Mengatasi Hp Android Yang Masuk Ke Tulisan Cina

  • 3 min read
  • Feb 18, 2021
Mengatasi Hp Android Yang Masuk Ke Tulisan Cina

Cara mengatasi Hp android yang masuk ke tulisan cina sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Akan tetapi pengguna yang kurang paham dengan maksud tulisan cina tersebut biasanya panik. Kamu yang muda dan agak ngerti teknologi android, biasanya ditanyain sama orang tua masalah ini.

Biasanya mereka akan meminta bantuan kamu yang lebih muda. Salah satu masalah yang dikeluhkan adalah tiba-tiba ponsel android menjadi tulisan cina. Ada beberapa hal yang mendasari mengapa ponsel tulisannya jadi cina.

Seperti sebuah keisengan yang tiada habisnya, saat admin masih kecil dulu meskipun tidak tahu apa-apa masalah Hp. Waktu itu masih jaman Nokia 3315, karena iseng, ponsel milik orang lain diubah bahasanya ke bahasa cina. Hal ini bisa jadi masalah kecil karena mengembalikan setelan bahasa di beberapa ponsel akan cukup sulit.

Alasan yang kedua ini lebih logis, yaitu secara tidak sengaja tombol power dan volume tertekan. Ini sangat sering terjadi pada pengguna ponsel kawula tua. Sehinga dibutuhkan metode mengatasi Hp android yang masuk ke tulisan cina. Biasanya karena baterai habis atau saat ingin melakukan charging. Kedua tombol tersebut tertekan dan tertahan. Sehingga ponsel masuk ke Recovery Mode, sebuah menu untuk mereset atau membersihkan data Hp saat ponsel mati.

Karena begitu banyak ponsel besutan negara Tiongkok, otomatis penggunaan bahasa wilayahnya tersematkan. Ketika masuk Recovery, tombol power tertekan dan memilih bahasa cina. Otomatis tampilan akan menjadi tulisan cina semua dan bahkan gak ada gambarnya sama sekali sehingga membuat bingung.

Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengatasi hp android yang masuk ke tulisan cina. Tips beragam ini akan admin sajikan.

Mengatasi Hp Android Yang Masuk Ke Tulisan Cina

Jika memang benar ponsel tiba-tiba menjadi bertulisan cina, kamu tidak perlu khawatir. Karena dapat diselesaikan dengan sedikit usaha.

1. Menggunakan Aplikasi Translate Dari Ponsel Lain

Tentunya menggunakan ponsel lain untuk membantu membaca segala tulisan cina yang ada. Gunakan aplikasi Translate yang bisa diunduh di Play Store. Gunakan fitur terjemahan menggunakan kamera. Jepret layar dan temukan berbagai arti pada tulisan cina tersebut.

Kamu harus bisa menentukan, apakah ponsel masuk ke Menu Recovery Mode atau bukan dengan menemukan berbagai tulisan. Biasanya dalam bahasa inggris seperti Wipe Cache, Wipe Data, Apply From SD Card, dan Reboot. Pilih kata Reboot atau untuk memilih Power Off, untuk mengembalikan ponsel ke layar utama atau mematikannya terlebih dahulu untuk dihidupkan kembali.. Menggunakan tombol power keatas atau kebawah maupun menggunakan ketukan di layar jika memang bisa dilakukan.

Kalaupun ada pilihan untuk mengganti bahasa ke English/Inggris pilih dahulu menu tersebut. Sehingga akan lebih mudah dibaca, karena bukan aksara cina. Cara ini mengharuskan kamu menggunakan ponsel lain untuk menerjemahkan tulisan cina yang ada.

atasi android jadi tulisan cina

Untuk mengatasi Hp android yang masuk ke tulisan cina karena diubah bahasanya, kamu juga bisa menggunakan metode ini. Bisa juga dengan melakukan tangkapan layar lalu diterjemahkan menggunakan aplikasi Terjemahan Google. Cara mengatasi Hp android yang masuk ke tulisan cina yang satu ini paling mudah, hanya butuh bantuan sedikit.

2. Memahami Tulisan Cina Yang Berhubungan Dengan Android

Cara mengatasi Hp android yang masuk ke tulisan cina adalah melakukan hapalan. Karena tidak jauh dari Recovery Mode dan atau menu yang berhubungan dengan reparasi ponsel, biasanya Hp yang tiba-tiba masuk ke tulisan cina bisa diprediksi beberapa tulisannya. Berikut arti-arti yang sesuai:

arti tulisan menu recovery bahasa cina android

Pilih Reboot Phone atau tulisan yang memiliki makna untuk mematikan ponsel. Tulisan ini tidak jauh dari berbagai ponsel dari china seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Infinix dan lain sebagainnya.

3. Mematikan Dengan Mencopot Baterai

Beberapa ponsel cina yang bahkan keluaran baru dapat dibuka penutup/cover dibagian belakang (seperti Wiko Tommy 3). Jika memang ponsel berada pada Recovery Mode, kamu bisa mematikan paksa saja terlebih dahulu. Dengan membuka penutup belakang lalu mencopot baterai ponsel.

Dengan ini ponsel kamu akan mati dan bisa dipasang kembali baterainya. Hidupkan ulang untuk mengembalikan ponsel ke layar utama. Cara ini mungkin tidak dapat kamu terapkan pada ponsel yang memang diganti bahasanya ke cina. Karena pengaturan bahasa tersimpan dalam sistem.

Untuk ponsel yang berubah ke bahasa cina karena pengaturan didalamnya, kamu bisa juga menggunakan metode Wipe Data pada Recovery Mode melalui tekan dan tahan tombol vol down dan power (beberapa ponsel dengan tombol volume up). Hal ini akan mengembalikan ponsel menjadi bersih dan akan kembali mengatur bahasa, jam dan lain sebagainya. Namun proses ini dapat menghapus semua data yang ada di penyimpanan internal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *