Tips Mengatasi PPSSPP Force Close

  • Droidinside
  • Jul 08, 2022

Saat bermain game tiba-tiba keluar sendiri, mengatasi PPSSPP Force Close adalah solusi atas masalah tersebut. PPSSPP merupakan aplikasi yang digunakan untuk bermain game PSP, sebuah konsol yang . Aplikasi yang disebut dengan emulator ini memungkinkan kamu untuk bermain game dari file ISO. Jenis file ini sering kita temukan pada CD permainan game.

Aplikasi tersedia gratis di Play Store, kamu bisa menginstalnya. Kemudian mengunduh file ISO game untuk dimainkan di PPSSPP. Namun aplikasi ini kadang mengalami masalah yaitu menutup sendiri atau Force Close. Ada berbagai penyebab yang membuat aplikasi ini keluar sendiri. Selanjutnya, Droidinside akan berikan langkah untuk mengatasi aplikasi PPSSPP berhenti atau keluar sendiri dibawah ini.

Cara Mengatasi PPSSPP Force Close

Sebelum aplikasi emulator ini keluar sendiri, sebagian ada yang ngasih tanda dulu yaitu PPSSPP Blue Screen Android terjadi terlebih dahulu. Ada juga pas dibuka tiba-tiba udah keluar aja (tidak bisa dijalankan). Sampai ketika berhasil bermain game, layar jadi item terus aplikasi keluar sendiri. Lakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasi PPSSPP Force Close:

Hapus Cache Lalu Data Aplikasi PPSSPP

Menghapus cache akan membersihkan file sampah yang tersimpan pada aplikasi PPSSPP. Karena jika menumpuk terlalu banyak dapat memengaruhi performa aplikasi sehingga bisa keluar sendiri.

Selanjutnya bisa dicoba menghapus data aplikasi PPSSPP. Langkah ini akan mengembalikan setelan pada aplikasi PPSSPP kembali seperti semula layaknya baru diinstal. Bisa saja ada pengaturan yang kamu terapkan di dalam emulator membuat sebuah game menjadi Force Close ketika dimainkan. Bahkan ketika aplikasi baru dibuka, namun sudah keluar sendiri. Langkahnya bisa kamu lakukan dengan:

  • Buka Pengaturan ponsel android kamu
  • Pilih menu Pengaturan Aplikasi
  • Menu yang membuka pengaturan semua daftar aplikasi
  • Pilih PPSSPP
  • Klik hapus Cache dahulu, kemudian coba apakah aplikasi kembali lancar
  • Jika belum, maka klik Hapus Data aplikasi PPSSPP

Hidupkan Ulang Ponsel

Terlalu lama bermain game di PPSSPP dapat menyebabkan sistem menumpuk sejumlah file sampah. Apalagi ponsel yang gak pernah dimatikan selama berminggu-minggu. Performanya menjadi lemot. Ini juga memengaruhi aplikasi PPSSPP sehingga tidak bisa berjalan dengan lancar hingga keluar sendiri saat dimainkan. Cara mengatasi PPSSPP Force Close adalah mematikan lalu menghidupkan ponsel kamu. Ini akan memperlancar kinerja sistem, sehingga kejadian tersebut tidak mengganggu lagi.

Tidak Menggunakan Cheat

Salah satu hal yang kurang disadari oleh pemain game PPSSPP adalah penggunaan Cheat. Memang agar saat bermain itu lebih lancar dan bisa cepet, Cheat dipake. Tapi, meskipun Cheat sedang tidak digunakan pada sebuah game namun terpasang file Cheat disana. Kesalahan atau Force Close dapat terjadi.

Segera hapus Cheat berupa file .ini dan file .db yang disimpan dalam direktori file PPSSPP (Internal – PSP -Cheat). Selanjutnya, hapus data aplikasi PPSSPP agar setelan aplikasi kembali ke awal. Jika kamu punya setelan khusus aplikasi ini, disarankan untuk di backup atau dicatat terlebih dahulu. Pastikan aplikasi dan setelan bersih dari Cheat untuk mengatasi PPSSPP Force Close terus.

Mengganti ISO Game

Jenis file yang dapat dibaca PPSSPP adalah .ISO dan .CSO, keduanya berisi game yang dimainkan oleh emulator android tersebut. Terkadang file ini bermasalah sehingga tidak bisa dimainkan. Misalkan proses download tidak sempurna, mengalami Corrupt karena disimpan pada penyimpanan yang sudah rusak dan masalah lainnya. Ini jadi penyebab file .ISO macet di tengah jalan atau Force Close di bagian tertentu saat bermain game. Ini juga bisa jadi solusi cara mengatasi game PPSSPP tidak bisa dimainkan.

cara mengatasi game ppsspp tidak bisa dimainkan

Coba untuk mengunduh file ISO game yang sama dari sumber lain. Unduh dari komputer kemudian salin ke android kamu dan pastikan semuanya lancar. Jika file ISO tidak bermasalah, maka proses bermain game kamu tidak akan macet atau keluar sendiri.

Instal Versi PPSSPP Yang Berbeda

Terkadang aplikasi PPSSPP yang terbaru di Play Store tidak kompatibel dengan sebuah ISO game. Permasalahan gak cocok inilah yang menyebabkan game keluar sendiri. Cara mengatasi PPSSPP Force Close dengan menghapus aplikasi tersebut yang versi sekarang. Unduh versi yang lebih lawas dan cek apakah masih Force Close atau tidak.

Mengubah Setelan PPSSPP Yang Sesuai

Kunjungi grup PPSSPP di Facebook atau Telegram, join disana maka kamu akan dapat pencerahan. Untuk setelan PPSSPP yang seperti apa yang tidak menyebabkan Force Close. Butuh riset dan dukungan dari grup sesama pengguna untuk mengetahui settingan yang pas. Cara mengatasi PPSSPP Force Close ini mungkin agak cukup sulit. Kamu mungkin akan menemukan setelan yang berbeda untuk jenis game yang berbeda.

cara setting agar ppsp tidak keluar sendiri

Unduh file APK PPSSPP berbagai versi dari sumber APKPure, Aptoide, APKMirror dan sejenisnya. Disana kamu bisa memilih berbagai versi APK dan sesuaikan mana yang tidak mengalami Force Close di hp kamu termasuk pada sebuah ISO game.

Gunakan Ponsel Dengan Spesifikasi Lebih Tinggi

Ada kalanya, kita memaksakan performa ponsel kita untuk bermain game di PPSSPP. Apalagi maen ISO game yang berat kayak Naruto. Hp kentang pasti ngelag, macet, hingga aplikasi keluar sendiri karena gak kuat. Cara mengatasi PPSSPP Force Close yaitu dengan minimal pake hp yang spek Mid-End. Bila perlu High End.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.