Mengunci Aplikasi Recent Apps Xiaomi Agar Tidak Tertutup

  • 3 min read
  • Agu 22, 2021
mengunci aplikasi recent apps xiaomi

Droidinside berbagi cara mengunci aplikasi Recent Apps Xiaomi. Ketika kamu mengaktifkan penguncian aplikasi dari Recent App, maka aplikasi tersebut akan diprioritaskan penggunaan sumber dayanya. Sehingga tidak otomatis ditutup ketika kamu menjalankan aplikasi lain untuk tujuan Multitasking.

Lock App pada Recent Apps Xiaomi ini berbeda dengan metode mengunci aplikasi seperti biasanya di Samsung, Vivo, dan lain-lain. Mengunci aplikasi pada ponsel Xiaomi biasanya memberikan keamanan berupa pin atau password untuk membuka sebuah aplikasi. Namun berbeda dengan fungsi Lock App yang satu ini, memang memiliki ikon Kunci namun fungsinya menahan aplikasi agar tidak tertutup.

Biasanya ketika kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, ada satu hingga 2 aplikasi akan tertutup. Artinya ketika kita kembali ke aplikasi lain yang sebelumnya sudah terbuka, maka aplikasi akan terbuka kembali seperti awal. Istilahnya aplikasi Reload atau Refresh. Misalnya kita lagi membuka Facebook, lalu membuka aplikasi lain. Saat kembali ke Facebook, Reload akan terjadi. Maka postingan terakhir yang kamu buka menjadi hilang dan Refresh menjadi postingan yang baru.

Lalu bagaimana cara mengunci aplikasi Recent Apps Xiaomi sehingga sebuah aplikasi tidak tertutup secara otomatis?

Cara Mengunci Aplikasi Recent Apps Xiaomi

Lock App pada Recent Apps Xiaomi merupakan cara yang paling mudah mengunci aplikasi. Fitur ini hadir pada MIUI 11 ponsel Xiaomi. Secara umum untuk menguncinya adalah:

  • Buka sebuah aplikasi
  • Tekan tombol Recent Apps (tombol kotak di bagian bawah untuk navigasi) sehingga aplikasi yang terbuka akan muncul
  • Tekan dan tahan aplikasi yang ingin dikunci
  • Ketuk ikon Gembok/Kunci (di sebelah kanan aplikasi)
  • Aplikasi akan di Lock sehingga tidak mudah Reload ketika dibuka
    lock recent app Xiaomi

Namun cara tersebut umumnya hanya bisa dilakukan di ponsel Xiaomi dengan antarmuka MIUI 11 dan versi software 64 bit. Versi software ini umumnya dipasang pada ponsel Xiaomi dengan versi RAM 3 keatas. Ponsel Xiaomi dengan nama A (misal Redmi 9A dan 9C) menggunakan versi software 32 bit, sehingga gak bisa langsung pencet dari Recent Apps.

Mengunci Aplikasi Xiaomi Yang Tidak Bisa Melalui Recent Apps

Begitupula ponsel Xiaomi dengan antarmuka lebih awal dibanding MIUI 11 . Tidak bisa mengunci aplikasi Recent Apps Xiaomi. Karena ketika tekan dan tahan aplikasi dari Recent App malah membuka setelan aplikasi. Didalamnya berisi setelan untuk menghapus cache, data aplikasi hingga untuk mematikan notifikasi.

Bukannya membuka setelan untuk Lock Apps, malah membuka setelan aplikasi. Memang keterbatasan versi MIUI yang lawas adala tidak bisa melalui tombol.

Hal tersebut juga terjadi pada ponsel Xiaomi seri ke 7,8,9 yang update ke MIUI 12 terkhusus RAM 3 dan 4 GB. Misalnya, Redmi 9 misalnya dengan RAM 3 GB, setelah update jadi gak bisa menggunakan fungsi Lock App melalui Recent Apps. Mungkin untuk tujuan agar tidak memberatkan sistem, karena tampilan Recent Apps jadi satu dengan Jendela Mengambang, Pengaturan Aplikasi, dan juga Lock Apps atau penguncian aplikasi.

Untuk ponsel Xiaomi yang tidak bisa mengunci aplikasi agar tidak tertutup tersebut masih bisa kok. Akan tetapi melalui aplikasi Keamanan. Langkahnya:

  • Buka aplikasi Keamanan
  • Klik Meningkatkan Kecepatan
  • Tekan tombol Gear pojok kanan atas
  • Pilih Kunci Aplikasi
  • Klik pada aplikasi yang ingin dikunci saat digunakan sehingga tidak Reload
    cara kunci aplikasi Recent App Xiaomi

Cara mengunci aplikasi Recent Apps Xiaomi tersebut bisa kamu terapkan pada hampir semua ponsel dengan sistem operasi Android 5 (Lollipop) atau yang lebih baru. Bahkan bisa dilakukan pada ponsel Xiaomi dengan MIUI 12 yang bisa kunci aplikasi lewat tombol Recent Apps sekalipun.

Menggunakan Aplikasi Activity Launcher

  • Instal aplikasi Activity Launcher dari Play Store, setelah selesai buka aplikasi tersebut
  • Tunggu proses loading, ketuk tombol Lup (pencarian)
  • Ketikkan App Lock
  • Dibawah Keamanan/Security pilih App Lock
  • Dengan rincian com.miui.applicationlock.FirstUseAppLockActivity

Cara mengunci aplikasi Recent Apps Xiaomi tersebut dibantu dengan aplikasi pihak ketiga. Meskipun mungkin kurang cepat karena harus instal aplikasi tertentu.

Penutup

Itulah beberapa cara mengunci aplikasi Recent Apps Xiaomi agar aplikasi tidak ditutup meskipun sedang melakukan multitasking atau membuka aplikasi lain. Namun perlu kamu ingat, jika terlalu banyak aplikasi dikunci dan dijalankan secara bersamaan, penggunaan ponsel akan menjadi lebih berat. Karena sumber daya dimaksimalkan untuk menjaga aplikasi tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *