Mengatasi Wifi Mendapatkan Alamat IP Terus Di Android

  • 3 min read
  • Mar 23, 2021
mengatasi wifi mendapatkan alamat ip

Bagaimana mengatasi Wifi mendapatkan alamat IP di Android ? Tulisan ini nggak selesai-selesai, artinya Wifi tidak segera terkoneksi. Biasanya kalau kita menghubungkan ke sebuah Wifi, terus memasukkan kata sandinya lalu dalam waktu singkat akan terhubung.

Kok bisa seperti itu ya ? Penjelasannya bakalan ada bersamaan dengan solusi yang Droidinside kasih tahu.

Cara Mengatasi Wifi Mendapatkan Alamat IP Di Android

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar Wifi bisa terkoneksi kembali. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Melupakan Jaringan Lalu Masukkan Kata Sandi Lagi

Android memang sebenarnya ponsel pintar, tapi tidak sepintar itu. Ketika terkoneksi ke Wifi, dalam beberapa kasus sistem akan mencoba masuk dengan kata sandi yang sama terus menerus. Padahal Wifi sudah diganti kata sandinya.

Cukup buka pengaturan Wifi ponsel kamu, lalu lupakan jaringan tersebut. Koneksikan lagi lalu masukkan kata sandi yang benar.

2. Dekatkan Ponsel Dengan Sumber Wifi (Router)

Jika terlalu jauh, butuh waktu untuk ponsel terkoneksi dengan pusat Wifi. Salah satu tandanya adalah Wifi tidak segera terkoneksi dan hanya mendapatkan alamat IP yang tidak selesai-selesai.

3. Ubah Nama Perangkat (Pada Kasus Wifi Direct/Wifi Langsung)

Ada ponsel yang mengalami bug nama dalam Wifi Direct. Kamu perlu ubah nama ponsel kamu jadi lebih simpel dan jangan terlalu panjang. Ini mempermudah ponsel terkoneksi pada Wifi Langsung.

4. Ubah IP Menjadi Static

Biasanya ponsel secara otomatis akan menentukan alamat IP. Terkadang beberapa ponsel mengalami kesalahan sehingga alamat IP tidak terselesaikan. Mengatasi Wifi mendapatkan alamat IP dapat diselesaikan dengan mengubah setelan.

  • Buka Pengaturan Wifi
  • Klik untuk membuka rincian Wifi yang terkoneksi (bisa tekan dan tahan)
  • Ketuk pada setelan IP (pengaturan IP)
  • Ubah DHCP menjadi Static
  • Secara otomatis Alamat IP, Gateway, DNS dan beberapa pengaturannya akan muncul
  • Tekan Ok atau centang di bagian atas untuk menyimpan perubahan
    cara mengatasi memperoleh alamat ip android

5. Reset Pengaturan Jaringan

Mengatasi Wifi mendapatkan alamat IP terus-menerus melalui jalan menyetel ulang pengaturan jaringan. Atau bisa juga dengan mereset pengaturan Wifi pada ponsel. Di ponsel Xiaomi, opsi ini ada untuk mengatur ulang jaringan.

Tujuannya adalah menghapus semua Wifi yang tersimpan pada ponsel. Selain itu mengembalikan setelan ke pengaturan awal. Hal ini juga bisa dilakukan dengan menghapus data dan cache setelan aplikasi Wifi pada ponsel android.

6. Setel Ulang Ke Pengaturan Pabrik

Jika tidak ditemukan setelan untuk mereset pengaturan Wifi, bisa dengan reset ke pengaturan pabrik. Jika ada pilihan hanya menghapus setelan, pilihlah ini. Karena tidak akan menghapus data di penyimpanan internal.

Penutup

Jika hp kamu masuk dalam perangkat yang diblokir router/sumber Wifi maka hal diatas tidak dapat mengatasi Wifi mendapatkan alamat IP yang muncul terus menerus. Beberapa kasus dengan reset ke pengaturan pabrik mungkin bisa. Akan tetapi apabila yang diblokir adalah alamat MAC maka hampir mustahil untuk mengembalikannya.

Masalah Wifi yang lama terkoneksi seperti penjelasan diatas dapat terjadi karena malfungsi pada ponsel pintar. Salah satunya karena jaringan tersimpan pada ponsel terlalu penuh, sehingga harus di reset terlebih dahulu.

Untuk dapat terkoneksi dengan Wifi biasanya sih cukup mudah. Bisa dengan mengaktifkan Wifi pada ponsel android, kemudian memasukkan kata sandi dan terkoneksi. Namun beberapa ada yang mengalami masalah yaitu muncul tulisan mendapatkan alamat IP dan tidak segera terkoneksi. Istilah dalam bahasa inggrisnya adalah Obtaining IP Address adalah sebuah proses dimana ponsel mencocokkan alamat IP.

Alamat IP merupakan sebuah tanda pengenal yang digunakan untuk masuk pada sebuah jaringan. Agar tidak bertabrakan, alamat IP pada tiap perangkat akan berbeda-beda. Jumlah perangkat terhubung yang terlalu banyak dapat juga membuat masalah ini.

Jika masalahnya ada pada Router, kamu bisa mereset perangkat tersebut. Untuk mengatasi Wifi mendapatkan alamat IP terus-menerus.

Dari seluruh penjelasan yang admin berikan. Masalah ini bisa terjadi baik pada ponsel kamu atau pada sumber Wifi. Keduanya perlu disesuaikan sehingga dapat terkoneksi kembali dengan baik.

Gimana ? Mengatasi Wifi mendapatkan alamat IP terus apakah mudah dilakukan? Semoga tutorial diatas membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *