2 Cara Mudah Memutar Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain Di Android | Droidinside

2 Cara Mudah Memutar Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

  • 3 min read
  • Sep 10, 2020
memutar youtube sambil membuka aplikasi lain

Kadang kita perlu memutar Youtube sambil membuka aplikasi lain. Karena dituntut untuk multitasking dan serba bersamaan dalam satu pekerjaan. Bagi kamu yang suka mendengarkan playlist-playlist lagu di youtube atau acara podcast di youtube namun kamu tetap ingin bisa menjalankan aplikasi lain di Android, youtube memberikan solusinya yakni dengan menggunakan youtube premium.

Youtube premium sebenarnya bagi kalangan menengah keatas itu tidaklah mahal. Hanya sekitar 50 Ribu per bulan kamu sidah bisa menikmat memutar Youtube sambil membuka aplikasi lain. Namun tentunya ada banyak dari pengguna yang tidak ingin menggunakan youtube premium tapi ingin dapatkan fitur memutar dilatar belakang. Bagi kamu yang tidak ingin membeli paket youtube premium kamu bisa gunakan cara dibawah ini.

Cara Memutar Youtube Sambil Membuka Aplikasi Lain

Multitasking adalah kegiatan yang memang diperuntukkan menggunakan perangkat pintar. Android sebagai perangkat pintar mampu memberikan kemudahan dalam menghandel banyak kegiatan dalam satu waktu. Salah satu kegiatan ini adalah memutar Youtube sambil membuka aplikasi lain. Misal sedang menyaksikan cara mengerjakan tugas matematika sambil mencatat pada aplikasi lain bisa kamu lakukan. Berikut beberapa cara agar kamu dapat melakukannya:

1. Membuka Youtube Menggunakan Google Chrome

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memutar youtube sambil menjalankan aplikasi lainya di android yakni dengan menggunakan browser bawaan Google. Cara melakukannya pun sangat mudah yakni

  • Pastikan Google Chrome yang ada pada android kamu merupakan versi terbaru, jika belum lakukan update terlebih dahulu
  • Kemudian lanjut dengan membuka Google Chrome yang sudah versi terbaru
  • Setelah itu lanjut dengan mengakses alamat dari youtube itu sendiri
  • Kemudian pada bagian pojok kanan atas terdapat tombol titik tiga, klik tombol tersebut dan scroll kebawah
  • Terdapat opsi “situs desktop” dengan tanda kotak disampinya, klik tanda kotak tersebut hingga muncul tanda ceklist pada kotak
  • Setelah itu youtube yang kamu buka tadi akan berubah menjadi versi desktop
  • Kemudian tinggal kamu pilih playlist video yang ingin kamu putar, lalu play video
  • Setelah itu tekan tombol home agar keluar dari Google Chrome yang memutar video youtube kamu tadi
  • Setelah itu buka bar notifikasi diatas, nantinya kamu akan menemukan notifikasi dari google chrome yang memberitahukan kamu mengenai video yang kamu buka tadi
  • Tingal kamu klik saja tombol play dengan begitu video youtube akan berjalan dilatar belakang dan kamu bebas menggunakan aplikasi lain.

Beberapa browser lain seperti mozila firefox atau opera mini juga memiliki fitur seperti ini yang mungkin bisa kamu coba juga. Intinya aplikasi ini bisa dengan mudah memutar Youtube sambil membuka aplikasi lain atau memutar audio maupun video dari sebuah web di latar belakang.

2. Menggunakan Fitur Split Screen

Sebagian besar hp android saat ini sudah memiliki fitur split screen yang fungsinya yakni membagi screen. Dengan menggunakan fitur split screen ini kamu bisa memutar video youtube sambil menggunakan aplikasi lain. Namun kekurangannya yakni tidak semua aplikasi lain bisa kamu gunakan dengan mode split screen ini, dan juga aplikasi lain yang kamu gunakan akan memiliki layar yang lebih kecil karena dibagi dengan youtube tadi.

Cara menggunakan fitur ini yakni dengan membuka menu recent apps yakni dengan menekan tombol disebelah tombol home selain tombol back. Nantinya jika android kamu memiliki fitur tersebut akan terdapat tulisan split screen, atau jika tidak ada coba untuk menekan dan menahan aplikasi yang ingin kamu bagi apabila terdapat pilihan split screen maka pilih opsi tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi Youtube Vanced

Sebenarnya kurang direkomendasikan, kamu bisa menikmati tayangan Youtube sambil membuka aplikasi lain seperti Youtube premium. Hanya dengan menginstal Youtube Vanced kamu bisa menikmati semua hal premium aplikasi Youtube bawaan. Namun karena aplikasi ini tidak resmi, mending pakai kedua cara diatas yang lain.

Dengan begitu kamu bisa memutar Youtube sambil membuka aplikasi lain, cara tersebut tentunya efektif bagi kamu yang suka untuk mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Sebagai tambahan, setidaknya untuk kelancaran menggunakan Youtube sambil multitasking aplikasi lain kamu perlu memperhatikan spesifikasi ponsel kamu ya.

Tinggalkan Komentar!