengaturan Wifi masing-masing ponsel Android. Biasanya terdapat di Pengaturan/Setelan kemudian pengaturan Tethering/Hotspot. Dengan begitu kamu bisa mudah berbagi koneksi Wifi ke teman kamu melalui Android. Ini bisa kamu gunakan saat berada di Wifi ID, dengan hanya membutuhkan 1 Voucher saja bisa digunakan untuk bersama-sama.

Fitur ini juga bisa memperluas jaringan Wifi. Misalnya ada 1 Wifi tidak sampai ke pojokkan rumah/suatu tempat. Android yang kemudian menerima sinyal Wifi dan menjadikannya Hotspot kembali di tengah-tengah rumah sehingga pojokan/tempat tidak terjangkau Wifi dapat diatasi, inilah fungsi sebagai Wifi Repeater yang sebenarnya.

Gunakan Penambatan Buetooth/USB

Jika ponsel kamu tidak bisa menjalankan mekanisme android sebagai Wifi Repeater, atau berbagi koneksi Wifi dengan Hotspot. Kamu juga bisa melakukan hal ini melalui Bluetooth. Karena pengaturan gigi biru ini sudah mendukung untuk berbagi koneksi Wifi pada ponsel android atau disebut penambatan Bluetooth. Tentunya, versi bluetooth 4.0 keatas yang bisa melakukannya.

Wifi Repeater juga bisa dijalankan melalui mekanisme menggunakan kabel USB. Android mendapatkan Wifi kemudian berbagi lewat kabel USB yang dihubungkan ke komputer.

Info Dan Penutup

Meskipun secara spesifikasi sudah sesuai, yaitu support Dual Band dan Wifi AC. Belum tentu sebuah ponsel android sebagai Wifi Repeater dapat dilakukan. Biasanya ini karena masalah Software dan Hardware pada tiap-tiap merk.

Seperti contoh pada Redmi 9 yang secara spesifikasi sudah sesuai, ponsel tersebut dapat berbagi koneksi Wifi secara langsung dengan Hotspot. Karena software milik Xiaomi mendukung untuk melakukan hal ini. Ada ponsel lain, yang tidak dapat berbagi koneksi Wifi dengan Hotspot. Karena keterbatasan software dari pabrikan.

Tinggalkan Komentar!