Tips Menghemat Baterai Oppo A5 Dan Oppo A9 | Droidinside

Tips Menghemat Baterai Oppo A5 dan Oppo A9

  • 3 min read
  • Okt 21, 2020
menghemat baterai oppo a5 dan oppo a9

Beberapa pengguna mungkin perlu tips menghemat baterai Oppo A5 dan Oppo A9 seri tahun 2020. Karena beberapa pengguna yang melakukan update ke Android 10 beberapa diantaranya merasakan baterai boros. Namun apakah hanya update ke Android 10 saja borosnya? Simak ulasannya

Tips Menghemat Baterai

Secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan baterai android cepat habis. Beberapa diantaranya seperti penggunaan Gaming, menghidupkan Hotspot, dan penggunaan dengan jaringan seluler yang sulit.

Namun, setelah sistem update ke android 10 beberapa ponsel mengalami baterai yang cukup boros jika dibandingkan sebelum update. Hal ini mungkin biasa, karena butuh penyesuaian sistem.

Seperti halnya Oppo A5 dan A9 yang sudah diupdate ke Android 10. Beberapa user mengalami baterai yang cukup boros. Biasanya cukup dengan menunggu beberapa hari setelah update, maka baterai akan kembali seperti semula.

Selain itu perlu kamu ketahui, salah satu penyebab baterai boros adalah adanya fitur Dolby Atmos pada Oppo A5 dan Oppo A9. Lalu bagaimanakah mengatasi hal ini?

Cara Menghemat Baterai Oppo A5 dan Oppo A9

cara menghemat baterai oppo a5

Penyebab boros baterai salah satunya adalah Dolby Atmos. Merupakan sebuah fitur yang disematkan di berbagai produk android untuk tujuan pemutaran suara yang lebih baik. Ponsel yang disematkan fitur ini biasanya merupakan kelas menengah keatas.

Pada ponsel Oppo A5 dan Oppo A9 penggunaan Dolby Atmos dimungkinkan dapat memperpendek waktu penggunaan baterai. Karena fitur ini akan selalu aktif, sehingga menguras daya.

Berikut ini ada tips secara umum untuk menghemat baterai Oppo A5 dan Oppo A9 terkait masalah dengan Dolby Atmos:

Mengurangi Volume Ponsel Jika Tidak Digunakan

Biasanya, pengguna akan menyetel volume dengan keras/penuh. Hal ini malah berefek baterai boros pada ponsel. Padahal penggunaan pengeras suara sedang tidak dilakukan dan hanya standby, ini bisa membuat daya cepat habis.

Karena Dolby Atmos ditambah Double Stereo Speaker milik ponsel ini merupakan salah satu piranti untuk kualitas pemutaran suara yang bagus. Apabila selalu standby volume penuh akan menguras daya baterai padahal tidak sedang digunakan. Untuk itu, tips menghemat baterai Oppo A5 dan Oppo A9 adalah gunakan volume 1/4 hingga 1/2 dari volume penuh.

Matikan Dolby Atmos

Cara mematikannya adalah melalui Quick Access/akses cepat yang bisa dibuka dengan mengusap layar dari atas ke bawah. Dengan menggeser ke kanan dan memilih menu Dolby Atmos lalu mengkliknya untuk menonaktifkannya dengan mudah.

Gunakan/aktifkan Dolby Atmos hanya ketika kamu menggunakan Earphone/Headset. Ini akan menghemat baterai Oppo A5 dan Oppo A9. Karena Dolby Atmos akan bekerja bersamaan dengan Double Stereo Speaker mungkin tidak terlalu terdengar dengan jelas kualitas suaranya dibanding android lain. Tetapi, akan sangat berbeda jika kamu mendengarkan melalui Headset.

Matikan GPS Dan Data Seluler

Seringkali, GPS dibiarkan hidup begitu saja meskipun sudah digunakan. Meskipun kamu harus manual mematikannya, jangan lelah untuk melakukan ini. GPS turut andil dalam menguras daya baterai.

Mematikannya bisa melalui Quick Access juga. Aktifkan jika kamu sedang menggunakannya untuk bekerja seperti Absen, melakukan survey dan melakukan perjalanan saja.

Sebenarnya, data seluler selalu penting digunakan. Ini hanya opsional saja. Kalau admin seringnya mematikan data seluler jika tidak ingin diganggu. Atau sedang melakukan rapat. Dengan konsekuensi semua kepentingan komunikasi lain dapat ditunda.

Aktifkan Penghemat Baterai

Untuk menghemat baterai Oppo A5 dan Oppo A9 bisa menggunakan fitur bawaan dari ponsel. Melalui Quick Access kamu bisa mengaktifkan mode ini sehingga secara otomatis baterai akan dihemat oleh sistem.

Namun perlu diketahui, beberapa ponsel Oppo yang admin kenal apabila dihidupkan mode hemat baterainya. Akan mematikan data seluler secara otomatis saat ponsel posisi sleep/tidur. Barulah ketika dihidupkan/awake data seluler akan muncul.

Ini mungkin kurang bagus bagi kamu yang menunggu notifikasi pesan menggunakan data seluler. Karena kamu sudah mengerti dari penjelasan tersebut. Kamu bisa mengaktifkan mode hemat baterai kapan saat dibutuhkan.

Mengurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang tinggi tidak baik untuk kesehatan layar ponsel. Seperti kasus Realme 6 yang mengalami layar berbayang dikarenakan penggunaan kontras yang terlalu tinggi. Untuk itu gunakan kecerahan kurang dari separuh untuk penggunaan yang lama agar dapat menghemat baterai Oppo A5 dan Oppo A9.

Tinggalkan Komentar!