Menambahkan Kontak Darurat Di Android | Droidinside

Menambahkan Kontak Darurat di Android

  • 2 min read
  • Agu 25, 2020
kontak darurat android

Kontak darurat bisa kamu tambahkan di android kamu, untuk berjaga-jaga apabila ada keadaan genting. Dengan memanfaatkan hal ini, kamu mungkin bisa lebih tenang dalam menghadapi berbagai hal kedepan.

Kegunaan Kontak Darurat Android

Kondisi darurat adalah sebuah keadaan yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Sebisa mungkin orang akan menghindari kondisi-kondisi ini. Biasanya orang tidak terlalu memikirkan tentang kontak darurat pada ponsel mereka.

Namun, jika suatu keadaan membutuhkan kontak darurat misalnya pada keadaan tertentu kita perlu menelefon petugas kebakaran saat terjadi api di tempat kerja atau perumahan. Dokter pada kondisi kesehatan medis darurat akan dibutuhkan. Hal ini tidak cukup lucu jika kamu harus mencari-cari dengan seksama dan teliti daftar kontak pada android. Karena daftar kontak bisa sangat banyak, hal ini mungkin akan sedikit merepotkan.

Belum lagi jika orang yang mengalami keadaan darurat adalah orang lain dimana kita ingin membantu dengan meminjam android pada sakunya untuk menelefon nomor darurat yang bisa dihubungi terkait kondisi seseorang tersebut. Apakah saja yang bisa nomor darurat lakukan?

Fitur Informasi Dari Kontak Darurat Android

Secara umum hal yang dapat dicantumkan selain kontak darurat android yaitu golongan darah, jenis alergi, dan kondisi medis yang lain. Dengan membaca hal ini, maka seseorang tidak akan panik dalam melihat kondisi darurat seseorang karena kondisi sebelumnya yang diketahui. Karena pengobatan yang sesuai diperlukan dalam memperlakukan seorang dalam kondisi darurat karena kesehatan.

Cara Membuat Informasi Darurat Android

Secara umum, untuk android masa kini terdapat menu informasi darurat pada beberapa tempat di pengaturan, dengan jalan:

  1. Buka setelan/pengaturan ponsel lalu klik Tentang Ponsel (About Phone). Cek Informasi Darurat/Emergency Information disana untuk diisi.
  2. Jika tidak ada, bisa dilihat di Pengguna dan Akun (Users and Accounts)
  3. Isikan informasi yang cukup singkat terkait kondisi medis
  4. Untuk menghapus klik Clear All (hapus semua/bersihkan)

Informasi yang singkat padat dan jelas akan membuat orang lain/keluarga dapat memahami kondisi seperti apa yang membuat kamu bisa dalam kondisi darurat.

Menambahkan Kontak Darurat

Cara simpel untuk menambahkannya adalah dengan memberi kontak dengan nama depan alphabet AA, sehingga kontak ini akan selalu berada di paling atas saat membuka kontak. Contohnya AA ibu, AA Dokter Jantung akan membuat efisien dan cepat dalam mencari nomor panggilan darurat.

Biasanya beberapa merk android memberikan opsi Kontak Darurat pada aplikasi kontak bawaan, kamu bisa mengisinya dengan nomor penting. Jika kamu menggunakan aplikasi Kontak Google, terdapat pengaturan disana untuk menambanhkannya.

Jika Tidak Ada Kontak Darurat

Beberapa ponsel memiliki fitur layar pengunci yang bisa diisi dengan berbagai informasi disana. Dengan menambahkan nomor atau beberapa informasi yang bisa dibaca oleh orang lain, hal darurat bisa dengan mudah diselesaikan.

Android yang terkunci dengan pola atau sandi biasanya tidak dapat digunakan. Dengan mengabaikan kesalahan pola, biasanya android akan memunculkan “hubungi nomor darurat”. Apabila pemilik hp telah mengatur nomor darurat maka otomatis akan melakukan panggilan darurat ke nomor tersebut.

Tinggalkan Komentar!