Menampilkan Menu Recent App Xiaomi

  • Droidinside
  • Des 19, 2021

Droidinside berbagi cara menampilkan menu Recent App Xiaomi yang muncul ketika kamu menekan tombol kotak pada bagian navigasi. Beberapa menu yang muncul pada penampil aplikasi yang terbuka ini cukup membantu dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal dapat menyebabkan menu yang ada disini menghilang begitu saja, umumnya terjadi karena sesuatu.

Penyebab Menu Recent App Xiaomi Hilang

Admin sendiri juga mengalami hal ini, salah satunya dirasakan setelah melakukan update MIUI. Dari awalnya MIUI 11 aman menu muncul, tapi setelah update ke MIUI 12 jadi tidak ada.

Ada tambahan lain mungkin yang menyebabkan menu menjadi hilang. Yaitu menonaktifkan Optimasi MIUI. Menu sakti ini hampir mampu membuat aplikasi-aplikasi di ponsel Xiaomi berubah. Termasuk perizinan didalamnya. Mungkin saja hal ini berpengaruh juga ke setelan menu Recent App di bagian atas. Lalu bagaimana untuk menampilkan menu Recent App Xiaomi tersebut lagi?

Cara Menampilkan Menu Recent App Xiaomi Kembali

Menu yang dimaksud ini ada dibagian atas layar tepatnya dibawah informasi RAM. Berisi pilihan untuk: Pembersih, Pindai Keamanan, Cari Apl dan Kelola Aplikasi. Tombol tersebut cukup berguna untuk kegiatan sehari-hari menggunakan ponsel Xiaomi.

Pembersih secara otomatis akan menghapus file sampah seperti biasa dan sisa-sisa file tidak penting lainnya. Pindai keamanan untuk membuka fitur Security yang melakukan Scan. Cari aplikasi akan membuka GetApps tempat unduhan aplikasi pihak ketiga. Kelola aplikasi langsung mengarah ke seluruh aplikasi terinstal untuk disetel perizinan dan penghapusan.

Untuk dapat menampilkan menu Recent App Xiaomi kembali. Berikut ini bisa kamu lakukan, sehingga tombol fungsi dapat digunakan kembali:

Menampilkan Lewat Layar Utama

  • Tekan dan tahan bagian kosong di Wallpaper atau layar utama
  • Klik Setelan dibagian bawah
  • Ketuk Lainnya
  • Aktifkan Tampilkan Rekomendasi
  • Menu bagian atas Recent App akan muncul kembali
menampilkan menu recent app xiaomi

Menampilkan Lewat Setelan

  • Buka aplikasi Setelan di ponsel Xiaomi kamu
  • Pilih Layar Utama
  • Hidupkan Tampilkan Rekomendasi
  • Muncul kembali menu yang dimaksud

Rekomendasi menu tersebut pada sebagian kasus akan memberikan tambahan Shortcut seperti jendela mengambang. Menu tersebut muncul dibagian atas sebelah kiri sejajar dengan sisa penggunaan RAM. Ditambah ikon aplikasi juga dibawahnya yang bisa dibuka dalam bentuk Floating Windows. Ini hanya ada pada beberapa ponsel Xiaomi dan tidak semua serta tentunya menggunakan antarmuka MIUI 12.

Penutup

Menampilkan menu Recent App Xiaomi bisa dengan mudah melalui kembali ke Setelan Pabrik. Mereset ponsel membuat semua menu dapat kembali layaknya ketika ponsel masih baru. Tapi ini kurang direkomendasikan karena akan menghapus semuanya. Cara ini bisa kamu lakukan kalau memang sekalian pengen membersihkan ponsel dan seperti kembali baru. Sebelum reset untuk tujuan menampilkan menu Recent App Xiaomi, pastikan kamu mematikan penguncian layar dan logout akun MI atau Google.

Beberapa kasus ketika rekomendasi ditampilkan pada setelan yang telah dijelaskan diatas. Akan muncul iklan, berupa rekomendasi aplikasi seperti game yang belum diinstal. Ketika diklik akan diinstal dengan sangat mudah. Mungkin ini cukup merugikan. Tapi di ponsel Admin, dimana folder-folder bawaan Xiaomi seperti Game sudah dihapus. Jadi tidak ada tambahan aplikasi berupa iklan yang muncul meskipun setelan menampilkan menu Recent App Xiaomi diaktifkan.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.