Mematikan Download Otomatis Telegram

  • 2 min read
  • Mei 31, 2021
mematikan download otomatis telegram

Jika kamu pertama kali instal aplikasi ini, mematikan download otomatis Telegram mungkin wajib dilakukan. Karena hampir mirip seperti aplikasi Whatsapp, foto dan berkas media akan secara otomatis terunduh apabila membukanya dalam chat/obrolan.

Seringkali dengan membiarkan secara otomatis file terunduh dapat memberikan kemudahan dalam mengakses file dalam grup/obrolan. Namun bagi mereka yang memperhatikan kuota dan ingin berhemat perlu cara ini. Bagaimanakah langkah-langkahnya?

Cara Mematikan Download Otomatis Telegram

Platform perpesanan online ini memang cukup handal. Karena lebih powerfull ketimbang Whatsapp. Langkah untuk mematikan otomatis unduh media Telegram adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram ponsel android
  • Ketuk pada ikon 3 garis di pojok kiri atas
  • Pengaturan
  • Data Dan Penyimpanan
  • Pada menu Unduh Media Otomatis, tekan tombol bagian kanan
  • Tekan pada Saat Menggunakan Data Seluler
  • Saat Terhubung Wi-Fi
  • dan Saat Roaming
    cara mematikan auto download telegram
  • Klik juga pada GIF dan Video dibagian bawahnya (menu Putar Otomatis Media)

Dengan mematikan download otomatis Telegram/ proses unduh berkas chat tersebut, kuota kamu akan lebih hemat. Meskipun begitu, aplikasi Telegram sebenarnya hanya akan mengunduh sebuah media (foto, video, pdf, dan lain sebagainya) pada saat dibuka saja. Saat aplikasi ini tidak dijalankan atau tidak membuka sebuah chat, maka file tidak akan diunduh secara otomatis.

Mungkin berbeda dengan Whatsapp yang ketika setelan otomatis unduhnya diaktifkan, saat aplikasi tidak dibuka. Media akan tetap diunduh secara otomatis.

Di Telegram pada pengaturan di atas, kamu juga bisa memindahkan penyimpanan file Telegram di kartu memori/SD Card. Klik pada penyimpanan selain Storage/0 (angka 0 ini merupakan penyimpanan internal). Sehingga akan mencegah terlalu banyak file tidak penting otomatis terunduh yang membuat penyimpanan internal ponsel penuh. Meskipun begitu ada tips untuk menghapus semua pesan di Telegram yang otomatis menghapus file di penyimpanan.

Mengatur Download Otomatis Telegram

Melalui pengaturan aplikasi ini, kamu bisa atur seberapa besar file yang bakalan diunduh secara otomatis. Ini berhubungan dengan besarnya berkas video. Dan juga secara otomatis unduh foto.

Klik Saat Menggunakan Data Seluler. Pengaturan ini memiliki rentang Rendah sampai Tinggi pada Penggunaan Data. Secara simpel ubah menjadi Rendah dan secara otomatis hanya akan mengunduh Foto di semua chat baik itu pribadi maupun grup.

Tanpa mematikan download otomatis Telegram, kamu bisa membatasi file pada foto untuk jenis chat tertentu. Video dengan maksimal ukuran berapa MB secara otomatis akan diunduh. Begitu pula dengan Berkas akan secara otomatis diunduh jika ukurannya ditentukan sesuai keinginan.

cara agar video di telegram tidak tersimpan otomatis

Setelan tersebut bisa diotak atik sendiri sesuai dengan keinginan. Jika memang tidak penting langsung matikan seluruh fungsi download otomatis Telegram. Jika ternyata setelah diubah-ubah malah membuat pusing, bisa kamu klik pada Reset Pengaturan Unduh Otomatis. Seluruh pengaturan akan kembali seperti awal aplikasi dipasang.

Penutup

Saran admin lain, jika memang kamu masih membutuhkan unduhan otomatis ganti aja ke penyimpanan eksternal daripada harus mematikan download otomatis Telegram. Biar tidak bikin penuh penyimpanan internal yang dapat mengganggu kelancaran penggunaan ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *