10 Cara Ampuh Mengatasi Baterai Boros di MIUI 12

  • Android
  • May 10, 2023
10 Cara Ampuh Mengatasi Baterai Boros di MIUI 12

MIUI 12 adalah salah satu antarmuka pengguna terbaik untuk perangkat Android Xiaomi. Namun, pengguna MIUI 12 seringkali mengalami masalah dengan daya tahan baterai yang buruk. Banyak pengguna melaporkan bahwa baterai perangkat mereka cepat habis meskipun sudah mengisi daya penuh. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir, kami akan memberikan 10 cara ampuh untuk mengatasi baterai boros di MIUI 12.

Matikan fitur yang tidak diperlukan

MIUI 12 menyertakan berbagai fitur yang dapat memakan daya baterai secara signifikan. Jika Anda tidak membutuhkan fitur tersebut, matikan saja. Beberapa fitur yang dapat dimatikan untuk menghemat daya baterai di MIUI 12 antara lain:

  • Bluetooth
  • Wi-Fi
  • NFC
  • Lokasi
  • Koneksi data seluler

Ganti Launcher (optional)

Mengganti launcher yang lebih ringan juga menjadi salah satu cara bagus untuk menghemat baterai di ponsel android kamu. Tidak hanya di MIUI 12 metode ini bisa kamu terapkan di android versi apa saja. Beberapa saat ini mimin mencoba Poco Launcher yang sebelumnya menggunakan Nova launcher. Dan hasilnya lumayan bisa menghemat baterai.

Periksa Pengaturan baterai MIUI 12

MIUI 12 memiliki pengaturan baterai yang sangat berguna. Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang memakan daya baterai paling banyak dan mengurangi penggunaannya. Selain itu, MIUI 12 juga memiliki opsi untuk mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang saat layar perangkat terkunci. Hal ini dapat membantu menghemat daya baterai secara signifikan.

Semua fitur Optimasi baterai MIUI 12 ada di:

  • Buka Setelan
  • Pilih Baterai & performa

Disana sudah di sedikan 5 fitur (baterai dan performa) yang bisa memaksimalkan Peningkatan daya tahan baterai MIUI 12, fitur apa sajakah itu mimin jelaskan dibawah ini:

Periksa pengaturan baterai

Penghemat Baterai (Penghematan baterai MIUI 12)

Metode ini bisa kamu gunakan jika untuk kebutuhan sosmed dan hal-hal yang ringan. kamu bisa menghemat lebih irit daripada mode normal di ponsel kamu. Cara mengaktifkannya:

Penghemat Baterai
  • Buka Setelan
  • Pilih Baterai & performa
  • Pilih Penghemat baterai

*icon dan warna baterai akan berubah menjadi Kuning yang sebelumnya berwarna Hijau

Penghemat Baterai Ultra

Penghemat baterai ultra ini sangat cocok jika kamu sedang melakukan perjalanan jauh, fitur ini akan menonaktifkan banyak fitur dan aplikasi yang berjalan di belakang layar untuk meminimalkan penggunaan baterai secara masiv, caranya:

Penghemat Baterai Ultra
  • Buka Setelan
  • Pilih Baterai & performa
  • Pilih Penghemat baterai ultra
  • Pilih Oke
  • Tunggu Proses sampai selesai

*wallpaper dan tampilan akan di optimasi seirit-iritnya. Mulai dari wallpaper berubah jadi hitam dan icon berubah dan aplikasi hanya beberapa saja yang aktif. Kalau kamu butuh aplikasi yang lain, kamu bisa mengaktifkannya dengan menambahkannya sendiri. Contoh jika perjalanan jauh biasanya mimin hanya mengaktifkan Maps (google maps) dan aplikasi WhatsApp saja.

Statistik konsumsi baterai

Di fitur ini kamu akan melihat aplikasi mana saja yang sering kamu gunakan, dan aplikasi mana saja yang menguras baterai kamu. kamu juga bisa menonaktifkan aplikasi yang menurut kamu jarang dipakai atau tidak dipakai sama sekali untuk menghemat baterai. Untuk contoh panduannya:

Statistik konsumsi baterai
  • Buka Setelan
  • Pilih Baterai & performa
  • Pilih Statistik konsumsi baterai
  • Pilih aplikasi
  • Lalu pilih paksa henti

Penghemat baterai apl

Penghemat baterai apl

Di fitur ini kamu juga bisa mematikan aktifitas aplikasi yang berjalan di belakang layar. Kamu bisa memilih mana saja aplikasi yang harus kamu matikan, terutama aplikasi yang jarang kamu pakai atau aplikasi yang tidak kamu pakai sama sekali. Untuk contoh panduannya:

  • Buka Setelan
  • Pilih Baterai & performa
  • Pilih Penghemat baterai apl
  • Pilih salah satu aplikasi (contoh cymera)
  • Lalu pilih “Batasi aktivitas latar belakang” (paling bawah)

Jadwal baterai hidup/mati

Fitur ini kamu bisa men-jadwalkan ponsel kamu kapan untuk mati (off) kapan untuk hidup (on). Contoh mimin setting auto OFF di jam 00.00 WIB dan auto ON di jam 07.00 WIB

Kurangi kecerahan layar

Layar adalah salah satu komponen yang memakan daya baterai paling banyak di perangkat Android. Oleh karena itu, mengurangi kecerahan layar dapat membantu menghemat daya baterai. Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar di MIUI 12 dengan pergi ke Pengaturan > Tampilan > Kecerahan layar.

