Cara Mengatasi Logo Headset Di Xiaomi Tidak Hilang

  • 3 min read
  • Jun 02, 2021
logo headset di xiaomi tidak hilang

Droidinside berbagi beberapa cara menghilangkan logo headset di Xiaomi yang kamu miliki. Ada beberapa penyebab sehingga logo headset tidak kunjung hilang meskipun sudah dicabut.

Salah satunya adalah colokan jack ke headset atau speaker tidak sesuai. Ada yang terlalu pendek atau terlalu panjang sehingga membuat sistem bermasalah mendeteksinya. Akhirnya, ikon headset muncul terus tanpa bisa hilang. Biasanya hal ini sering terjadi pada ponsel Xiaomi dan banyak dikeluhkan oleh pengguna setelah mencolokkan Jack audio ke speaker aktif maupun headset bias. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya?

Cara Menghilangkan Logo Headset Di Xiaomi

1. Hidupkan Ulang Ponsel

Cara yang biasanya diterapkan untuk mereka yang mengalami masalah sistem pada ponsel. Setelah melakukan hal ini, sistem akan merefresh kembali termasuk ikon di Status Bar akan kembali seperti semula.

Jika tidak ada kerusakan yang berarti pada hardware ponsel, biasanya cara ini berhasil menghilangkan logo headset di Xiaomi. Ditandai dengan memutar musik tetap bisa dilakukan menggunakan speaker ataupun

2. Reset Ke Pengaturan Pabrik/Update Versi Software

Jika kamu masih bisa mendengarkan musik lewat speaker biasa dan menggunakan headset juga tetap bisa artinya suara normal. Namun logo headset masih nangkring di status bar meski udah restart ponsel, sepertinya ada yang salah dengan software ponsel kamu.

Karena ikon tidak bisa dihilangkan dengan restart biasa, kamu bisa reset ke pengaturan pabrik. Buka Setelan – Setelan Tambahan – Cadangan & Setel Ulang – Kembali Ke Setelan Pabrik untuk ponsel Xiaomi dengan MIUI 11 kebawah android 9 kebawah. Sedangkan untuk model yang lebih baru di Tentang Ponsel – Cadangkan & Setel Ulang – Hapus Semua Data (reset ke pabrikan).

Pastikan kamu sudah menghapus pin/pola penguncian dan ingat email ponsel. Sehingga nanti tidak bermasalah waktu setelah reset ke pengaturan pabrik. Update software juga ada di Tentang Ponsel pada beberapa ponsel logo ini karena masalah versi software, jadi perlu diupdate.

3. Memancing Logo Headset Di Xiaomi Agar Hilang

Ada cara yang bisa kamu terapkan sebelum kembali ke pengaturan pabrik. Yaitu memasukkan dan mengeluarkan jack colokan headset secara berulang-ulang. Ini dilakukan sampai ikon headset di status bar hilang.

Lakukan saat kamu mendengarkan musik, jika suara merespon dengan baik yaitu berpindah suara dari speaker ke headset ketika di play ulang. Dan logo masih ada, berarti 2 cara sebelumnya bisa kamu terapkan juga.

4. Menggunakan Aplikasi Switch Untuk Berpindah Output Suara

Jika logo headset masih ada dan kamu coba mendengar musik lalu suara tidak muncul dari speaker ponsel. Kamu bisa menggunakan aplikasi Switch yang fungsinya untuk memindahkan keluaran suara dari headset (output jack audio) ke speaker aktif di ponsel. Langkahnya:

  • Cari dan lakukan pemasangan aplikasi Lesser AudioSwitch
  • Tunggu prosesnya dan setelah selesai buka aplikasinya
  • Klik pada Speakers dibagian tengah layar
  • Maka output suara akan berubah menjadi speaker
    mengatasi xiaomi mode headset

Aplikasi ini cukup ringan karena berukuran dibawah 5 Mb. Memang bentuknya kelihatan cukup rumit. Tapi tinggal klik ke jenis output suara di bagian tengah. Aplikasi lain dengan fungsi yang sama yaitu:

  • Headset toggle
  • Enable headset
  • Headset Speaker Toggle

5. Membersihkan Lubang Jack

Cara mengatasi logo headset di Xiaomi tidak mau hilang yang satu ini jika memang ada indikasi kerusakan pada lubang jack. Bersihkan dengan Cotton Bud (pembersih telinga) dengan perlahan dengan gerakan memutar dan jangan terlalu keras bila perlu ganti beberapa kali. Gunakan jenis Cotton Bud yang tidak mudah lepas dari gagangnya.

Cara selanjutnya yang lebih beresiko namun bagi beberapa pengguna Worth It adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Teteskan Cotton Bud dengan minyak kayu putih (sangat sedikit) dan mulai membersihkan lubang jack. Sedikit pengguna merasa logo headset di Xiaomi kembali normal akibat lubang yang kotor.

Ada juga yang menerapkan minyak ini ke colokkan jack. Colokkan dilumuri kemudian dimasukkan ke lubang lalu diputar-putar dengan pelan. Pembersihan lubang jack dilakukan ketika ponsel Xiaomi dimatikan. Cara ini sebenarnya cukup beresiko karena dapat merusak komponen dalam ponsel.

6. Bawa Ke Tukang Servis

Apabila logo headset tidak kunjung hilang disertai dengan suara tidak bisa keluar meski sudah pakai cara diatas. Artinya kerusakan pada IC audio yang menyebabkan logo headset di Xiaomi tidak bisa hilang. Bahkan dampaknya ponsel tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali. Harus dibawa ke Service Center atau tukang servis langganan terpercaya di kota kamu.

Masalah logo yang nggak bisa hilang ini muncul karena:

  • Mengangkat telepon ketika sedang terhubung ke speaker
  • Tegangan tinggi dari speaker aktif merusak IC Audio ponsel Xiaomi
  • Lubang jack kemasukkan air atau cairan lainnya
  • Kelebihan suhu/overheat merusak komponen audio

Penutup

Sebelum memvonis kerusakan pada IC yang sering terjadi pada ponsel Xiaomi yang dicolokkan ke jack speaker aktif. Beberapa cara diatas dapat digunakan sebagai langkah awal memperbaiki tidak hilangnya logo headset di Xiaomi. Intinya usaha terakhir adalah ganti IC Audio yang harganya sekitar 100 ribuan. Namun seringkali biaya totalnya lebih dari itu. Artinya kamu membayar biaya jasa penggantian part tersebut dan bukan mark up harga dari tukang servis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *