Cara Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi

  • 3 min read
  • Okt 14, 2021
mematikan data latar belakang xiaomi

Pernahkah kamu mematikan data latar belakang Xiaomi pada sebuah aplikasi ? Cara ini bisa menghemat penggunaan kuota internet kamu. Karena seringkali aplikasi secara sembunyi-sembunyi menggunakan koneksi internet. Memang wajar karena aplikasi berbasis online biar bisa berjalan lancar menggunakan data latar belakang.

Kamu juga tidak tahu terkadang data latar belakang digunakan oleh sebuah aplikasi dalam jumlah yang tidak sedikit. Ya meskipun kamu tidak tahu, penggunaan data masih tetap akan muncul. Kalau ternyata jarang membuka dan sebuah aplikasi banyak memakan data. Bisa jadi data latar belakang jadi kambing hitam. Lalu bagaimanakah cara mematikan data latar belakang Xiaomi ?

Cara Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi

Di ponsel Xiaomi, terdapat sebuah aplikasi sistem yang dapat dengan mudah menghentikan penggunaan data latar belakang (Background). Aplikasi tersebut adalah Keamanan. Aplikasi ini sejak ponsel Xiaomi jadul hingga yang paling baru, sama-sama bisa membatasi data latar belakang. Langkahnya:

  1. Buka aplikasi Keamanan
  2. Usap layar keatas dan pilih Penggunaan Data
  3. Pilih Batasi Penggunaan Data
  4. Ketuk 3 titik pojok kanan atas
    Cara Mematikan Aplikasi Latar Belakang di HP Xiaomi
  5. Pilih Koneksi Latar Belakang
  6. Klik pada aplikasi menjadi tidak aktif, sehingga data latar belakang sebuah aplikasi tidak diizinkan.
    Cara Mematikan Aplikasi Latar Belakang di HP Xiaomi

Cara mematikan data latar belakang Xiaomi tersebut bisa diterapkan dengan mudah pada hampir seluruh ponsel merek tersebut. Termasuk pada ponsel Poco dengan antarmuka MIUI. Mematikan koneksi latar belakang ini berfungsi pada data seluler dan Wifi. Karena biasanya melalui Wifi aplikasi berjalan di layar belakang mengurangi kuota.

Cara Mematikan Data Latar Belakang Di Xiaomi Melalui Pengaturan

Selain dari aplikasi keamanan, kamu juga bisa menyetel dari pengaturan. Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada ponsel Xiaomi untuk versi MIUI 10 kebawah. Karena terdapat perbedaan cara dengan versi yang lebih baru seperti sekarang, langkahnya:

  • Buka Setelan (atau tombol Gear dibagian status bar dari atas layar)
  • Pilih menu Penggunaan Data
  • Langsung ketuk pada aplikasi yang diinginkan
  • Geser layar keatas hingga bagian bawah kelihatan
  • Klik Data Latar Belakang sehingga menjadi nonaktif
  • Pilih Oke jika ada pemberitahuan
    efek mematikan data latar belakang xiaomi

Pada langkah mematikan data latar belakang di Xiaomi diatas, kamu akan menemukan informasi seberapa besar aplikasi telah menggunakan data di latar belakang. Latar Depan artinya yang kelihatan dari pengguna dan Latar Belakang yang tidak kelihatan. Ini telah disesuaikan dengan penggunaan yang diatur.

Setelah kamu menonaktifkan koneksi latar belakang sebuah aplikasi, maka aplikasi tidak akan bisa mengakses data background. Hal ini memberikan beberapa manfaat yang akan dijelaskan di bawah ini.

Manfaat Mematikan Data Latar Belakang Di Xiaomi

Seperti yang sudah dijelaskan pada cuplikan diatas, akan ada beberapa manfaat ditambah dengan:

Menghemat Data

Aplikasi tidak akan ikut mengambil koneksi baik itu Wifi maupun data seluler. Beberapa aplikasi ada yang melakukan update sendiri tanpa sepengetahuan kita. Sehingga tiba-tiba versinya jadi lebih baru ditambah ukuran aplikasi yang membengkak. Jika dimatikan, maka hal tersebut dapat dihindari.

Cara ini juga bisa menonaktifkan Whatsapp semetara. Karena terhalang atau tidak diberikan izin oleh sistem. Notifikasi akan tidak muncul, dan baru akan normal ketika kamu membukanya kembali.

Mematikan Iklan

Salah satu metode menghilangkan iklan di ponsel Xiaomi adalah mematikan izin data seluler dan Wifi. Akan tetapi hanya mematikan saat aplikasi dibuka saja, ketika aplikasi ditutup dia masih berjalan memakan data latar belakang. Selanjutnya, untuk menahan iklan tidak muncul pada aplikasi bawaan dengan cara menonaktifkan akses data latar belakang.

Menghemat Baterai

Aplikasi yang menggunakan data background pastinya sedang berjalan. Jika ada koneksi, maka aplikasi sedang menjalankan fungsinya. Ketika tidak diizinkan mengakses background data, kemungkinan aplikasi akan diam layaknya menerima jawaban dari server. Ada sedikit manfaat yaitu aplikasi terhenti membuat baterai ponsel kamu jadi lebih irit.

Penutup

Itulah cara mematikan data latar belakang Xiaomi beserta manfaat yang bakal kamu dapat. Tapi ingat, ada kekurangan jika kamu mematikannya. Misalkan Email tidak dapat terkirim atau diterima kecuali kamu membuka aplikasi Email/Gmail. Aplikasi juga tidak dapat berjalan normal jika tidak kamu buka. Konfigurasi ini mirip seperti mengaktifkan mode hemat data yang menghalangi aplikasi mengakses data latar belakang.

2 thoughts on “Cara Mematikan Data Latar Belakang Xiaomi

  1. kalo ini kurang cocok aku pakai, karena sering dapat email
    apalagi kalo email job review, eman2 kalo ga langsung dibalas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *