Cara Mematikan Fast Charging Samsung Atasi Masalah Isi Daya Terputus Sendiri | Droidinside

Cara Mematikan Fast Charging Samsung Atasi Masalah Isi Daya Terputus Sendiri

  • 3 min read
  • Sep 16, 2020
mematikan fast charging samsung

Banyak orang ingin cepat dalam mengisi daya Hp, namun mematikan Fast Charging Samsung ini sedang dicari orang juga. Mengapa ? Ada beberapa masalah yang mungkin kamu hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Serba Serbi Fast Charging Samsung

Teknologi Fast Charging

Fast Charging adalah sebuah teknologi wajib yang harus disematkan pada ponsel pintar baru dewasa ini. Mengapa tidak? Hanya dengan waktu yang lebih singkat, kamu bisa dapatkan baterai penuh. Tentunya untuk kegiatan yang lebih lama.

Pengisian daya cepat memang soal Volt dan Ampere. Untuk mendapatkan kecepatan ini hanya tinggal mengalikan kedua nilai ini yang tertera pada kotak/kepala colokan charger. Tidak hanya chargernya, ponsel penerima daya juga didesain serupa. Hp didesain menerima maksimal daya dan charger memberikan maksimal yang dibutuhkan Hp singkatnya.

Kegunaan Teknologi Fast Charging

Jika keduanya sudah mendukung pengisian daya cepat ini maka sudah pasti manfaat teknologi bisa dirasakan. Tanpa perlu menunggu lama, kamu sudah bisa menikmati baterai yang penuh untuk penggunaan lama. Belum lagi baterai android low – mid end cenderung semakin besar. Sekitar lebih dari 5000 mAh bisa membuat kamu seharian menggunakan Hp tanpa dicas sekalipun.

Masalah Fast Charging Samsung

Namun, ada beberapa masalah pada Fast Charging Samsung yang dirasakan oleh user. Pengisian daya cepat Samsung Galaxy M11 mengalami masalah. Mematikan Fast Charging ini merupakan sebuah solusi. Kok bisa ?

Salah satu masalah pada Samsung Galaxy M11 adalah daya tiba-tiba terputus saat ngechas/pengisian daya. Ya, Charging Samsung terputus. Hal ini cukup mengherankan, entah mengapa tiba-tiba saja Hp tidak mengechas semestinya. Padahal sudah menggunakan charger ori dan tidak pernah mengganti ke pengisi daya maupun kabel hp lain.

Sudah nunggu Hp untuk dichas, eh malah di tengah-tengah tidak mengisi dan baterai tetap segitu atau malah menurun. Masalah ini tidak terjadi pada Galaxy M11, namun terjadi juga pada Galaxy M21. Ponsel lawas Samsung Galaxy yang memiliki fitur Fast Charging Samsung juga bisa mengalami ini. Hp dicas tapi tidak masuk setelah beberapa menit dicolok kabel usb.

samsung dicas terputus

Masalah Charging Samsung terputus ini mungkin disebabkan oleh sistem yang mengalami kesalahan pembacaan daya dari kepala Charger. Saat Fast Charging berlangsung, atau sekitar 1-2 menit Hp dichas dan dicek di aplikasi, daya charging naik. Saat dichas dan daya naik menjadi sekitar 2000an mA, setelah itu hp dicas tidak masuk lagi. Setelah mencapai angka daya chas tertentu yang cukup tinggi tiba-tiba chas terputus. Lalu bagaimana solusinya?

Cara Mematikan Fast Charging Samsung

Solusi dari masalah diatas adalah 2. Yaitu dengan mengganti charger dengan daya dibawah 15 watt (charger ori android lain non fast charging biasanya 10 watt) dan mematikan Fast Charging Samsung yang bermasalah.

Untung saja, Samsung memberikan opsi untuk dapat mematikan mode isi daya cepatnya. Sehingga dapat mengatasi masalah diatas. Berikut langkahnya:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih Perawatan Perangkat
    menonaktifkan isi daya cepat samsung
  • Klik Baterai
  • Pilih Mengisi Daya
  • Gulir untuk mematikan Pengisian Daya Cepat
    menonaktifkan pengisian daya cepat samsung

Pada pengaturan tersebut, kamu juga bisa menghidupkan kembali mode pengisian cepat. Dengan mematikan Fast Charging Samsung ini untuk beberapa waktu, mungkin akan mengatasi masalah ponsel Galaxy M11 diatas dan lainnya yang bermasalah. Matikan saja dahulu sampai beberapa minggu, mungkin saja metode ini akan mengembalikan fungsi Fast Charging pada Samsung Galaxy M11 yang bermasalah.

Penutup

Manfaat Mematikan Fast Charging Samsung

Isi daya terputus sendiri atau Hp dicas tidak masuk dapat terselesaikan dengan metode ini. Selain harus membeli kepala charger yang non Fast Charging. Tapi konsekuensinya kamu harus tahu, pengisian daya cepat tidak akan bisa berfungsi semestinya.

Berkat teknologi pengisian daya cepat, kamu hanya membutuhkan waktu singkat untuk ngechas. Tapi terkadang kita membutuhkan waktu untuk meninggalkan ponsel dalam waktu cukup lama. Sedangkan baterai sudah waktunya dichas. Dengan mematikan fitur ini, kamu bisa lebih lama membiarkan ponsel kamu sambil dichas. Misalnya diisi daya sambil ditinggal tidur, meskipun kurang direkomendasikan. Pengisian yang lemot bisa dimanfaatkan atau kamu bisa lihat tips pengisian daya agar awet.

 

Tinggalkan Komentar!