Nonaktifkan efek animasi

Efek animasi adalah fitur yang membuat antarmuka pengguna terlihat lebih menarik. Namun, efek animasi dapat memakan daya baterai secara signifikan. Jika Anda ingin menghemat daya baterai di MIUI 12, nonaktifkan saja efek animasi. Anda dapat melakukannya dengan pergi ke Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Opsi Pengembang > Animasi.

Hindari penggunaan aplikasi pihak ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat memakan daya baterai secara signifikan. Jika Anda ingin menghemat daya baterai di MIUI 12, hindari penggunaan aplikasi pihak ketiga dan gunakan saja aplikasi bawaan perangkat.

Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya hapus saja. Semakin banyak aplikasi yang terpasang di perangkat, semakin banyak juga penggunaan daya baterai. Untuk menghapus aplikasi di MIUI 12, cukup tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus dan pilih opsi “Hapus” atau “Uninstall”.

Jangan biarkan perangkat overheat

Overheat adalah kondisi di mana perangkat terlalu panas dan dapat memakan daya baterai secara signifikan. Jika perangkat Anda sering mengalami kondisi overheat, maka baterai perangkat akan cepat habis. Untuk menghindari kondisi overheat, hindari penggunaan perangkat dalam waktu yang lama atau saat sedang melakukan tugas yang berat seperti gaming atau mengedit video.

Perbarui perangkat ke versi terbaru

Perangkat lunak yang tidak terbaru dapat mempengaruhi daya tahan baterai di MIUI 12. Jika Anda mengalami masalah dengan daya tahan baterai, pastikan perangkat Anda telah diperbarui ke versi terbaru dari MIUI 12.

Ganti baterai perangkat

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun daya tahan baterai masih buruk, mungkin saatnya untuk mengganti baterai perangkat. Baterai yang sudah tua dan rusak dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Pastikan Anda mengganti baterai dengan baterai yang sesuai dengan perangkat Anda dan memenuhi standar kualitas yang baik.

FAQ:

Apakah penggunaan mode hemat daya dapat mempengaruhi kinerja perangkat?

Ya, mode hemat daya dapat membatasi penggunaan beberapa fitur dan menurunkan kecerahan layar untuk menghemat daya baterai. Namun, hal ini dapat mempengaruhi kinerja perangkat dan membuatnya terasa lebih lambat.

Apakah efek animasi sangat mempengaruhi daya tahan baterai?

Ya, efek animasi dapat memakan daya baterai secara signifikan. Jika Anda ingin menghemat daya baterai di MIUI 12, nonaktifkan saja efek animasi.

Apakah penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat mempengaruhi daya tahan baterai?

Ya, beberapa aplikasi pihak ketiga dapat memakan daya baterai secara signifikan. Jika Anda ingin menghemat daya baterai di MIUI 12, hindari penggunaan aplikasi pihak ketiga dan gunakan saja aplikasi bawaan perangkat.

Dengan menerapkan cara ampuh untuk mengatasi baterai boros di MIUI 12 di atas, Anda dapat memperpanjang daya tahan baterai perangkat Xiaomi Anda. Namun, jika semua cara di atas sudah dilakukan namun daya tahan baterai masih buruk, mungkin perangkat Anda perlu diperiksa oleh teknisi profesional.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Solusi baterai boros MIUI 12 membutuhkan perhatian dan tindakan yang tepat. Anda perlu memahami penyebab utama baterai boros, mengoptimalkan pengaturan baterai, dan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Selain itu, perlu diingat untuk menghindari kondisi overheat dan selalu memperbarui perangkat ke versi terbaru.

Dalam menjaga daya tahan baterai di MIUI 12, perlu diingat bahwa setiap perangkat memiliki karakteristik dan kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, tidak semua cara di atas dapat efektif untuk setiap perangkat Xiaomi. Namun, dengan mencoba beberapa cara di atas dan menyesuaikannya dengan perangkat Anda, Anda dapat meningkatkan daya tahan baterai dan mengoptimalkan penggunaan perangkat Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi baterai perangkat Anda secara berkala dan menggantinya jika diperlukan. Dengan begitu, Anda dapat terus menikmati penggunaan perangkat Xiaomi Anda tanpa khawatir dengan daya tahan baterai yang buruk. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments