Tips Menggunakan Mode Jangan Ganggu Android

  • 3 min read
  • Des 23, 2020
mode jangan ganggu android

Salah satu fitur android yang cukup penting adalah mode jangan ganggu. Fitur ini dapat membantu kamu menghindari peringatan-peringatan dari ponsel android. Ponsel akan menjadi lebih senyap dan kamu bisa beraktifitas lebih fokus.

Karena seringkali kita mendapat banyak notifikasi dari Email maupun SMS yang menurut kita kurang begitu penting. Meskipun penting dan dapat di pending untuk waktu kedepan. Seringnya notifikasi pada android dapat mengganggu pengguna. Untuk itu diperlukan fitur ini untuk kamu agar bisa lebih fokus pada kegiatan yang tidak membutuhkan ponsel. Lalu bagaimanakah cara mengaktifkan fungsi ini dan apa sajakah informasi terkait mode ini ? Berikut ulasannya

Mode Jangan Ganggu Di Android

Mode ini adalah sebuah kondisi dimana android kamu akan meminimalisir segala aktivitas yang dapat mengganggu pengguna. Seperti pesan notifikasi, suara, dan gangguan visual. Hal ini akan membuat ponsel tidak memberikan notifikasi apapun bahkan jika ada Alarm atau telepon masuk. Kamu dapat menyesuaikan aplikasi apa saja yang akan diblokir saat mode ini diaktifkan. Fitur ini tersedia secara lengkap di android 9 (pie) – 10 lebih mutakhir daripada versi android di bawahnya.

Mode jangan ganggu sebenarnya dapat dikategorikan sebagai mudah sebagai “mode hening atau Silent”. Jika ada notifikasi, kamu bisa memilih untuk menampilkannya atau tidak. Lebih dari itu, tidak akan ada suara yang keluar maupun layar yang berkedip hidup akibat notifikasi.

Selain untuk kegiatan dunia nyata yang lebih fokus. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini saat beristirahat. Kamu tidak perlu bangun untuk mengecek pesan apa yang muncul. Hal ini berhubungan dengan privasi dan kenyamanan saat kamu melakukan aktivitas pribadi.

Tetapi mode ini juga dapat membuat kamu lebih fokus akan beberapa hal. Seperti adanya rapat, ujian, maupun tugas. Notifikasi yang lebih penting dapat muncul dengan membuat notifikasi lain yang tidak memiliki prioritas.

Menggunakan Mode Jangan Ganggu Di Android (Do Not Disturb)

Umumnya ponsel dengan versi android 6 (Marshmallow) keatas memilikinya. Kamu tinggal buka panel Quick Access atau akses cepat yang biasanya terbuka dari mengusap layar dari atas ke bawah (sebagian dari bawah layar keatas). Tekan ikon seperti tanda stop dengan garis miring.

Setelan ini dapat tersembunyi, sehingga diperlukan untuk mengedit tata letak ikon jangan ganggu agar muncul dan dapat dinonaktifkan maupun diaktifkan.

Kamu juga dapat mengakses fitur ini dari Setelan/Pengaturan ponsel kemudian pada menu Notifikasi. Dapat juga ada di Suara & Getaran. Pilih pada menu Jangan Ganggu / Do Not Disturb. Paling mudah melakukan pencarian pada setelan ponsel dengan kata kunci jangan ganggu.

Fitur Pada Mode Do Not Disturb Di Android

Pada setelan yang berhubungan dengan Jangan Ganggu tersebut kamu bisa memilih aplikasi penting apa saja yang diizinkan untuk tampil saat mode ini diaktifkan. Aplikasi-aplikasi yang diperbolehkan akan dapat memunculkan notifikasi dan suara. Namun fitur yang lebih lengkap ini hanya tersedia pada android Pie keatas. Biasanya untuk memilih aplikasi-aplikasi ini, melalui menu Akses Jangan Ganggu (berbeda nama untuk jenis ponsel lain).

Jika ponsel kamu menggunakan versi android dibawahnya, mode jangan ganggu akan menjadi satu dengan mode hening biasa. Kamu tidak dapat mengubah setelan aplikasi yang diprioritaskan untuk muncul. Ponsel akan mematikan notifikasi, suara, dan getaran kecuali untuk Alarm saja. Hanya suara ini yang muncul saat mode ini diaktifkan.

Namun dari kedua jenis versi android diatas dapat melakukan setelan panggilan masuk yang diizinkan (dari kontak berbintang, grup, siapa saja, maupun tidak ada izin untuk panggilan masuk). Notifikasi mengambang saat ponsel mode sleep dapat dibatasi.

Dan terakhir kamu dapat menjadwalkan kapan waktu mode ini diaktifkan atau dimatikan. Bisa kamu gunakan untuk beristirahat dengan tenang.

Penutup

Setelah mengetahui fitur dari mode jangan ganggu, apa sih perbedaannya dengan mode hening/senyap biasa di android ?

mode do not disturb aplikasi diizinkan

Perbedaannya, mode silent biasa akan tetap memunculkan notifikasi dan getaran bahkan jika ada panggilan. Layar akan dihidupkan jika ada keduanya. Berbeda dengan mode jangan ganggu yang bahkan tidak mengijinkan layar hidup maupun getaran ada. Sehingga sama sekali ponsel tidak akan mengganggu baik suara maupun getaran dan layar.

Mode ini juga bisa dimanfaatkan untuk bermain game. Pada saat bermain game, tidak aka ada notifikasi yang menggangu kamu. Fitur ini juga terdapat pada Game Booster.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *