Lagu Tidak Terbaca di Pemutar Musik Android

  • Mimin Droid
  • Agu 12, 2022

Pemutar musik merupakan salah satu media hiburan yang tergolong media favorit sampai saat ini. Lalu bagaimana jika lagu Mp3 kamu tidak terbaca oleh pemutar lagu di ponsel kamu. Langkah terbaik untuk mengatasi lagu tidak terbaca di pemutar musik android adalah mengikuti panduan dari droidinside sebagai berikut ini.

File Audio sebenarnya banyak sekali format atau eksistensinya beberapa contohnya adalah .mp3, .wav, .m4a, dan masih ada beberapa lainnya, tetapi sebagian besar pengguna atau pengoleksi lagu banyak yang menggunakan format itu.

Berbeda di jaman ponsel masih java dan symbian, sekarang di era smartphone kita sekarang tidak terlalu memikirkan besarnya kapasitas dalam satu lagu saja, karena ponsel kita sudah tersedia internal dan slot microSD yang siap menampung lagu MP3 kamu dengan kualitas HD.

Lalu bagaimana solusi jika lagu tidak terbaca di pemutar musik android, berikut kita adakan mengupas tuntas dan kasih solusi yang mungkin bisa membantu kalian semua

Lagu Tidak Terbaca di Pemutar Musik Android

Lagu Tidak Terbaca di Pemutar Musik Android

Periksa MicroSD

Jika lagu kamu berada di Sdcard atau microSD, cobalah untuk melepasnya lalu memasangnya kembali, cobalah lagi untuk mengecek apakah lagu tersebut masih ada atau tidak.

Masalahnya bermacam-macam untuk perihal di SDcard saja, berikut prediksi Lagu Tidak Terbaca di Pemutar Musik Android:

  • SD card full
  • SDcard rusak
  • MicroSD terkena Virus
  • SDcard mau rusak, jadi seperti diambang kematian, dimasukin file tidak bisa, format juga tidak bisa.

Update Aplikasi

Cara mengatasi Lagu Tidak Terbaca di Pemutar Musik Android kedua adalah. Coba cek seperti biasa di google Play Store, apakah aplikasi pemutar musik kamu butuh pembaruan, jika ada tombol pembaruan, maka cobalah untuk perbarui aplikasi tersebut.

Uninstall Aplikasi

Cobalah untuk menghapus aplikasi pemutar lagu kalian, lalu coba install aplikasi tersebut langsung dari PlayStore.

Jika Aplikasi pemutar musik kamu tidak bisa dihapus, atau aplikasi bawaan ponsel, cobalah untuk hapus data dan hapus cache/riwayat lalu cobalah restart lalu ulangi jalankan aplikasi tersebut.

Ganti Aplikasi

Jangan terlalu mencintai satu pemutar musik saja, cobalah untuk mengganti aplikasi pemutar musik lainnya, supaya kamu bisa tahu yang rusak aplikasi atau file mp3 atau file lagunya.

Contoh saja menggunakan aplikasi Joox MOD atau Spotify yang bajakan, ujung-ujungnya kena banned dan tidak bisa memutar lagu lagi :v

Pindah File

Mungkin saja bisa jadi aplikasi pemutar musik tidak bisa mencari lebih jauh file tersebut, cobalah untuk memindah file mp3 ke tempat yang lebih mudah dicari, contoh saja di internal storage langsung buat folder bernama MP3, lalu pindah semua lagi di folder tersebut.

Ganti Format Audio

Cobalah ganti format audio yang mendukung, contoh saja jika sebelumnya file tersebut m4a, maka cobalah untuk convert ke file Mp3, file mp3 juga masih dipisah-pisah tergantung ukurannya contoh 128bit, 256bit dll, semakin besar bit maka akan semakin besar pula kapasitas filenya.

Jika mau riset saja tidak perlu pusing, cari saja link youtube langsung download menggunakan youtube to mp3, langsung saja putar di ponsel kamu

Reset Pabrik atau Factory Reset

Jika cara diatas tidak berhasil, langkah terakhir adalah dengan mengembalikan ke pengaturan awal atau setelan pabrik, tapi sebelum kamu melakukan hal tersebut, cobalah untuk menyelamatkan data-data kamu yang penting dahulu, seperti data kontak dan data chat dan data foto mantan.

Itulah beberapa cara mengatasi Lagu Tidak Terbaca di Pemutar Musik Android semoga bermanfaat ya 😀

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.