Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon! Atasi berikut ini

  • Mimin Droid
  • Jul 27, 2022

Pernahkah kalian mengalami Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon? Seharusnya pernah! Jika kamu sudah menggunakan Android setelah sekian lama.

Hampir semua ponsel android menggunakan layar sentuh. Masalah Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon pun beragam penyebabnya. Butuh banyak pengecekan untuk mengenali masalah seputar kendala layar sentuh tidak merespon

Namun tidak semua pengguna dapat mengecek satu persatu untuk permasalahan seputar layar sentuh tersebut, butuh pengalaman dan informasi untuk dapat mengenali dan mengatasi permasalahan tersebut.

Lalu bagaimana cara memperbaiki Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon? dan Bagaimana cara merawat layar agar bisa bertahan lebih lama. Simak artikel dibawah ini.

Kenali Layar Sentuh

Sebelum ke tutorial cara mengatasi layar sentuh tidak merespon, sebaiknya kamu kenalan dahulu layar sentuh, seperti jenis layar apa dan apakah ada kerusakan fisik di layar tersebut. Berikut adalah beberapa poin yang bisa kamu ambil untuk mengenali layar sentuh ponsel android kamu.

  • Rusak Fisik: Periksa Layar apakah ada Retakan, goresan dll. Kamu bisa membersihkan total layar dan melepas softcase untuk mengecek secara detail.
  • Dead Pixel: ditandai dengan titik hitam kecil pada layar sentuh kamu, kamu bisa mengeceknya dengan mengganti wallpaper layar kamu dengan wallpaper warna putih polos
  • White Spot: kalau ini kebalikan dari dead pixel, ditandai dengan warna putih, bisa dimulai dari titik putih atau warna putih di pojok layar, caranya bisa menggunakan wallpaper dengan warna gelap contohnya hitam
  • Ghost touch: ini adalah masalah layar sentuh kamu terkadang menekan sendiri, permasalahan ini bisa karena bawaan ROM, bisa karena gagal produk, bisa juga karena sudah pernah ganti layar sentuh.
  • Layar sentuh rusak: rusak ini bisa diartikan karena pemakaian yang sudah lama dan bisa juga karena penggantian layar baru yang kurang presisi. yang menyebabkan layar sebagian tidak bisa disentuh.
Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon

Cara Mengatasi Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon

Jika sudah mengenali layar kamu, berikut ini adalah beberapa langkah cara mengatasi layar sentuh HP Android tidak merespon.

Kalibrasi layar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan kalibrasi layar kamu. Kamu bisa manggunakan aplikasi Display Calibration. Kamu juga bisa melakukan kalibrasi di ponsel Xiaomi dengan DIAL: *#*#64663#*#*

kalibrasi layar android

Cek Touchscreen

Ada 2 metode yang bisa kamu lakukan. Yaitu cek touchscreen menggunakan DIAL code (khusus Xiaomi) dan dengan menggunakan aplikasi

Cara cek Touchscreen Xiaomi

Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon
  • Dial code : *#*#64663#*#*
  • Pilih TouchPad
  • Ikuti panduan dengan menggaris mulai dari titik atau icon bulat

Cara cek Touchscreen android dengan aplikasi

Cara cek Touchscreen android dengan aplikasi
  • Download di PlayStore “Touchscreen Test
  • Ikuti panduan untuk pengecekan

Cek Touch

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek touch dan jumlah touch, caranya kamu bisa menggunakan aplikasi Multitouch tester. Nah jika ponsel kamu menekan sendiri nanti akan ketahuan saat kamu menjalankan aplikasi tersebut.

Cek Touch

Melepas Screen Guard atau Tempered Glass atau pelindung layar

Melepas Screen Guard atau Tempered Glass atau pelindung layar

Mimin paham beberapa ponsel android kamu pasti menggunakan pelindung layar yang mahal, jadi merasa rugi jika merusak pelindung layar tersebut. Mimin pernah merasakan hal itu, tapi setelah dicoba ternyata permasalahannya ada di pelindung layar.

Reset Pabrik

Cara ini mungkin kurang direkomendasikan, karena kamu harus backup dulu data, tapi langkah ini juga patut kamu coba untuk mengatasi Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon.

Update/Downgrade ROM

Tidak semua update ROM dari ponsel kamu baik, terkadang update ROM itu memperbaiki masalah/BUG sebelumnya tapi muncul BUG baru. Contoh AZMPM1 saya ketika full update dapat masalah ghost touch

Nah! Itulah cara atasi Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon, metode diatas bisa kalian coba satu persatu

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.