Kunci Jaringan 4G Xiaomi

  • 3 min read
  • Mar 02, 2021
kunci jaringan 4g xiaomi

Untuk kunci jaringan 4G Xiaomi, kamu bisa melakukan beberapa langkah. Sebagian ada yang menggunakan kode dial saja. Sebagian lagi membuka pengaturan yang ada pada ponsel Xiaomi. Sebenarnya cara mengunci jaringan 4G di Hp Xiaomi ini sudah tidak relevan untuk ponsel Xiaomi keluaran diatas 2018.

Karena telah memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), sehingga bisa dipastikan sinyal 4G bisa turun ke 3G atau H dan dapat kembali ke 4G lagi tanpa melalui berbagai proses.

Dengan syarat Ponsel sudah 4G, Kartu SIM sudah 4G, dan terdapat jaringan 4G kamu bisa mengunci jaringan ponsel Xiaomi menjadi hanya 4G saja.

Manfaat Mengunci Jaringan 4G Di Xiaomi

Terhitung sejak Redmi 4A (awal Februari 2017) sudah TKDN, sehingga sinyal 4G tidak perlu melakukan penguncian lagi (sudah tidak hilang 4Gnya). Berbeda dengan Redmi Note 2, yang 4G nya hilang karena belum TKDN.

Dengan melakukan penguncian jaringan 4G pada ponsel Xiaomi, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat, yaitu:

  • Sinyal lebih stabil
  • Lebih cepat karena koneksi 4G

Hal tersebut tergantung banyak faktor juga, memang 4G lebih cepat akan tetapi dipengaruhi oleh penyedia jasa internet. Sinyal akan difokuskan ke 4G, ini akan menguras baterai karena kondisi di berbagai tempat sinyalnya bisa berubah-ubah.

Cara Kunci Jaringan 4G Xiaomi

Secara umum, untuk kunci jaringan 4G Xiaomi bisa dibuka di pengaturan. Sebagai langkah awal yang tidak mengotak-atik setelan yang lebih dalam. Berikut ini beberapa jalan untuk mengunci jaringan tersebut:

1. Melalui Pengaturan

Cara pertama untuk kunci jaringan 4G Xiaomi adalah dengan menyetel pada umumnya, dengan:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih menu Kartu SIM & Jaringan Seluler
  • Pilih SIM (saran dipasangkan ke SIM 1 saja)
  • Tipe Jaringan Prioritas
  • Ketuk Prioritas LTE.
    ubah jaringan xiaomi 4g

Namun cara ini memang belum bisa melakukan penguncian sinyal 4G, hanya memprioritaskan sinyal. Sehingga jaringan terbaik masih akan tetap dipilih oleh sistem. Misalkan saja sinyal 4G tidak terlalu bagus, maka sistem akan tetap mengubah ke tipe jaringan dibawahnya.

2. Melalui Kode Dial

Cara ini berbeda dengan yang sebelumnya. Ponsel hanya akan mau menangkap sinyal 4G atau LTE saja. Sehingga apabila tidak ada sinyal 4G, ponsel tidak akan menurunkannya ke 3G atau H. Sinyal akan menjadi hilang atau X. Artinya ponsel lebih fokus ke jaringan yang dipilih. Langkahnya bisa memilih salah satu:

Buka papan telepon lalu dial salah satu dari kode dibawah ini:

  • *#*#4636#*#* (untuk ponsel dibawah keluaran 2018, pilih Informasi Telepon1 – Klik Setel Jenis Jaringan Yang Disukai – Pilih LTE Only)
  • *#*#3646633#*#* (untuk ponsel Xiaomi yang lebih baru, geser ke bawah pilih Network Selecting – Pilih SIM – Klik Set Preferred Network Type – Pilih LTE Only) Pada cara ini perlu mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu pada ponsel Xiaomi kamu
    lock 4g xiaomi dengan dial

3. Cara Lain Membuka Informasi Telepon

Selain menggunakan kode dial pada tutorial nomor 2, kamu juga bisa membuka Phone Info (informasi telepon) untuk kunci jaringan 4G Xiaomi melalui:

  • Buka Pengaturan
  • Tentang Ponsel (di bagian paling bawah/paling atas)
  • Ketuk pada Penyimpanan Internal sebanyak 6x
  • Menu Menguji akan muncul lalu bisa memilih Informasi Telepon
  • Setel jenis jaringan yang disukai ke LTE Only
    cara lte only xiaomi

Cara ini hanya berlaku untuk ponsel Xiaomi dibawah Redmi Note 5. Karena ponsel yang lebih baru tidak dapat mengakses menu ini lagi. Karena pada Hp yang agak lawas, tidak perlu menghidupkan Developer Option terlebih dahulu.

4. Mengubah Region/Wilayah Ke Singapura

Seperti pada kasus Redmi Note 2, bahkan tidak ada pilihan sinyal 4G pada pengaturan ponsel tersebut. Kamu perlu ubah setelan wilayah ponsel dulu sehingga bisa dengan mudah kunci jaringan 4G Xiaomi. Di ponsel tersebut, jika region belum diubah maka dial pada tutorial nomor 2 tersebut belum bisa dilakukan juga.

Setelah mengubah wilayah pada beberapa kasus, pilihan sinyal 4G akan menjadi ada lagi. Sehingga bisa dipilih di pengaturan atau di lock dengan dial.

5. Memasang File Fix 4G

Cara terakhir yang satu ini mungkin satu-satunya jalan untuk kunci Jaringan 4G Xiaomi yang produknya belum TKDN. Seperti Redmi Note 3 dengan prosesor Mediatek atau Snapdragon. Langkahnya sebenarnya simpel:

  • Mengunduh firmware recovery yang tepat (mendukung TWRP)
  • Mengunduh file TWRP dan file fix 4G
  • Pasang TWRP pada ponsel Xiaomi (Contoh Redmi Note 3 dengan mode EDL)
  • Memasang file fix 4G menggunakan TWRP recovery di ponsel
  • Restart

Cara tersebut tidak admin rekomendasikan buat kamu yang sama sekali gak ngerti oprek android. Karena bisa fatal membuat ponsel Brick, Bootloop bahkan rusak. Bawa saja ponsel kamu ke tempat servis Hp terpercaya di kota kamu. Bilang saja untuk melakukan Fix 4G. Ini akan aman, pun begitu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk urusan ini.

Penutup

Cara paling bawah untuk kunci jaringan 4G Xiaomi itu memang dikhususkan untuk ponsel Xiaomi yang belum TKDN. Ada yang mudah hanya dengan ganti bahasa, ada juga yang perlu akses Root untuk memasang file Fix 4G. Karena yang sudah TKDN cukup mudah hanya membuka pengaturan maupun lewat dial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *