Tips Atasi Layar Kunci Xiaomi Kembali Ke Default

Setelah update ke MIUI 12, beberapa user mengalami masalah layar kunci Xiaomi kembali ke default. Hal ini juga terjadi pada Wallpaper secara terus menerus. Jadi pas pake tema hasil download, terus kita ubah gambar untuk Lockscreen atau layar kunci dan Wallpaper. Gambar bakalan balik lagi ke awal (bawaan tema) atau default sistem.

Ya padahal layar kunci mau kita ganti ke yang lebih keren. Atau kita pengen ubah gambar saat layar terkunci berbeda dengan bawaan tema. Lalu bagaimanakah cara mengatasi masalah ini? Droidinside berikan solusinya untuk kamu.

Penyebab Layar Kunci Xiaomi Kembali Ke Default

Salah satu tanda masalah ini adalah munculnya pemberitahuan ” Tema Anda saat ini mengandung Kunci layar khusus. Kami akan menggantinya dengan layar kunci bawaan jika Anda menerapkan wallpaper ini. Tetap diterapkan ?” atau peringatan dalam bahasa Inggris: Your current theme contains a custom Lock screen. We’ll replace it with the default Lock screen if you apply this wallpaper. Apply anyway>

Artinya tema yang sedang kamu pakai saat ini punya tampilan layar kunci yang khusus. Contohnya adalah ketika kamu menerapkan tema untuk mengubah animasi Charging Xiaomi. Kalau di MIUI 11, pake tema dengan layar kunci khusus tidak akan masalah jika diganti. Nah, saat udah naek ke MIUI 12 (12.5 juga) masalah atau bug ini muncul. Mau diganti sebanyak apapun, gambar layar kunci bakalan ganti lagi.

Kejadian ini juga sama saat ingin mengganti Homescreen atau layar utama. Gak cuma layar kunci Xiaomi kembali ke default, tapi Wallpaper juga bisa gitu, balik ke bawaan lagi (sesuai tema). Bukannya malah bikin ribet yak mau ganti gambar depan aja.

Lah itu, masih mending karena sistem ngasih peringatan kayak gitu. Pada beberapa kasus, gak ada informasi setelah ganti gambar layar kunci. Notifikasi singkat, layar kunci berhasil diterapkan (lockscreen) atau layar utama berhasil diterapkan (home screen). Setelah beberapa kali layar dimatikan lalu dihidupkan, gambar balik lagi ke awal. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini?

Cara Mengatasi Layar Kunci Xiaomi Kembali Ke Default (Dan Wallpaper)

Beberapa cara bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Bug ini kayaknya kurang disadari oleh pengguna. Apalagi pengguna kayak admin yang jarang gonta ganti gambar Wallpaper atau layar kunci. Terlepas dari itu, berikut ini beberapa solusinya.

1. Uninstal Pembaruan Aplikasi Tema

Cara atasu layar kunci Xiaomi kembali ke default pertama ini gak 100% berhasil untuk semua pengguna ponsel Xiaomi yang udah up antarmuka ke MIUI 12. Ada yang berhasil di MIUI 12 ekor berapa gitu, dan ada yang gak berhasil. Tapi bisa kamu coba siapa tahu berhasil di hp Xiaomi kamu. Langkahnya:

  • Buka aplikasi Setelan
  • Pilih Apl
  • Kelola Aplikasi
  • Cari dan klik Tema
  • Ketuk Uninstal Pembaruan
  • Klik Oke

Cobalah untuk ganti ke tema kesukaan kamu. Lalu ubah gambar untuk Wallpaper atau layar kunci sesuai keinginan. Semoga bisa berhasil, gak balik ke gambar bawaan/default.

2. Memasukkan Gambar Manual Ke Folder Tema

Cara mengatasi layar kunci Xiaomi kembali ke default adalah memodifikasi file di dalam folder tema sistem. Cara ini sebenarnya agak ribet sih. Karena harus ganti nama gambar yang pengen kamu jadiin layar kunci atau Wallpaper sesuai sistem. Jadi biar sistem gak otomatis ngubah gambar. Berikut ini langkahnya:

  • Siapkan gambar atau Gif yang akan dijadikan layar kunci
  • Buka aplikasi File Manager
  • Tekan dan tahan gambar yang akan dijadikan layar kunci, pilih Salin
  • Klik 3 garis pojok kiri atas – Setelan – Aktifkan Tampil Berkas Tersembunyi
  • Buka folder Internal – MIUI – Theme – .data – Content – Lockscreen
  • Tekan dan tahan file dengan nama panjang akhiran .mrc
  • Lainnya – Ganti Nama
  • Salin semua nama file tersebut (sampai .mrc nya)
  • Setelah itu, ganti akhiran/formatnya jadi .jpg
  • Lalu, file gambar kamu diubah namanya dengan tempel (sesuai dengan hasil salin)
  • Abaikan jika ada peringatan saat mengubah nama
  • Selanjutnya buka aplikasi Tema
  • Lalu terapkan lagi tema terakhir yang digunakan
  • Kunci layar, lalu hidupkan layar. Gambar akan berubah sesuai dengan keinginan kamu
cara mengatasi wallpaper xiaomi kembali ke default

Untuk mengganti Wallpaper caranya sama seperti Lockscreen diatas. Bedanya kamu perlu mengganti nama file bawaan menjadi file gambar kamu pada folder: MIUI – Theme – .data – Content – Wallpaper. Setelah diganti namanya, terapkan ulang tema yang kamu gunakan terakhir. Jadi jangan lupa sebagai finishing cara atasi layar kunci Xiaomi kembali ke default ini.

Apabila terlalu banyak file .mrc pada folder tersebut. Berarti menunjukkan banyaknya gambar Wallpaper dan Lockscreen terpasang di dalam aplikasi Tema. Kamu bisa menghapus semuanya dari aplikasi Tema pada saat memilih Lockscreen atau Wallpaper. Sisakan 1 dari tema yang ingin kamu ganti saja. Sehingga hanya ada 1 file pada folder Content – Wallpaper/Lockscreen.

Cara mengatasi layar kunci Xiaomi kembali ke default atau bawaan Tema ini paling manjur. Bisa diterapkan untuk tema-tema bukan bawaan. Artinya kamu ingin memodifikasi tema agar gambar Wallpaper atau Lockscreen nya bisa diganti. Kasus ini bisa diterapkan pada Tema yang punya layar kunci khusus.

3. Mengganti Gaya Kunci Atau Wallpaper Dari Tema Lain

Jadi karena mengubah gambar layar kunci dan Wallpaper dengan gambar sendiri tidak bisa, kamu harus mengubahnya secara manual melalui file manager diatas. Tapi, sebenarnya lebih mudahnya adalah kamu mengunduh tema lain yang ingin kamu ambil layar kunci/wallpapernya saja bisa. Ini tidak perlu mengganti nama yang cukup ribet. Unduh Wallpaper atau Tema lain untuk diterapkan gaya kuncinya melalui Tema – Gambar Orang – Kostumisasi Tema – Gaya Kunci – Pilih dari tema lain.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi layar kunci Xiaomi kembali ke default karena tema khusus. Lebih mudah untuk mengganti berbagai elemen tema menggunakan tema dari lainnya yang telah diunduh.

Tinggalkan komentar