Atasi Login Wifi ID Tidak Muncul Di Android

  • 3 min read
  • Des 04, 2020
atasi Login Wifi ID Tidak Muncul Di Android

Pernahkah kamu ingin wifian, tapi Login Wifi ID tidak muncul di Android alias keluar portal untuk masuk ? Hal ini sering membuat kita frustasi, jauh jauh datang ke Wifi ID kota pas udah beli vouchernya tapi tidak bisa login. Padahal ada banyak hal yang ingin dilakukan dengan koneksi cepatnya.

Masalah Login Wifi ID Tidak Muncul Di Android

Ketika kita datang ke area Wifi ID di pusat kota misalnya. Kita akan membeli voucher terlebih dahulu. Biasanya menggunakan pulsa atau ke pos satpam untuk mendapatkannya.

Setelah mendapat id dan kata sandi untuk masuk, melalui SMS atau gosok voucher. Lalu mulai menghidupkan Wifi pada perangkat android. Kemudian memilih Wifi ID untuk dikoneksikan. Dalam beberapa detik setelah kamu terkoneksi dengan wifi kencang tersebut akan terbuka sebuah halaman pop up yang muncul untuk kemudian diisi ID dan kata sandi yang telah dibeli tadi.

Masalah yang terjadi adalah login Wifi ID tidak muncul di Android. Seharusnya pop up mirip iklan ini akan terlihat memenuhi layar android kamu setelah tertaut Wifi ID. Sebuah masalah yang seringkali ditemukan oleh banyak pengguna. Bahkan sering juga dialami oleh admin.

Login Wifi ID tidak muncul juga seringkali dialami oleh pengguna komputer. Tepat setelah terkoneksi dengan Wifi ID seharusnya muncul. Ada hal yang sama-sama melatarbelakangi terjadinya masalah ini di android, beberapa diantaranya:

  • Koneksi Wifi ID sedang down. Jika koneksi tempat tersebut sedang tidak baik, data yang terkirim pada server ke android juga tidak bagus. Maka dari itu, portal login Wifi ID tidak mau muncul.
  • Terlalu banyak wifi yang tersambung di perangkat. Android yang terlalu banyak menyimpan sandi wifi tidak dapat terkoneksi pada wifi baru atau mengalami error.
  • Terjadi kesalahan pada Captive Portal Login android. Sebuah aplikasi yang menghandle laman untuk memunculkan login Wifi ID tidak muncul di android dapat terjadi karena error.

Cara Mengatasi Login Wifi ID Tidak Muncul Di Android

Berikut ini admin memberikan beberapa tips untuk mengatasi portal login Wifi ID yang tidak mau muncul setelah mengkoneksikan ke android. Dimulai dari cara yang sederhana sampai yang paling teknis:

1. Melakukan Restart Ponsel Android

Cara yang paling mudah dan bisa dilakukan pada android kamu jika portal login Wifi ID tidak muncul. Sistem akan melakukan penyegaran pada perangkat wifi dan aplikasi yang digunakan untuk menghandle nya.

2. Memastikan Koneksi Wifi ID Prima

Kamu perlu tahu dahulu apakah koneksi internet Wifi ID yang kamu kunjungi bagus atau tidak. Bisa menanyakan orang yang sedang browsing di tempat tersebut. Saat jumlah pengguna sangat banyak, ada beberapa Wifi ID yang tidak kuat menampung. Sehingga apabila ada klien baru yang ingin login akan ditolak oleh sistem. Sehingga halaman portal login tidak keluar.

Saat Wifi ID mengalami error sistem, pihak teknisinya mungkin jarang/tidak ada yang memberi tahu. Sehingga kamu bisa menanyakan apakah ada masalah dengan koneksi yang ada.

3. Melakukan Penghapusan Data Aplikasi Captive Portal Login

Ini adalah cara yang cukup ampuh untuk mengatasi login Wifi ID tidak muncul di Android. Kamu perlu menghapus data aplikasi maupun cache pada aplikasi ini. Menghapus data aplikasi/cache ini adalah aman dan cukup direkomendasikan. Error yang terjadi pada aplikasi ini menyebabkan kamu tidak bisa login.

Caranya cukup mudah dengan menemukan pengaturan/setelan aplikasi pada ponsel android kamu. Selanjutnya mencari aplikasi bernama Captive Portal Login (nama hampir sama di semua ponsel android). Hapus cache aplikasi tersebut, jika perlu hapus datanya.

aplikasi portal login wifi

Tidak ada kelemahan yang ditimbulkan dari menghapus data aplikasi ini. Bahkan ketika kamu sudah login pada Wifi ID. Saat sudah beberapa waktu, kamu tidak menggunakan koneksi internet maka kamu akan butuh untuk login seperti biasa lagi.

Penutup

Mengatasi login Wifi ID tidak muncul di android dapat juga kamu lakukan untuk wifi lain. Apabila wifi tersebut saat terkoneksi membuka laman pop up untuk login, dan terjadi masalah yang sama. Solusi diatas dapat kamu terapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *