Cara Mengatasi Masalah Hotspot Redmi 9T

  • 3 min read
  • Sep 11, 2021
masalah hotspot redmi 9t

Masalah hotspot Redmi 9T merupakan sebuah rangkaian bug yang dialami ponsel Xiaomi dengan stereo speaker ini. Kendala yang dihadapi adalah tidak Cuma satu, tetapi bagian hotspot atau konektivitas Wifi bermasalah cukup mengganggu penggunaan. Droidinside akan membahas beberapa masalah tersebut dan solusi untuk mengatasinya.

Bug Setelah Update Pada Xiaomi Redmi 9T

Xiaomi Redmi 9T masuk kategori ponsel jaman now yang terus mendapatkan pembaruan perangkat lunak. Ditandai dengan versi MIUI 12 untuk versi Android 10 memiliki ekor 6 (12.0.6). Dan sebagian pengguna sudah mendapatkan MIUI 12.5 dengan basis Android 11.

Pembaruan perangkat lunak nggak cuma fix masalah yang ada di ponsel. Tapi bisa jadi membawa masalah baru yang mungkin menjengkelkan. Beberapa masalah tersebut diantaranya adalah:

  • Hotspot tidak mau hidup, dan ketika dihidupkan beberapa detik kemudian mati sendiri
  • Hotspot sangat lama hidupnya, bahkan tidak respon ketika diketuk dari Quick Access
  • Wifi juga mengalami masalah yang serupa
  • Saat berhasil menggunakan Wifi, sinyalnya lemah. Padahal dekat dengan sumber Wifi atau Hotspot. Ini menyebabkan Wifi terputus sendiri jika jarak cukup jauh. Padahal dibandingkan dengan ponsel lain sinyalnya tidak selemah itu.

Beberapa masalah hotspot Redmi 9T tersebut berhubungan dengan konektivitas jaringan. Disebabkan oleh bug pada sistem untuk mereka yang telah update. Sebagian pengguna merasakan posisi hp masih baru masalah tersebut sudah ada. Maka dari itu seharusnya diperlukan beberapa upaya untuk mengatasinya.

Menurut admin, masalah bug pada hotspot ini keseluruhannya disebabkan oleh software semata. Bukan hardware, karena beberapa pengguna yang mencoba mengatasinya membuktikan masalah dapat diselesaikan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah hotspot Redmi 9T? Ulasannya dari Droidinside.

Cara Mengatasi Masalah Hotspot Redmi 9T

Masalah yang menyertai hotspot ponsel Redmi 9T adalah pada Wifi dan Bluetooth. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang berhubungan dengan konektivitas nirkabel. Seperti kita tahu, koneksi Wifi bisa terganggu akibat Bluetooth karena sama-sama menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Selain itu, ketiga perangkat mengalami tidak bisa hidup, mati dalam waktu sebentar setelah hidup dan lain-lain. Beberapa cara mengatasinya adalah:

1. Ubah Pita Frekuensi/AP Band

Redmi 9T dibekali dengan spesifikasi Wifi AC/Dual Band. Ini berarti kita bisa pake Wifi 5 GHz, untuk melakukan Tethering. Gunakan jenis pita ini untuk mengatasi masalah Hotspot yang tidak bisa hidup dikarenakan crash dengan perangkat Bluetooth. Caranya:

  • Buka Setelan
  • Hotspot Portable
  • Atur Hotspot Portable
  • Pilih AP Band
  • Ketuk pada Pita Frekuensi 5.0 Ghz

Selain mengatasi masalah, Wifi jenis ini lebih cepat dari biasanya. Namun tidak semua perangkat dapat membaca frekuensi Wifi 5 Ghz. Hanya perangkat dengan spesifikasi yang sama bisa menggunakan Wifi ini.

2. Reset Pengaturan Jaringan

Dapat dilakukan dengan membuka Setelan ponsel. Pilih Koneksi & Berbagi, selanjutnya pilih menu Setel ulang Wifi, Jaringan Seluler dan Bluetooth. Ini akan menghapus jaringan Wifi tersimpan yang pernah terhubung. Setelah penyetelan ulang, hidupkan ulang ponsel kamu. Cara mengatasi masalah hotspot Redmi 9T yang satu ini paling umum dilakukan untuk mereset bagian jaringan saja, bukan keseluruhan hp seperti cara nomor 4.

3. Update Versi MIUI

Beberapa pengguna bermasalah pada MIUI 12.0.2 (ekor 2), ada yang ekor 4, dan ekor 6. Sebagian setelah mereka update, masalah teratasi. Sebagian juga setelah update malah muncul masalah hotspot pada ponsel Redmi 9T mereka. Versi ekor 6 memang yang paling baru, namun masih memunculkan masalah yang telah dijelaskan diatas. Salah satu solusi agar tidak ada lagi masalah adalah melakukan pembaruan versi MIUI ke versi (ekor) yang lebih tinggi melalui pengaturan.

Dapat dilakukan dengan membuka Setelan – Tentang Ponsel – Klik versi MIUI – Secara otomatis memeriksa pembaruan. Klik Unduh Pembaruan dan tunggu hingga selesai. Pastikan baterai lebih dari 60% ketika update. Gunakan koneksi internet bila perlu Wifi yang kencang dan stabil.

Jika sudah berada di versi paling atas namun kelemahan atau bug pada Hotspot, Bluetooth masih terjadi. Gunakan cara nomor 1, 2 dan 4 untuk mengatasinya.

4. Setel Ulang Ke Pengaturan Pabrik

Cara mengatasi masalah hotspot Redmi 9T selanjutnya adalah reset ponsel seperti layaknya menjadi baru dari pabrik. Ini akan menghapus konfigurasi yang tertanam pada sistem untuk menghandle hardware Hotspot yang dalam hal ini menjadi satu dengan Bluetooth. Persiapkan data di penyimpanan internal ponsel untuk dipindah terlebih dahulu, karena akan hilang setelah setel ulang.

Itulah beberapa langkah dalam mengatasi masalah hotspot Redmi 9T. Semoga bermanfaat, dan kamu bisa lepas dari masalah tersebut. Jika belum, bawa aja ke Service Center Xiaomi untuk ditangani pihak yang berkompeten (jika masih masa garansi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *