Cara Mematikan Putar Otomatis Youtube | Droidinside

Cara Mematikan Putar Otomatis Youtube

  • 2 min read
  • Nov 24, 2020
mematikan putar otomatis youtube

Dengan mematikan putar otomatis Youtube di android, kamu tidak akan menemukan lagi video yang otomatis dimainkan tanpa suara di beranda. Ataupun pada saat melihat sebuah video yang telah selesai diputar.

Fitur Putar Otomatis Youtube

Sejak beberapa tahun yang lalu Youtube telah menjadi raksasa aplikasi menonton video dari seluruh dunia. Untuk memberikan kenyamanan pada pengguna, pengembangan aplikasi selalu memberikan fitur-fitur baru yang disesuaikan dengan minat dan pengalaman seluruh penggunanya.

Putar Otomatis Video Selanjutnya Dan Beranda

Salah satu fitur ini adalah putar otomatis video. Sejak tahun 2014 lalu memberikan pengguna sebuah pengalaman menonton video selanjutnya secara otomatis tanpa perlu mengklik. Tentunya urutan konten yang diputar setelahnya ada di daftar putar/Playlist pada Youtube sesuai rekomendasi atau disarankan dan dapat diatur oleh pengguna.

Video selanjutnya yang diputar otomatis oleh Youtube juga merupakan konten yang berhubungan dengan video secara jenis/substansi atau kesamaan penonton channel.

Tahun 2018 kemudian dikenalkan fitur baru pemutaran video otomatis di beranda Youtube. Seketika ketika kamu membuka aplikasi Youtube, kamu akan disuguhi video diurutan paling atas yang diputar secara otomatis tanpa suara. Video yang ditampilkan biasanya mungkin sebagai iklan atau direkomendasikan sesuai dengan riwayat akun kamu.

Kelemahan Fitur Putar Otomatis Youtube

Yang menjadi masalah biasanya adalah berhubungan dengan kuota. Meskipun fitur putar otomatis Youtube ini tidak akan bekerja pada saat kamu pakai koneksi data seluler. Tapi setelah 30 menit, fitur ini akan secara otomatis aktif.

Jika kamu menggunakan koneksi Wifi, pemutaran otomatis akan mati setelah 4 jam berlalu. Hal ini sebenarnya sudah cukup bagus dalam mengatasi keterbatasan kuota. Tapi kalau pakai tethering hotspot teman kamu ya jangan Youtuban dong, bikin boros kuota. Lalu bagaimana cara mematikan putar otomatis Youtube di Android kamu ?

Cara Mematikan Putar Otomatis Youtube Di Android

Mematikan Putar Otomatis Video Berikutnya

Untuk menonaktifkan video selanjutnya yang diputar otomatis, dapat dilakukan dengan:

  • Buka aplikasi Youtube
  • Klik Akun (pojok kanan atas)
  • Klik Setelan
  • Klik Putar Otomatis
  • Ketuk untuk mematikan Putar Otomatis Video Berikutnya
    menonaktifkan putar otomatis video youtube

Cara lain yang cukup mudah adalah dengan ketuk untuk mematikan Putar Otomatis pada saat kamu memainkan sebuah video.

tombol putar otomatis youtube

Setelan untuk mematikan putar otomatis Youtube ini akan bekerja pada dua situasi. Yaitu pada saat kamu menggunakan data seluler maupun menggunakan Wifi. Sehingga video selesai, Autoplay tidak akan bekerja pada semua jaringan yang kamu pakai.

Mematikan Putar Otomatis Video Di Beranda Youtube

Saat pertama membuka Youtube di Beranda, Jelajahi, dan Subscription video otomatis akan diputar tanpa suara. Cara menonaktifkannya:

  • Klik Akun (pojok kanan atas)
  • Klik Setelan
  • Klik General
  • Pilih Pemutaran Tanpa Suara Di Feed
  • Pilih Nonaktif

Pada versi Youtube yang lebih lawas, menu Pemutaran Tanpa Suara ini berada pada Putar Otomatis, tempatnya seperti tutorial di atas. Biasanya secara default saat terhubung Wifi, jika kamu belum pernah menyetelnya video akan otomatis diputar di Beranda.

Jika berada pada kuota Wifi yang mepet, mematikan Putar otomatis Youtube harus segera dilakukan. Terutama apabila telah masuk akun Gmail pada aplikasi Youtube untuk pertama kali. Setelah melakukan log out akun atau menghapus data aplikasi.

Penutup

Sebagai tambahan informasi, kamu juga bisa mematikan putar otomatis Youtube di komputer. Dengan langkah yang tidak jauh berbeda dengan tutorial di atas. Soalnya di komputer semua akan diputar secara otomatis baik itu koneksi kabel Lan apalagi Wifi. Untuk berjaga-jaga pengiritan kuota.

Walaupun diatas dijelaskan bahwa Youtube secara otomatis juga memberhentikan Autoplay, hitung saja 4 jam dengan kualitas video HD akan memakan berapa banyak kuota.

Tinggalkan Komentar!