Tips Menampilkan Penggunaan Data Pusat Kontrol Xiaomi

  • Droidinside
  • Jul 16, 2022

Banyak orang sangat suka dengan Control Center, tapi tidak bisa menampilkan penggunaan data Pusat Kontrol dari brand Xiaomi tersebut. Secara umum Pusat Kontrol hanya menampilkan Quick Access Bar yang keren dengan Gaussian Blur yang sangat khas. Udah mirip kayak hp iPhone gitu. Tapi fitur keren bawaan dari MIUI 12 ini sama sekali gak ngasih setelan buat menampilkan jumlah data yang digunakan.

Karena mungkin ponsel Xiaomi itu identik dengan harga murah, penggunanya juga sangat memperhatikan penggunaan data yang dihabiskan sehari-hari. Biar gak kebablasan ketika memakai kuota internet, sangat penting memunculkan penggunaan data. Admin sendiri juga sering menggunakan notifikasi penggunaan data untuk memberikan batas harian supaya tidak terlalu boros. Karena secara default tidak ada, bagaimana cara biar tetap pakai Control Center yang keren tapi tetap memunculkan penggunaan data? Droidinside kasih solusinya.

Cara Menampilkan Penggunaan Data Pusat Kontrol Xiaomi

Sebenarnya jika kamu nggak pake/ mengaktifkan Pusat Kontrol, penggunaan data bisa dimunculkan. Jadi hanya menu akses cepat standar saja yang memunculkan penggunaan data tepat di atas bar kecerahan layar. Tapi kalau pakai pusat kontrol bawaan gak bisa memunculkan penggunaan data. Ada alternatif yang bisa digunakan untuk tetap memberitahu penggunaan data. Berikut ini yang bisa kamu lakukan:

Gunakan MI Control Center Pihak Ketiga

Salah satu aplikasi yang bisa menampilkan penggunaan data Pusat Kontrol di ponsel Xiaomi adalah MI Control Center. Aplikasi ini akan membuat tampilan akses cepat dan bar notifikasi di ponsel kamu sangat mirip dengan Pusat Kontrol Xiaomi yang original.

Hanya saja aplikasi ini lebih lengkap, sehingga bisa menampilkan banyak fungsi lainnya. Bahkan kamu bisa memodifikasi tampilan dari Control Center dengan sangat cantik. Berikut ini langkah untuk menampilkan berapa data yang dihabiskan dalam sehari namun menempel di Pusat Kontrol:

  • Buka Play Store
  • Klik bagian atas pencarian
  • Ketik: mi control center
  • Instal aplikasi MI Control Center
  • Jika sudah, buka aplikasi
  • Aktifkan semua perizinan dari aplikasi MI Control Center
  • Jika sudah berada pada menu utama aplikasi
  • Klik menu Penggunaan Data
  • Klik Tunjukkan Penggunaan Data Seluler
  • Berikan izin akses penggunaan (klik terima)
  • Klik Tunjukkan Penggunaan Hari Ini
cara menampilkan penggunaan data harian control center xiaomi

Ketika setelan tersebut sudah diaktifkan, maka akan muncul jumlah data yang telah digunakan pada hari itu dibagian bawah dan satu bulan ini diatasnya. Setelan data seluler akan bergeser ke sebelah kanan karena panel sebelah kiri berisi penggunaan data.

Kamu juga bisa mengaktifkan Peringatan Pada (GB) melalui setelan yang sama. Jika telah melampaui penggunaan data harian, maka warna tetesan air disebelah kiri akan menjadi merah. Jadi gak hanya menampilkan penggunaan data Pusat Kontrol, tapi juga ngasih peringatan. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini kalau mau ngasih batas penggunaan data harian. Sangat cocok untuk memberitahu kapan gak boleh scroll sosmed atau nonton video lagi demi menghemat.

Menonaktifkan Pusat Kontrol Untuk Yang Original

Dengan menonaktifkannya, kamu bisa menampilkan penggunaan data Pusat Kontrol. Mau gak mau ya harus dimatikan sih, karena memang tidak bisa menampilkan berapa banyak kuota yang telah digunakan. Namun setelah itu baru diaktifkan dari pengaturan. Penggunaan data bakal muncul pada Bar Notifikasi biasa. Cara mematikan Control Center yaitu dengan membuka: Setelan – Pusat Kontrol & Navigasi – Matikan Gunakan Pusat Kontrol Yang Baru.

Selanjutnya adalah mengaktifkan penggunaan data pada akses cepat yang biasa. Langkahnya:

  • Buka aplikasi Keamanan
  • Klik menu Penggunaan Data
  • Klik tombol gear pojok kanan atas
  • Klik Penggunaan Data sehingga menjadi aktif
  • Maka ketika kamu usap layar dari ujung atas ke tengah, maka Penggunaan Data akan muncul dibawah akses cepat
menampilkan penggunaan data tanpa pusat kontrol

Penutup

Ketika kamu menggunakan MI Control Center, penggunaan data ponsel yang diaktifkan akan tetap muncul meskipun Pusat Kontrol tidak diaktifkan. Notifikasi dan tombol cepat akan tetap menampilkan penggunaan data Pusat Kontrol meskipun tidak aktif. Posisinya juga sama seperti pada tampilan original. Hanya perlu mengaktifkan Tunjukkan Penggunaan Data Seluler dan Penggunaan Hari Ini pada aplikasi MI Control Center.

Kelemahan yang ada di MI Control Center sebagai aplikasi yang dapat menampilkan penggunaan data Pusat Kontrol Xiaomi ada pada iklan. Kamu mungkin perlu mematikan akses data aplikasi tersebut agar iklannya tidak mengganggu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.