Cara Mengatasi Pemutar Musik Berhenti Sendiri

  • 3 min read
  • Jul 04, 2021
mengatasi pemutar musik berhenti sendiri

Droidinside berbagi cara mengatasi pemutar musik berhenti sendiri di Android atau ponsel pintar. Biasanya ditandai dengan pesan Pemutar Musik Berhenti atau dalam bahasa Inggris, Unfortunately Music Has Stopped. Namun gak cuma itu doang sih, ada juga yang mengalami pemutar musik tiba-tiba Pause atau Stop sendiri.

Karena musik adalah sesuatu yang selalu hadir dalam hidup, maka gak lucu aja tiba-tiba saat mendengarkannya kok berhenti. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait aplikasi pemutar musik sendiri atau pada sistem.

Cara Mengatasi Pemutar Musik Berhenti Sendiri

Beberapa tips dibawah ini bisa kamu coba satu persatu untuk mengatasi masalah pemutar musik yang berhenti tanpa sebab yang jelas. Cara pertama Restart aja dulu ponselmu, kalau normal berarti androidmu lelah gitu aja. Atau beberapa cara-cara dibawah ini untuk diperhatikan.

1. Update Software

Dalam hal ini ada dua jenis Software yang perlu dilakukan pembaruan. Pertama adalah aplikasi Pemutar Musik tersematkan di ponsel untuk menyetel musik. Kedua, pada perangkat lunak atau versi software ponsel yang digunakan.

Keduanya salah satunya bisa menjadi penyebab mengapa Pemutar Musik berhenti sendiri. Seperti kasus pada ponsel Xiaomi yang cukup lawas, imbas dari Bug aplikasi. Update atau memperbarui Pemutar Musik bisa dilakukan di Play Store. Buka aplikasi tersebut, lalu cari nama aplikasi untuk di update/perbarui. Jika di play Store tidak ada, maka bisa diupdate melalui Penyedia Aplikasi bawaan merek ponsel seperti Galaxy Store (Samsung), GetApps (Xiaomi) dan aplikasi yang sejenis.

Untuk perangkat lunak, bisa melalui Pengaturan/Setelan dan temukan menu pembaruan perangkat lunak atau Update Software. Salah satu penyebab mengapa pemutar musik berhenti sendiri seperti Force Close karena adanya Bug. Ini dapat terjadi pada aplikasi maupun sistem. Pembaruan yang lebih baru pasti akan mengatasi atau memberikan Fix dari masalah yang terjadi.

2. Hapus Cache Dan Data Aplikasi Pemutar Musik

Cara selanjutnya ini adalah tidak membutuhkan upaya untuk memperbarui. Cukup paksa berhenti aplikasi Musik kemudian menghapus data dan Cache yang dimiliki. Ini akan mengatasi Pemutar Musik berhenti sendiri yang sering terjadi karena penumpukan Cache maupun data aplikasi.

Biasanya untuk menghapusnya, buka Pengaturan Aplikasi di ponsel. Pengelola Aplikasi dan sejenisnya untuk melihat semua daftar aplikasi terinstal. Pilih pada aplikasi Musik yang digunakan, lalu pada penyimpanan aplikasi tersebut hapuslah Cache dan data yang dimiliki. Setelah hal ini dilakukan, Pemutar Musik akan kembali menyetel perizinan dan memindai lagu kembali.

3. Masalah Pada File Musik Yang Perlu Dihindari

Pernahkah kamu mengalami Pemutar Musik berhenti sendiri pada satu jenis lagu saja? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh file lagu yang korup sehingga tidak dapat diputar dengan benar pada Pemutar Musik. Hal tersebut membuat aplikasi Musik berhenti karena kesalahan pembacaan file atau karena proses yang berat.

Proses berat seperti halnya menyetel lagu dengan format Flac akan membutuhkan sumber daya ponsel yang lebih tinggi. Karena sejalan dengan kualitasnya yang berbeda dari file MP3 biasanya. Pemutar Musik yang tidak mampu (diimbangi dengan spek Hp yang kentang) menghasilkan suara untuk file tertentu dengan lancar lebih baik dihindari. Gunakan file musik 320Kbps saja untuk mengatasi Pemutar Musik berhenti sendiri.

4. Mematikan Penghemat Daya Ultra/Super

Setiap ponsel memiliki fitur untuk menghemat daya atau baterai. Sistem akan menghentikan aplikasi latar belakang apabila ditengarai menguras banyak baterai. Hal ini bisa terjadi pada Pemutar Musik yang terdeteksi oleh android menghabiskan daya sehingga diberhentikan oleh sistem. Kamu perlu mematikan terlebih dahulu penghemat daya di ponsel android untuk mengatasi Pemutar Musik berhenti sendiri.

5. Memperbaiki Kerusakan Hardware

Proses pemutaran musik bisa berhenti seketika atau aplikasi Force Close yang terjadi sangat sering mengindikasikan ada kerusakan hardware. EMMC sudah lemah membuat sistem menjadi sulit memproses data yang tersimpan dalam memori internal. Biasanya dibarengi dengan aplikasi lain gampang menutup sendiri dan penggunaan ponsel menjadi sangat lemot. Penggantian EMMC wajar untuk ponsel dengan umur 3 tahun keatas.

Selain itu, mengatasi Pemutar Musik berhenti sendiri dapat dilakukan dengan mengganti IC Audio. Sebagai perangkat yang menerjemahkan gelombang digital menjadi sinyal analog suara melalui speaker. Komponen yang rusak ini akan sangat wajar jika memunculkan notifikasi aplikasi Pemutar Musik berhenti atau tiba-tiba stop sendiri.

Beberapa tips mengatasi Pemutar Musik berhenti sendiri di atas perlu diperhatikan satu persatu. Apakah itu dikarenakan oleh kerusakan software atau hardware ponsel kamu. Jika memang hanya masalah perangkat lunak, biasanya Factory Reset bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *