Tips Mengatasi Kualitas Insta Story Jelek

  • 3 min read
  • Nov 25, 2020
mengatasi kualitas insta story jelek di android

Droidinside memberikan informasi cara mengatasi kualitas Insta Story jelek. Hal ini merupakan beberapa masalah dasar yang dialami banyak ponsel android. Pasalnya, hasil upload-an Insta Story dengan ponsel Iphone hasilnya lebih mulus dan lebih jernih.

Mengapa hal ini bisa terjadi dan apa saja tips untuk mengatasi kualitas Insta Story jelek di android?

Insta Story Gambarnya Jelek

Banyak pengguna yang beberapa diantaranya mengeluhkan kualitas hasil gambar di Instagram Story mereka terlihat burik/jelek. Hal ini dirasakan oleh pengguna android jika Story mereka dilihat oleh orang lain.

Berbeda dengan pengguna ponsel yang mungkin dikatakan kastanya lebih tinggi. Pada ponsel Iphone, gambar atau video yang dijadikan Story terlihat bagus, tidak pecah jika dilihat dari semua platform.

mengapa instastory android iphone beda

Penyebab Story Instagram Kurang Jernih

Gambar hasil upload untuk Story IG dengan menggunakan android terlihat lebih jelek dari Iphone. Bahkan jika kamu menggunakan ponsel Flagship sekalipun seperti Samsung Galaxy S20 Ultra. Padahal ponsel tersebut juga dibekali dengan kamera kualitas tinggi dan sensor bertenaga serta AI yang membantu pemrosesan gambar. Tentunya sebanding dengan performa sekelas Iphone.

Yang menjadi alasan utama mengapa kualitas Insta Story pada android jelek adalah terlalu banyak model atau jenis android beredar di dunia. Jika kita menilik tahun lalu, 2019 telah dirilis setidaknya 1500 smartphone.

Ponsel-ponsel tersebut dirilis dengan banyak perbedaan seperti ukuran layar, resolusi layar, kedalaman layar, dan perbedaan spesifikasi yang disematkan. Berbeda dengan Iphone lebih sedikit jumlahnya yang hanya sekitar 29 produk sejak pertama Iphone dengan koneksi 2G. Cukup jauh dibanding pesaingnya tersebut.

Sudah pasti, developer aplikasi Instagram pusing. Karena harus melakukan optimasi pada android yang jumlahnya banyak ketimbang produk apel tergigit. Saking banyaknya, beberapa literatur admin dapatkan Instagram hanya mengambil penampakan rekaman layar saat menggunakan kamera dibanding menggunakan Hardware untuk pemrosesan foto/video. Sebagai alasan hasil Insta Story jelek pada android.

Karena jumlah produk Iphone lebih sedikit, optimisasi aplikasi akan sangat baik menghasilkan Insta Story yang jernih sesuai dengan hasil jepretan kameranya.

Kamu sebagai pengguna android jangan sedih dulu deh. Meskipun adanya ketidak adilan yang mendasari kualitas Story Instagram antar keduanya. Masih ada cara agar bisa mengatasi Kualitas Insta Story jelek.

Cara Mengatasi Kualitas Insta Story Jelek Di Android

Beberapa solusi di bawah ini bisa work pada beberapa pengguna. Namun tidak semuanya bisa, karena alasan yang telah dijabarkan diatas.

1. Ambil Video Dengan Aplikasi Open Camera

Cara pertama untuk mengatasi kualitas Insta Story jelek khusus untuk video, menggunakan aplikasi ini. Kita perlu mengubah setelan Codec yang digunakan menjadi MPEG4 HEVC:

  • Instal aplikasi ini dari Play Store
  • Buka aplikasi Open Camera
  • Klik ikon Gear (pengaturan) pojok kanan atas
  • Pilih Video Settings…
  • Pilih Video Format
  • Klik pada MPEG4 HEVC

2. Upload Video Dan Foto Kualitas Terbaik

Kualitas terbaik yang dimaksud oleh instagram adalah resolusi maksimal 1080 pixel untuk foto landscape (tidur) dengan format JPEG. Untuk foto portrait, gunakan maksimal 1350 pixel. Rasio gambar 1.91:1 dan 4:5 agar gambar tidak di downscaling oleh IG.

Secara teori seperti itu. Namun cukup sulit juga menentukan resolusi dan rasio foto diatas. Belum lagi pengaturan kamera tiap android berbeda-beda. Sehingga poin pentingnya adalah kedua hal ini untuk mengatasi kualitas Insta Story jelek.

3. Gunakan Aplikasi Instander

Aplikasi pihak ketiga ini bisa kamu unduh dari situs https://thedise.me/ sebagai sebuah proyek milik Thedise. Seperti layaknya Youtube Vanced, aplikasi Instagram modifikasi ini memiliki banyak fitur.

Fitur utamanya adalah memberikan peningkatan kualitas foto/video pada Insta Story. Selain itu, bisa digunakan untuk mengunduh foto maupun video pada IGTV dan Story. Pada kesempatan lain, admin akan membahas aplikasi ini. Inti dari aplikasi ini adalah membantu kamu mengatasi kualitas Insta Story jelek pada ponsel android.

Penutup

Setelah mengetahui penyebab kualitas Insta Story jelek di android dibandingkan Iphone. Dan mengetahui beberapa tips dari admin diatas. Kamu bisa mencobanya lalu bandingkanlah.

Jika memang tidak berhasil, banyak kemungkinan yang mempengaruhinya. Seperti bagaimana kualitas jepretan foto android kamu. Prosesor yang disematkan pada ponsel kamu dan lain sebagainya. Dimana ini mungkin kesalahan Instagram yang tidak bisa mengoptimasi aplikasinya di semua android yang jumlahnya ribuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *