Tips Menghilangkan Aktifkan OTG Hp Infinix

  • Droidinside
  • Apr 01, 2022

Menancapkan kabel USB malah muncul pesan OTG, bagaimana cara menghilangkan aktifkan OTG hp Infinix? Pesan notifikasi yang muncul sebagai Pop Up ini sebenarnya mengganggu. Seharusnya ponsel ini tidak mendeteksi kabel USB yang dicolok ke kepala charger menjadi OTG. Pesan yang muncul yaitu “Terhubung Dengan Kabel OTG, Masuk Ke Pengaturan dan Aktifkan OTG?” dengan 2 pilihan.

Adapun beberapa pengguna telah klik Batalkan pada opsi menu yang muncul. Tapi notifikasi tersebut terus muncul dan mengganggu aja gitu di layar. Bagaimanakah cara menghilangkan Aktifkan OTG hp Infinix atau mengatasi permasalahan tersebut? Berikut ulasan penyebab dan solusi permasalahan tersebut dari Droidinside.

Penyebab Notifikasi Aktifkan OTG Hp Infinix Muncul

Masalah ini hampir sama seperti munculnya pesan Terhubung Ke Perangkat Lain Dengan Sukses. Bedanya, sebelum muncul pesan tersebut. Pop Up Aktifkan OTG muncul lebih dulu, dengan pilihan Batalkan dan Pergi Untuk Mengatur OTG. Ketika salah satu pilihan ditekan, maka sama saja alias notifikasi masih muncul terus menerus hingga membuat jengkel pengguna. Kadang notifikasi ini menghilang sendiri untuk beberapa saat, lalu bisa semakin sering muncul.

Beberapa penyebab yang perlu kamu ketahui mengapa pesan Aktifkan OTG tersebut selalu muncul salah satunya dari kabel dan colokkan USB yang kotor. Sebagian lagi, setelah hp kecipratan air notifikasi tersebut jadi muncul setelahnya. Bisa dimungkinkan kotoran dan cairan mengganggu kabel USB yang menancap pada port. Kesalahan sistem juga menjadi penyebab, bug pada software menyebabkan ponsel salah membaca input pada jack USB.

Hingga pada kerusakan kabel dan kepala charger yang menyebabkan masalah ini terjadi. Setelah mengetahui penyebabnya, bagaimana cara untuk menghilangkan Aktifkan OTG hp Infinix tersebut? Sebagian solusi mungkin sudah bisa kamu tebak. Namun untuk lengkapnya, simak beberapa solusi dibawah ini.

Cara Menghilangkan Aktifkan OTG Hp Infinix Yang Mengganggu

Jadi kasus notifikasi Aktifkan OTG itu ada yang sedang hp nya di cas, ada juga yang gak diapa-apain tiba-tiba muncul sendiri. Langkah pertama coba Restart atau hidupkan hp Infinix terlebih dahulu. Kalau masih kambuh, beberapa langkah yang bisa kamu lakukan diantaranya:

Membersihkan Lubang USB

Menggunakan Cotton Bud bayi yang kecil, coba untuk memasukkannya perlahan kedalam lubang USB. Pastikan tidak ada sisa benang kecil yang tertinggal didalamnya. Membersihkan dari debu dan apabila ada kejadian terciprat air hal ini cukup direkomendasikan untuk dilakukan. Jangan di tiup-tiup, karena bisa membuat kotoran lebih jauh mengisi sela-sela lubang.

Mengganti Kabel USB Dan Kepala Charger

Jika tulisan Aktifkan OTG muncul ketika melakukan pengecasan, direkomendasikan mengganti kabel maupun kepala charger. Daya yang tidak stabil pada kabel menyebabkan muncul notifikasi tersebut. Sehingga untuk menghilangkan Aktifkan OTG hp Infinix dengan mengeceknya melalui kabel dan kepala charger dari ponsel lain. Jika normal, berarti sudah saatnya kamu perlu berganti piranti pengisian daya tersebut. Tapi jadinya aneh juga ya, masa pas ngecas pesan notifikasi ini terus muncul.

Mengaktifkan OTG Untuk Waktu Yang Lama

Cara selanjutnya adalah mengatur setelan OTG agar sistem membacanya terus menerus. Mengatur ponsel Infinix menerima OTG agar pesan Aktifkan diatas bisa hilang. Langkahnya sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan
  • Klik tombol pencarian (kaca pembesar)
  • Ketikkan: OTG
  • Klik menu OTG tersebut
  • Aktifkan Koneksi OTG (OTG)
  • Biarkan aktif selama beberapa jam
  • Setelah itu, kamu bisa mematikannya
  • Cek apakah menghilangkan Aktifkan OTG hp Infinix karena error sistem, teratasi atau belum
infinix otg error

Jika OTG terdeteksi oleh sistem namun kamu tidak sedang menggunakan USB, maka setelan OTG tersebut yang secara otomatis mati tidak akan terjadi. Karena sistem membaca ada USB yang tertaut dengan OTG. Padahal seharusnya 10 menit harus mati sendiri. Setelah beberapa jam menunggu, coba untuk menghidupkan hp Infinix kamu. Periksa apakah menghilangkan Aktifkan OTG hp Infinix sudah selesai atau belum.

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Beberapa pengguna harus merelakan waktu untuk Back Up atau menyimpan data penting secara online maupun melalui memori eksternal jika menggunakan cara ini. Tapi banyak pengguna juga yang berhasil menghilangkan Aktifkan OTG hp Infinix yang muncul terus menerus. Artinya ini merupakan jalan terakhir yang bisa kamu lakukan sendiri. Bisa dipastikan, error sistem yang terjadi memunculkan peringatan Aktifkan OTG menjadi hilang setelah melakukan hal tersebut.

Ganti Port USB Atau Port IC Charger

Jika kondisi sudah parah dan tidak lagi bisa mematikan notifikasi OTG diatas, kerusakan bisa dipastikan terjadi pada hardware. Sering cabut colok juga menjadi penyebab masalah tersebut dimana umur ponsel yang sudah cukup lama juga menjadikan masalah tersebut muncul.

Masalah error muncul tulisan Aktifkan OTG di hp Infinix yang terus menerus ada bisa digaransikan. Jika ponsel Infinix kamu masih dalam garansi (1 tahun) dan kerusakan sampai ke hardware, pihak service center akan mengganti bagian ini. Jika sudah tidak garansi lagi, penggantian port USB atau sepaket dengan IC charger bisa dilakukan di tempat servis terpercaya di kota kamu. Biayanya sekitar 100-200 ribu tergantung domisili. Penggantian USB pakai merek biasa akan lebih murah, namun untuk khusus Infinix harganya tidak terpaut jauh dari itu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.