Tips Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Menyala

  • 3 min read
  • Nov 06, 2021
memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala

Droidinside berbagi cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala dengan beberapa langkah sederhana sebelum kamu bawa ke tukang servis. Ada kalanya hp android tidak bisa menyala karena beberapa sebab. Baik itu secara alami (tidak pernah oprek/modifikasi) maupun karena kesalahan saat oprek. Paling umum jika hp udah cukup tua (masa pakai diatas 4 tahun) seharusnya memang harus sudah dilembiru (lempar beli yang baru). Tapi apa saja yang bisa menyebabkan hp android tidak bisa menyala?

Penyebab Hp Android Tidak Bisa Menyala

Cukup banyak masalah yang menyebabkan sebuah ponsel pintar bisa mati alias tidak bisa menyala. Ada penyebab Software (perangkat lunak) maupun Hardware (perangkat keras) dalang dari kerusakan ponsel.

Software bisa dikira diakibatkan oleh salah satunya mengalami masalah setelah update. Kesalahan sistem yang terjadi karena bawaan dari pabrik juga merupakan penyebabnya contohnya pada Poco M3 yang mati total karena setelah melakukan update software. Ini juga merupakan bagian dari bug software.

Kemudian penyebab dari Hardware yang mengakibatkan ponsel bisa mati tidak bisa menyala beberapa kasusnya adalah:

  • Kerusakan IC (Integrated Circuit) baik Power, Flash, RF dan lain sebagainya
  • Hp terlalu panas, menyebabkan sebuah komponen mati lalu diikuti ponsel yang mati
  • Konslet disebabkan karena ponsel terkena air umumnya (terjadi short)

Beberapa komponen yang rusak sebagian mungkin tidak sampai rusak. Sebagian masih dalam kondisi lemah sehingga masih ada harapan ponsel untuk dihidupkan. Lalu untuk melakukannya bagaimana cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala ? Simak beberapa cara yang akan dijelaskan.

Cara Memperbaiki Hp Android Yang Tidak Bisa Menyala

Sebelum membawa ke tukang service, sebaiknya lakukan beberapa hal dibawah ini. Beberapa langkah bisa diterapkan untuk ponsel yang masih garansi, namun sebagian jangan dilakukan di hp android kamu ya. Karena bisa-bisa hangus garansinya apalagi berhubungan dengan bongkar-bongkar.

1. Cas Untuk Beberapa Waktu

Sebisa mungkin menggunakan kabel dan kepala charger yang original bawaan ponsel tersebut. Lakukan charge selama 10-20 menit di tempat yang tidak panas. Jika tidak ada tanda-tanda kehidupan, gunakan charger yang memiliki daya lebih tinggi. Misalnya sebelumnya bawaan 2 Ampere, gunakan daya sedikit lebih tinggi misal 2,4 Ampere dalam waktu 5-10 menit.

Ini berfungsi memancing daya baterai jika memang mengalami masalah untuk hidup kembali. Jika dengan menggunakan charger dengan daya yang lebih tinggi bisa hidup, lanjutkan mengisi daya sampai 50%. Setelah itu dilanjut dengan charger original. Jika dengan ori tidak bisa masuk, kembali menggunakan charger sebelumnya.

Bisa dicoba juga untuk diamkan ponsel dalam keadaan mati untuk beberapa hari, kemudian cobalah hidupkan sambil dicas. Pastikan ada tanda-tanda kehidupan. Ini langkah awal untuk cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala.

2. Menekan Tombol

Tips memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala selanjutnya, pencet tombol Power setidaknya untuk 1 menit. Ini akan memaksa hp android untuk hidup. Jika daya ponsel ada, dan mesin masih ada tanda kehidupan seharusnya bisa membuat ponsel reboot atau hidup.

Kombinasi tombol dibutuhkan dalam memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala. Seperti menekan tombol Power, Volume Up, dan Volume Down secara bersamaan untuk 20 detik. Selanjutnya hidupkan seperti biasa dengan tombol Power. Beberapa kasus ponsel yang mengalami kerusakan pada tombol Power bisa dipancing hidup dengan tombol lain.

3. Melepas Baterai Dan Menggantinya

Melepas baterai hp lalu biarkan hingga beberapa jam. Bisa dibiarkan selama semalaman. Selama melepas baterai, cobalah untuk mengecas ponsel untuk beberapa menit (pengisian daya mungkin dapat terjadi sementara). Setelah itu pasang baterai yang lama. Kalau tidak ada respon cobalah untuk memasukkan baterai baru dengan metode yang sama. Ini berlaku mudah untuk hp android yang menggunakan baterai non-tanam.

4. Mencopot Dan Memasang Kembali Konektor

Bagaimana untuk yang baterai tanam? Bagaimana cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala? Kalau hp udah gak garansi, kamu bisa coba membuka casing backdoor (belakang) dengan berbagai cara. Paling mudah dengan hairdryer, panaskan sisi luar, pinggir dan kamera untuk melunakkan lem. Kemudian secara hati-hati membuka menggunakan kuku, kartu atm maupun hal lentur sejenisnya.

Jika sudah terlepas casing belakang, copot soket/konektor pada baterai, fingerprint, LDC, pin antena. Sebagian ponsel butuh obeng kecil untuk membukanya. Setelah itu, biarkan beberapa jam terlepas. Lalu kembalikan semua seperti semula. Cas lagi apakah ada tanda-tanda kehidupan, jika iya ada kemungkinan socket memang kendor saja.

5. Mengeringkan Jika Terkena Air

Untuk ponsel baterai non tanam, langsung saja copot baterai dan masukkan ke dalam beras kering. Begitu juga dengan jenis baterai tanam, dibuka dulu baru bisa dimasukkan ke beras agar kering. Tunggu semalaman, jangan dihidupkan ponselnya. Saat paginya cas, lalu coba hidupkan.

6. Bawa Ke Tempat Servis

Cara memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala terakhir adalah membawa ke service center terdekat sesuai merk di kota kamu. Kalau masih garansi, mending bawa dus book dan nota pembelian. Karena ponsel mati total tidak bisa menyala bisa terjadi karena kesalahan pabrik atau setelah update.

Jika sudah gak garansi, bawa ke tempat servis kepercayaan meskipun bukan tempat servis resmi. Mencegah hal yang tidak diinginkan dan menjaga keaslian ponsel dibutuhkan tukang servis yang terpercaya.

Penutup

Itulah beberapa langkah dalam memperbaiki hp android yang tidak bisa menyala. Meskipun kalau memang mati total gak bisa dihidupkan sama sekali. Beberapa langkah diatas bisa jadi harapan semoga ponsel bisa kembali seperti semula, mati tidak bisa nyala tersebut mungkin hanya lelah saja. Jika kamu beruntung, maka ponsel bisa hidup lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *