Cara Menampilkan Kecepatan Internet Hp Vivo Mudah

  • 3 min read
  • Jun 20, 2021
menampilkan kecepatan internet hp vivo

Droidinside berbagi cara menampilkan kecepatan internet hp Vivo. Sebenarnya cukup mudah, namun ada yang berbeda pada ponsel dari BBK Group ini. Fungsinya simpelnya cuma biar tahu apakah ada akses data yang sedang berjalan baik di latar belakang atau muncul pada layar saat itu.

Biasanya kecepatan internet muncul dibagian atas tepatnya bar notifikasi. Sangat mudah untuk melihatnya untuk mengetahui arus data yang sedang berjalan.

Ada juga yang menggunakannya untuk memastikan bahwa koneksi internet berjalan dengan lancar. Atau apakah ada aplikasi yang aksesnya terbatas sehingga tidak bisa menggunakan internet. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk ponsel Vivo kamu.

Cara Menampilkan Kecepatan Internet Hp Vivo

Secara umum pada ponsel Vivo dengan FuntouchOS versi 4 sampai versi 9 bisa dengan menggunakan cara dibawah ini. Begitupun dengan FuntouchOS 10 tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Pengaturan ini secara umum ada pada ponsel Vivo dengan membuka:

  • Buka Pengaturan (bisa dengan memilih menu atau membuka dari Quick Acces melalui swipe layar dari bawah ke atas. Klik pada tombol Gear)
  • Pilih Bilah Status Dan Pemberitahuan (Status Bar and Notification)
  • Klik pada Kecepatan Jaringan untuk mengaktifkannya (Network Speed)
    cara menampilkan kecepatan jaringan di hp vivo

Cara tersebut bisa kamu terapkan di ponsel Vivo tipe Y1s, Y15, Y12, Y20, Y30, Y51, Y53, Y71, Y91, V5, V7, Z1, Z1 Pro dan sejenisnya. Yang paling penting, dalam menampilkan kecepatan internet hp Vivo berbasis sistem operasi Android 9 (Pie) atau dibawahnya.

Berlaku juga untuk ponsel Vivo dengan FuntouchOS 10,5 yang telah menggunakan sistem operasi Android 10. Pastikan juga ponsel Vivo dengan Funtouch OS 10 dan ber android 10 bisa menggunakan cara diatas. Penting untuk diingat karena berbeda jenis ponsel akan berbeda untuk pengaturan yang dimiliki.

Menampilkan Kecepatan Internet Hp Vivo Dengan Aplikasi Tambahan

Keterangan diatas sudah cukup jelas untuk kamu, dimana hanya ponsel Vivo tertentu yang bisa mudah menunjukkan kecepatan internet. Kamu tidak bisa menampilkan kecepatan internet Hp Vivo dengan FuntouchOS 11. Karena pengaturan yang ditunjukkan admin diatas sudah hilang.

Ponsel Vivo tipe Y12s, Y20s, V20, V20 SE dan sejenisnya keluaran diatas tahun 2021 yang sudah mendapatkan FuntouchOS 11 sejak lahir. Pada tipe tersebut pengaturan untuk menampilkan angka kecepatan data tidak lagi muncul (dihilangkan). Begitu pula, ponsel Vivo yang sudah di update ke FuntouchOS 11 seperti Vivo Z1 Pro dan S1 Pro kehilangan fungsi untuk menampilkannya.

Cara satu-satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti yang dilakukan di ponsel Infinix. Langkahnya cukup mudah:

  • Buka aplikasi Playstore
  • Ketuk kolom pencarian diatas
  • Ketikkan Internet Speed Meter (aplikasi berwarna biru dengan panah kebawah dan keatas)
  • Instal
  • Tunggu instalasi selesai
  • Buka aplikasi tersebut dan kecepatan internet di ponsel Vivo kamu sudah muncul

Aplikasi tersebut direkomendasikan karena ukurannya kecil dan minim iklan. Fungsinya sudah sangat mencakup apa yang kita butuhkan, yaitu kecepatan dan penggunaan per harinya. Ada juga aplikasi lain yang sama untuk menunjukkan kecepatan internet bisa kamu pilih, seperti GlassWire Data Usage, Data Monitor, My Data Manager dan lain sebagainya. Pastikan perizinan aplikasi juga diaktifkan agar dapat memunculkan ikon kecepatan di status bar.

Penutup

Itulah beberapa cara dalam memunculkan kecepatan internet Hp Vivo. Beberapa tipe lawas keluaran dibawah tahun 2021 yang belum FuntouchOS 11 masih bisa diaktifkan di pengaturan. Jika sudah tidak ada, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan diatas. Pastikan juga data seluler atau wifi terhubung. Maka secara otomatis kecepatan jaringan juga akan ikut muncul.

Biar kamu bisa menampilkan kecepatan internet Hp Vivo yang dimiliki, berarti perlu tahu spesifikasi versi FuntouchOS nya. Cara mengetahuinya versinya adalah dengan membuka Pengaturan – Tentang Ponsel (sebagian ada di Menu Pengaturan Lainnya – Versi). Tanpa cek versi FuntouchOS nya, dengan langsung praktek cara menampilkan kecepatan internet Hp Vivo diatas bisa langsung ketahuan kok.

Selain beberapa manfaat diatas, dengan memunculkan koneksi internet kamu juga bisa tahu apakah paketan/kuota sudah habis. Biasanya ditandai dengan kecepatan yang tidak bertambah. Misal juga ponsel lagi dibuat Tethering nih, siapa tahu ada yang pake koneksi kamu buat mengakses konten video yang berat atau mendownload file. Biasanya akan ditunjukkan dengan kecepatan koneksi yang besar padahal kamu tidak memakainya. Sama halnya apabila ada aplikasi mencurigakan yang menggunakan akses internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *