Tips Memunculkan Aplikasi Ganda Xiaomi MIUI 12.5 Hilang

  • Droidinside
  • Mar 30, 2022

Bagaimanakah cara memunculkan aplikasi ganda Xiaomi MIUI 12.5? Aplikasi Ganda atau Dual Apps di Xiaomi Redmi Note 10, Redmi 10, dan Redmi Note 11 saya kok tidak ada? Pertanyaan-pertanyaan ini muncul karena brand Xiaomi menyembunyikan fitur Aplikasi Ganda tepat setelah user update ke MIUI 12.5 atau Android 11 (pada Redmi 10 Series). Ada tapinya, alias gak semua hp Xiaomi menu Aplikasi Ganda-nya disembunyiin. Hanya tipe-tipe tersebut dengan RAM 4 GB kebawah saja yang kehilangan fitur untuk mengcloning aplikasi itu.

Penyebab Aplikasi Ganda Xiaomi Hilang (Tersembunyi)

Sebenarnya agak aneh ya, kenapa fitur tersebut tidak dipampang seperti biasanya. Menurut admin sendiri, dengan menyembunyikan Aplikasi Ganda maka akan jarang orang menggunakannya. Pasti berhubungan dengan performa dan kestabilan sistem. Fiturnya ada di sistem tapi sengaja disembunyiin kayak kasus Ruang Kedua yang juga gak kelihatan di Redmi Note 11 dan Redmi generasi ke 10 yang pake RAM 4 GB kebawah. Alih-alih bikin sistem lebih stabil tapi pangkas fitur itu bikin gak enak banget lho.

Menurut admin, alasan lain kita harus memunculkan Aplikasi Ganda Xiaomi yang hilang pada MIUI 12.5 dan Redmi 10-11 Series adalah Android 11. Lagi-lagi keamanan yang diutamakan oleh sistem Android membuat semuanya harus mengalah. Ruang Kedua, Aplikasi Ganda, Folder Android – Data adalah fitur yang berhubungan dengan penyimpanan. Sebegitu ketat keamanan di Android 11 membuat kita orang yang agak paham dengan sistem Android harus merelakan. Karena fitur Aplikasi Ganda itu akan menambah penyimpanan aplikasi di memori internal, pantas saja disembunyikan. Ada kemungkinan fitur tersebut mungkin akan sedikit punya bug akibat keamanan yang dimiliki. Lalu adakah solusi agar Aplikasi Ganda bisa dimunculkan kembali pada Redmi Note 11, dan series Redmi 10 dengan RAM 4 GB? Droidinside punya solusinya.

Cara Memunculkan Aplikasi Ganda Xiaomi Yang Hilang

Agak menggelikan ketika kamu punya Redmi Note 11, Note 10, dan Redmi 10 yang versi RAM 6 GB. Fitur Aplikasi Ganda bisa dengan mudah dibuka lewat menu: Pengaturan – Apl – Aplikasi Ganda dan juga lewat Keamanan – Aplikasi Ganda. Tapi menu tersebut tidak ada pada versi RAM 4 GB. Untuk itu kamu bisa tetap mengaksesnya melalui beberapa cara dibawah ini:

Melalui Aplikasi GetApps

Fitur cloning atau pengganda aplikasi di Xiaomi yang telah dijelaskan diatas masih ada. Buktinya disembunyikan disini. Untuk bisa memunculkan Aplikasi Ganda Xiaomi yang hilang tersebut cara membukanya yaitu:

  • Buka aplikasi GetApps (pada menu utama)
  • Tutup atau tekan X jika ada iklan
  • Klik menu Saya (pojok bawah kanan)
  • Tekan Aplikasi Ganda
  • Gunakan fitur ini untuk menggandakan/cloning aplikasi yang kamu inginkan
aplikasi ganda tidak muncul di xiaomi

Itu merupakan cara pertama yang paling gampang. GetApps memang sering agak menjengkelkan karena memuat iklan, jadi untuk membuka Aplikasi Ganda bisa diakses dari dalamnya agak kurang enak. Untuk kamu yang gak suka harus buka GetApps, ada alternatif lain dibawah ini.

Melalui Aplikasi Activity Launcher

Cara kedua dalam memunculkan Aplikasi Ganda Xiaomi yang hilang pada RAM 4 adalah aplikasi pamungkas pembuka fitur tersembunyi. Langkahnya yaitu:

  • Buka Play Store
  • Tekan bagian atas pencarian aplikasi
  • Ketik: Activity Launcher
  • Instal aplikasi tersebut hingga selesai
  • Setelah itu, buka aplikasi dan tunggu beberapa saat
  • Klik tombol kaca pembesar
  • Ketik: aplikasi ganda
  • Pilih menu Aplikasi Ganda (com.miui.xspace.ui.activity.XSpaceSettingsActivity
  • Fitur Aplikasi Ganda (Dual Apps) akan terbuka
aplikasi ganda redmi note 11

Menggunakan Activity Launcher mungkin sedikit ribet, karena kamu harus membukanya dan melakukan pencarian lagi. Ketika ingin mematikan fitur Aplikasi Ganda.

Penutup

Itulah 2 cara memunculkan Aplikasi Ganda Xiaomi yang tersembunyi atau hilang. Adapun satu aplikasi lagi, yaitu MiAppa bisa diinstal untuk membuat Shortcut menuju Aplikasi Ganda. Setelah menginstal aplikasi tersebut di Play Store, selanjutnya membuka aplikasi tersebut. Pilih menu Shortcut, lakukan pencarian dengan kata kunci Aplikasi Ganda. Klik Oke, maka ditur tersebut sudah bisa kamu nikmati.

Langkahnya sama seperti saat membuka Ruang Kedua di Xiaomi seri 10 dan 11. Dengan menambahkan pintasan pada aplikasi tersebut.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.