Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

  • Droidinside
  • Jan 15, 2022

Droidinside berbagi cara mengatasi kode MMI tidak valid, sebuah pesan yang muncul pas kamu lagi pengen cari kuota murah lewat dial kan? Kode MMI tidak valid juga sering admin alami. Karena kondisi lagi kurang uang, terus mantengin paketan internet paling Worth It untuk dibeli lewat kode dial. Karena kelamaan, munculah pesan tersebut.

MMI (Man Machine Interface) merupakan angka yang dimasukkan pada menu telepon/Dial Up menggunakan karakter * (bintang) dan # (pagar). Misalkan saat mau cek kuota murah dari kartu Three, memanggil 1231#. Terkadang menggunakan kode dial ini mengalami masalah yaitu tidak valid. Lalu bagaimana tips dalam mengatasi kode MMI tidak valid ini?

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Peringatan kode tidak valid ini ada di semua jenis kartu SIM. Baik Telkomsel, Indosat, Three, Smartfren dan lain sebagainnya. Pasti kamu juga pernah mengalami masalah kode tidak valid ini muncul ketika beli nomor baru atau ingin mengecek pulsa, beli kuota, nambah masa aktif, atau sekedar pengen tahu umur kartu. Berikut ini beberapa tips untuk kamu biar bisa mengatasi masalah tersebut dan lancar untuk dial nomor tertentu.

kode mmi tidak valid

1. Jangan Terlalu Lama Pilih Menu

Seringkali kita mendapatkan kuota yang murah banget lewat kode dial. Lalu kita terapkan dengan melakukan panggilan dari hp. Ternyata pilihan menu cukup banyak, membuat kita harus membaca satu persatu terlebih dahulu. Memilih menu yang sesuai dengan apa yang kita inginkan kalau terlalu lama bisa memunculkan notifikasi kode MMI tidak valid. Karena ada time out atau batas waktu kita boleh mengakses kode dial.

Nah untuk itu, kalau ternyata menu di kode dial banyak terus gak semper baca keburu tidak valid. Kamu bisa screenshot layar ini bisa jadi solusi mengatasi kode MMI tidak valid karena kelamaan dipantengin. Agar semua menu bisa dibaca dalam kesempatan lain. Dalam masalah ini, ada yang peringatan tidak valid muncul setelah memasukkan menu, ada juga yang masih mantengin menu udah muncul aja peringatan ini.

2. Periksa Sinyal

Jika kondisi sinyal kurang bagus, proses berkirim data dari server ke ponsel melalui kode dial menjadi terhambat. Saat sinyal jelek, kode MMI tidak akan terkirim tepat waktu. Sehingga sistem menganggap dial dikirim lama seperti kasus diatas. Untuk itu, kamu perlu menunggu sampai waktu tertentu sampai sinyal kembali normal.

3. Matikan Koneksi Internet Dan Gunakan Mode Pesawat

Salah satu cara mengatasi kode MMI tidak valid adalah mematikan koneksi internet apalagi kalau yang lagi on itu 4G. Seringkan, pas internetan sinyalnya 4G. Terus kita nelpon orang lain, seketika sinyal jadi H atau 3G bahkan E. Dikarenakan ada kepentingan sinyal untuk mengirim kode MMI berlawanan dengan sinyal internet. Biasanya karena voLTE belum diaktifkan atau memang ada masalah pada jaringan. Selain mematikan koneksi, kamu bisa coba menghidupkan mode pesawat untuk beberapa saat sebelum mencoba dial lagi.

4. Hidupkan Ulang Ponsel

Mengatasi kode MMI tidak valid bisa dengan cara Ini. Akan menghapus cache menumpuk sementara pada aplikasi telepon setelah merestart ponsel. Seringkali kita jarang mematikan lalu menghidupkan ponsel untuk waktu yang lama. Ini juga jadi penyebab kode MMI tidak valid bisa muncul.

5. Coba Dial Menggunakan Ponsel Lain

Beberapa jenis ponsel ngambek dengan kartu SIM tertentu. Yaitu tidak mau memunculkan menu dari kode dial. Cobalah untuk memindahkan kartu SIM kamu ke ponsel lain, dan cobalah lagi menghubungi dial yang dimaksud. Jika ada kesalahan software sebuah ponsel, cara mengatasi kode MMI tidak valid ini bisa mengidentifikasi kesalahan di ponsel kamu bila ternyata lancar dipake di hp lain.

6. Pastikan Kode Dial Benar Dan Tersedia

Seringkali kita mendapatkan kode panggilan tertentu untuk mencari internet murah atau gratis. Meskipun kode dial itu sudah diterapkan pada jenis kartu yang sama, belum tentu bisa berfungsi. Dalam hal ini, provider kartu SIM punya kuasa penuh untuk memberikan kode dial agar bisa diakses oleh pengguna tertentu. Artinya keberuntungan bisa jadi faktor kode dial bisa diakses. Sebaliknya, masalah kode MMI tidak valid bisa muncul karena nomor kamu tidak mendapatkan promo kode dial tertentu dimana orang lain bisa mengaksesnya.

Jadi dalam mengatasi masalah ini adalah cek lagi informasi kode dial digunakan. Contoh kasus kode dial Telkomsel, bisa diterapkan di kartu Simpati Loop namun tidak bisa dipake di kartu AS (karena tidak tersedia). Semua ini kembali lagi pada si provider mau ngasih kode dial buat pelanggannya. Kode dial promo terkadang muncul dan bisa kamu akses, tapi pas diaktifkan malah muncul kode MMI tidak valid. Jadi cek lagi dial yang kamu gunakan ya.

Penutup

Beberapa penyebab dari masalah kode MMI tersebut diatas telah kamu ketahui. Itulah beberapa solusi mengatasi Kode MMI tidak valid dari admin. Pastikan sinyal bagus dan kode tersebut tersedia ya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.