Tips Mematikan Update Sistem Otomatis Infinix

  • Droidinside
  • Apr 28, 2022

Droidinside berbagi cara untuk mematikan update sistem otomatis Infinix. Pembaruan sistem sebenarnya penting tapi terkadang malah membuat masalah baru. Hp Infinix update sendiri, restart sendiri membuat pengguna jengkel karena pas update otomatis itu hp jadi gak bisa dipake. Harus nunggu proses berjalannya update, karena gak bisa dihentikan/pause dulu.

Ada juga yang hp Infinix -nya update sendiri tengah malam, padahal hp nya mau dibuat komunikasi. Belum lagi kejadian hp matot di pagi hari gara-gara update sendiri pas hp ditinggal tidur. Karena update bisa jadi malapetaka apabila terjadi kesalahan saat mengunduh atau karena ada sistem yang dimodifikasi membuat pembaruan sistem gagal. Maka dari itu, kamu perlu deh mematikan pembaruan perangkat lunak sistem otomatis di hp Infinix. Bagaimana caranya? Admin berikan ulasannya dibawah ini.

Apakah Aman Mematikan Update Sistem Otomatis Di Hp Infinix

Pembaruan perangkat lunak berisi patch keamanan yang juga menyesuaikan yang paling baru. Makin di update ponsel kamu, berarti keamananan akan semakin mengikuti jaman. Hp akan terhindar dari serangan virus, pencurian data, dan masalah keamanan sistem lainnya. Akan tetapi pembaruan/update gak jarang juga bawa masalah. Hp jadi panas, ngebug, penggunaan gak lancar dan seolah-olah performa ponsel jadi turun.

Maka dari itu, banyak juga yang gak suka sama update apalagi pembaruan tersebut dilakukan sepihak/secara otomatis. Gak mau update karena masih banyak bug, tapi sistem memaksa untuk melakukan update. Lalu bagaimana cara untuk mematikan update sistem otomatis Infinix ? Berikut ini beberapa tipsnya:

Tidak Terhubung Ke Wifi

Salah satu hal yang membuat sistem ponsel Infinix melakukan update sendiri adalah Wifi. Jika terhubung dengan Wifi, maka secara otomatis update akan dilakukan. Paling sering update itu terjadi di malam hari. Ketika kamu terkoneksi ke Wifi saat jam-jam malam, update akan dilakukan. Jadi kamu perlu menyesuaikan penggunaan Wifi agar pembaruan tidak terunduh.

Tidak pernah terhubung ke Wifi adalah ide yang bagus supaya update tidak terjadi. Namun dengan data seluler pun, kamu pasti akan tetap menerima notifikasi untuk update. Meskipun pemberitahuan itu bisa di skip (pilih Nanti) agar pengunduhan update tidak terjadi. Tapi pemberitahuan tersebut jadi agak sering muncul dan mungkin mengganggu. Tapi dalam beberapa kesempatan notifikasi tersebut tidak keluar lagi.

Dengan tidak terhubung ke Wifi, ponsel Infinix tidak akan update otomatis. Kalau ada update cuma pesan muncul yang bisa batalin. Ini cara mematikan update sistem otomatis Infinix yang paling mudah sih menurut admin dan tidak punya banyak resiko. Cuman, hati-hati aja kalau terhubung ke Wifi. Kudu siap-siap aja, cek penggunaan datanya.

Mematikan Update Sistem Otomatis Infinix Dari Opsi Pengembang

Tidak seperti pada ponsel-ponsel lainnya, Infinix gak ngasih opsi pengaturan update di aplikasi buat mengunduh pembaruan (Updater). Kalau merek lain yang ada, sebelum kamu update itu bisa disetel supaya gak update secara otomatis. Ternyata untuk cara mematikan update sistem otomatis Infinix yaitu dengan mengubah setelan di Opsi Pengembang (Developers Option).

Langkah ini cukup riskan, karena ada banyak setelan di Opsi Pengembang yang tidak boleh diutak-atik. Cuma admin takutnya kepencet aja sih, jadi ponsel kamu jadi aneh gitu. Biar aman, ikut tutorial dibawah ini tanpa mengubah parameter/menu lain ya. Jadi untuk mematikannya kamu perlu aktifkan Developer Mode dulu baru mematikan update otomatis. Langkahnya:

Mengaktifkan Opsi Pengembang

  • Buka Pengaturan (bisa diakses dari menu utama, atau dengan usap layar dari ujung atas ke tengah lalu tekan tombol Gear)
  • Pilih menu Ponsel Saya
  • Klik 7 kali pada Nomor Bentukan
  • Akan muncul tulisan di layar hingga Opsi Pengembang akan aktif

Mematikan Update Sistem Otomatis Infinix Opsi Pengembang

  • Kembali ke layar utama lalu buka Pengaturan (Settings)
  • Pilih menu Sistem (System)
  • Klik Opsi Pengembang (Developer Options)
  • Klik Pemutakhiran Sistem Otomatis (Automatic System Updates)
  • Sehingga opsi tersebut menjadi nonaktif/mati
cara menonaktifkan pembaruan sistem infinix

Sekarang kamu tidak perlu khawatir sistem ponsel Infinix melakukan update otomatis lagi. Bahkan saat terhubung dengan Wifi, hp kamu ini tidak akan lagi mengunduh pembaruan secara otomatis. Cara ini cukup worth untuk mematikan update sistem otomatis Infinix.

Info tambahan, jangan mengubah menu lain di Opsi Pengembang ya, biar aman. Selanjutnya, kalau hp direset ke pengaturan pabrik, Opsi Pengembang dimatikan. Maka update otomatis akan kembali lagi seperti semula. Jadi selalu cek apakah proses update apakah sedang terjadi melalui menu Pengaturan – Sistem – Pembaruan Sistem.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.