Atasi Layar Mati Saat Mendengarkan Pesan Suara Whatsapp

  • 3 min read
  • Mei 24, 2021
layar mati saat mendengarkan pesan suara whatsapp

Ada pengguna yang mengalami layar mati saat mendengar pesan suara Whatsapp di ponsel mereka. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Sensor Jarak Mematikan Layar Otomatis

Pernahkah kamu juga memperhatikan saat menerima telepon, baik itu menggunakan pulsa atau data seperti menelpon di Whatsapp layar ponsel mati ketika didekatkan ke telinga ? Ini merupakan kejadian yang sama membuat layar mati saat mendengarkan pesan suara Whatsapp.

Sistem kerja android dengan sensor Proximity akan membuat layar otomatis mati. Terjadi apabila sensor jarak ini mendeteksi benda yang terlalu dekat dengannya. Maka dari itu ketika digunakan untuk menelpon layar otomatis mati dan akan kembali hidup seperti biasa saat dijauhkan.

Whatsapp memanfaatkan fungsi sensor ini untuk mendengarkan pesan suara. Untuk menjaga privasi, bahkan pesan suara bisa didengarkan dari telinga menggunakan speaker di bagian atas layar. Biasanya pesan suara akan dimainkan dengan suara loudspeaker. Apabila isi pesan cukup penting dan sensitif, kamu bisa mendengarkannya dengan speaker kecil yang biasanya untuk menelpon.

Namun, masalah pada sensor Proximity inilah yang menyebabkan layar mati saat mendengarkan pesan suara Whatsapp. Apa saja yang dapat menjadikan solusi atas masalah ini?

Mengatasi Layar Mati Saat Mendengarkan Pesan Suara Whatsapp

Setelah mengetahui yang menjadi penyebab masalah layar mati saat mendengarkan pesan suara ini, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar layar tidak otomatis mati.

Hidupkan Ulang Ponsel

Cara pertama ini untuk membersihkan cache yang dikumpulkan pada sensor jarak. Sehingga kembali bersih dan tidak ada masalah lagi. Biasanya setelah menghidupkan ulang ponsel, sensor kembali normal dan pesan Whatsapp dapat dibuka seperti biasa dengan speaker.

Lepaskan Cover Belakang Atau Tempered Glass Tidak Layak

Baik itu penutup Softcase maupun Hardcase ponsel ada yang sampai menutupi Bezel atau pinggiran layar. Cover jenis ini sebenarnya bagus karena dapat melindungi layar jika jatuh dari depan. Namun jenis case yang tidak proporsional alias menutupi area sensor jarak dapat menyebabkan layar mati saat mendengarkan pesan suara Whatsapp juga. Beberapa case yang harganya sangat murah ada yang gak presisi jadi menyebabkan masalah ini.

Tempered Glass sebagai perlindungan layar kedua jika sudah pernah jatuh direkomendasikan untuk diganti. Kalau ada retakan di bagian sensor jarak di bagian atas dapat mengganggu fungsi semestinya. Apalagi sampai debu bisa masuk lalu menghalangi sensor.

Membersihkan Permukaan Depan Layar Secara Rutin

Setelah cover dan kaca pelindung dilepas, bersihkan seluruh permukaan layar dengan kain lembut. Bila perlu lakukan pembersihan layar secara rutin terutama pada bagian sensor Proximity.

Kondisi lingkungan yang sangat berdebu perlu perhatian khusus. Debu kecil yang menutupi sensor dapat menyebabkan masalah ini.

Menekan Bagian Sensor Jarak

Pada saat membersihkan bagian layar dengan sensor Proximity menggunakan kain lembut. Bisa diiringi dengan menekan-nekan bagian tersebut secara lembut. Ini diterapkan jika sensor masih ngeyel mendeteksi objek di depannya padahal tidak ada satu apapun. Menekan dengan keras tidak direkomendasikan, tekan perlahan dengan lembut.

Sebagian pengguna yang menerapkan hal ini pada ponsel Xiaomi mereka, mendapati masalah layar mati saat mendengarkan pesan suara Whatsapp membuatnya kembali normal.

Kalibrasi Sensor Proximity

Pada ponsel Xiaomi, kamu bisa melakukan kalibrasi sensor ini. Proses kalibrasi adalah melihat kemampuan ponsel mendeteksi jarak sampai beberapa cm saja menggunakan tangan. Setelah melakukan ini biasanya sensor akan kembali normal fungsinya.

Menghapus Data Aplikasi Dan Reset Ke Pengaturan Awal/Pabrik

Beberapa pengguna mencoba menghapus cache dan data aplikasi Whatsapp. Mungkin tidak ada hubungannya dengan sensor jarak pada ponsel. Namun ini juga bisa kamu coba terapkan.

Langkah terakhir adalah mereset ke pengaturan pabrik. Hal ini dibutuhkan apabila ada masalah dengan sistem pada ponsel. Bisa juga setelah update perangkat lunak menyebabkan masalah pada sensor ini karena bug versi firmware yang digunakan. Mereset dapat mengembalikan fungsi sistem seperti sedia kala.

Penutup

Layar mati saat mendengarkan pesan suara Whatsapp juga merupakan masalah yang sama dengan munculnya pesan jangan menutup area earphone. Perlu membersihkan bagian sensor jarak yang ada dekat speaker telinga yang biasanya digunakan untuk menelpon.

Apabila terjadi kerusakan pada sensor ini sebenarnya sudah tidak berfungsi dengan baik. Namun jika masih terjadi masalah, kamu bisa mengakses pesan suara di folder Internal – Whatsapp – Media – Whatsapp Audio. Disana kamu bisa memutar menggunakan pemutar musik bawaan meskipun berekstensi opus, ini tidak akan melibatkan sensor jarak seperti pada Whatsapp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *