3 Tips Kirim Foto Kualitas Tinggi Di Whatsapp | Droidinside

3 Tips Kirim Foto Kualitas Tinggi Di Whatsapp

  • 3 min read
  • Nov 05, 2020
kirim foto kualitas tinggi di whatsapp

Kamu perlu mengetahui cara kirim foto kualitas tinggi di Whatsapp. Soalnya, aplikasi sosial media ini memiliki metode untuk mengkompres gambar sehingga ukurannya lebih kecil.

Sebenarnya ukuran foto yang lebih kecil menguntungkan. Karena akan memperkecil data yang harus dikirim. Tapi kelemahannya adalah foto menjadi kurang detail. Lalu bagaimanakah untuk kirim foto kualitas tinggi di Whatsapp ?

Metode Kompresi Gambar Whatsapp

Sebelum mengetahui cara mengirim gambar beresolusi tinggi di Whatsapp. Kamu perlu tahu dahulu sebenarnya bagaimana cara aplikasi yang digunakan jutaan orang di dunia ini mengurangi ukuran gambar ketika akan kirim.

Menurut beberapa literatur, menarik sekali bahwa cara Whatsapp mengkompres ukuran file gambar ternyata sangat halus. Artinya gambar yang kamu kirim punya gambaran yang kurang lebih sama dengan ukuran asli.

Whatsapp akan mengkompres ukuran gambar sampai sekitar 98% dari file asli. Misalnya sebuah gambar yang memiliki rasio 16:9 akan dikecilkan menjadi 800×450 pixel saja. Lainnya, rasio 4:3 menjadi 800×600 pixel. Atau beberapa gambar dengan resolusi tertentu:

  • 1024×686 pixel (162 Kb) menjadi 800×535 (109 Kb)
  • 1920×1080 pixel (2,1 Mb) menjadi 800×600 (58 Kb) kompresi 97,2%
  • 4032×3024 pixel (2,5 Mb) menjadi 800×600 (45 kb) kompresi 98,2%

Bahkan jika dilihat, semakin besar ukuran gambar dari jepretan kamera dengan resolusi yang semakin tinggi. Bahkan dikompres menjadi lebih kecil lagi.

Namun kecilnya ukuran file ini tidak bisa digunakan oleh beberapa orang. Seperti didalamnya terdapat tulisan kecil, sehingga akan terlihat kabur/blur tidak terbaca. Lalu bagaimana cara kirim foto kualitas tinggi di Whatsapp agar gambar bisa jelas ?

Cara Kirim Foto Kualitas Tinggi Di Whatsapp

1. Kirim Sebagai Dokumen

Pada saat kamu akan mengirim gambar di chat. Baik itu obrolan pribadi maupun grub, tombol kirim gambar cepat di sebelah kolom kirim pesan/chat adalah terkompresi.

Untuk itu kamu perlu mengirim dengan Tombol Klip disebelah kiri tombol kamera pada kolom kirim chat. Kemudian pilih dokumen, pilih Lihat Dokumen Lain dan tentukan file gambar di penyimpanan kamu.

Cara ini cukup ribet sebenarnya, soalnya kamu harus menemukan file gambar di penyimpanan ponsel kamu. Biasanya pada pojok kiri atas, tombol 3 garis akan tersedia pilihan Gambar dan berisi gambar beserta folder asalnya.

2. Jadikan Gambar Terkompres Menjadi ZIP/Rar

Umumnya setiap android dengan antarmuka/UI dibekali fitur untuk mengkompres file menjadi ZIP pada manajer penyimpanan. Jika tidak ada, kamu bisa pakai Zarchiver atau aplikasi kompres file lainnya di Play Store.

Cara ini mewajibkan kamu menemukan file gambar pada penyimpanan. Kemudian langkah selanjutnya:

  • Tekan dan tahan file pada penyimpanan
  • Kemudian pada pilihan biasanya 3 titik atau lainnya
  • Pilih Kompres (akan ada file baru dengan nama file sama berekstensi ZIP)

File gambar yang telah menjadi ZIP tadi kemudian bisa kamu kirim langsung. Biasanya file ditekan lalu pilih kirim/berbagi. Pilih aplikasi Whatsapp kemudian cari kontak yang akan dikirimi file tersebut.

File yang telah terkirim ke kontak dituju akan tersimpan pada folder Penyimpanan Internal – Whatsapp – Media – Whatsapp Documents. File tersebut harus di ekstrak agar gambar bisa keluar. Tinggal klik file tersebut dan pada opsi pilih ekstrak.

3. Ubah Ekstensi File

Cara ketiga untuk kirim foto kualitas tinggi di Whatsapp ini sama hampir seperti cara kedua yaitu menemukan file yang akan dikirim. Ubah ekstensi file yaitu mengubah tulisan setelah tanda titik pada nama file. Biasanya gambar akan berekstensi .jpg atau .png, ubah akhiran tersebut dengan lainnya. Seperti .doc atau .pdf sehingga ketika terkirim, penerima juga harus mengganti nama ekstensi di tempat sperti tutorial nomor 2.

Penutup

Untuk kirim foto kualitas tinggi di Whatsapp kamu akan membutuhkan lebih banyak kuota data dibandingkan yang sudah terkompres oleh aplikasi tersebut. Tergantung besarnya resolusi kamera kamu, semakin tinggi maka file gambar akan semakin besar.

Aplikasi yang bisa menggunakan stiker sendiri ini juga akan melakukan kompresi file berkali-kali. Seperti contoh kamu mengirim 1 gambar lalu terkompres. Apabila gambar yang telah terkompres Whatsapp tersebut dikirim lagi, maka file yang diterima akan juga mengecil. Semakin lama, kualitasnya akan semakin jelek jika penerima meneruskan gambar tersebut.

Namun, kamu juga bisa memanfaatkan gambar yang terkompres Whatsapp ini. Untuk gambar yang tidak ada tulisannya, dan tidak membutuhkan detail yang cukup tinggi. Kirim foto kualitas tinggi di Whatsapp juga dapat berakibat ke penyimpanan yang dibutuhkan lebih besar.

Tinggalkan Komentar!