Mengatasi Keyboard Hp Android Hilang

  • Droidinside
  • Jun 18, 2022

Pernahkah ketika kamu lagi mau ngetik, keyboard hp android hilang? Biasanya papan ketik ini muncul secara otomatis ketika kita ingin membalas pesan, mengirim komentar atau menuliskan sesuatu pada aplikasi tertentu. Saat kolom pesan di klik, secara otomatis keyboard akan muncul dan menunjukkan karakter alfabet sehingga bisa untuk mengetik. Namun ada kejadian dimana keyboard android tidak muncul padahal harusnya bisa. Lalu apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi keyboard hp android hilang? Dari beberapa pengalaman admin Droidinside bisa ngasih solusi untuk kamu.

Cara Mengatasi Keyboard Hp Android Hilang

Kegiatan mengetik atau memasukkan tulisan lewat keyboard sangat penting. Tanpa adanya keyboard yang muncul seperti biasanya kita tidak bisa apa-apa. Ada beberapa penyebab mengapa keyboard hilang terjadi. Seperti yang paling simpel, aplikasi keyboard mengalami crash atau menutup sendiri akibat dari ponsel yang tidak pernah dihidupkan ulang. Terlalu banyak cache dan data aplikasi ada pada aplikasi keyboard juga menyebabkan hal yang sama. Yaitu keyboard hp tidak bisa mengetik.

Ada juga penyebab lain yang menyebabkan keyboard hp tidak bisa mengetik karena tidak muncul. Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan papan ketik tersebut:

cara mengembalikan keyboard hp yang hilang

Hidupkan Ulang Ponsel

Kamu mungkin lupa mematikan ponsel dalam waktu yang lama. Ponsel android memang udah pintar, tapi sepintar dia masih perlu dimatikan lalu dihidupkan kembali. Karena semakin lama hp android gak mati, makin lemot. Fungsi aplikasi di dalamnya tidak bisa bekerja dengan optimal. Hal ini juga berdampak pada aplikasi keyboard. Dia gak bekerja dengan baik sehingga gak muncul saat kamu akan mengetik. Kamu tinggal matikan hp lalu dihidupkan lagi secara manual. Atau menggunakan fungsi Restart/ Hidupkan Ulang agar ponsel kembali fresh dan bisa menjalankan fungsinya.

Paksa Berhenti Aplikasi Keyboard

Sebelum menghapus data aplikasi keyboard yang jadi momok, kamu bisa hentikan dahulu prosesnya. Ini merupakan cara mengatasi keyboard hp android hilang untuk langkahnya:

  • Buka Pengaturan ponsel kamu
  • Cari pengaturan aplikasi yang memunculkan semua daftar aplikasi
  • Klik pada aplikasi Keyboard (dengan kata kunci keyboard atau GBoard atau papan ketik)
  • Ketuk Paksa Berhenti/ Force Stop/ Berhentikan
  • Cobalah untuk membuka keyboard kembali dengan mengirim pesan/membuka pencarian Google

Menghapus Data Aplikasi Keyboard

Jika cara pertama dan kedua untuk mengatasi keyboard hp android hilang diatas gak mempan. Coba untuk menghapus data aplikasi keyboard. Dengan menghapus data, berarti kita telah menghapus cache aplikasi yang mungkin error. Data aplikasi yang terlalu banyak dapat menyebabkan keyboard crash sehingga keyboard hilang atau tidak muncul. Cara memunculkan keyboard di hp kembali dengan solusi ini yaitu:

  • Buka Pengaturan
  • Pilih menu pengelola aplikasi/ pengaturan aplikasi
  • Cari aplikasi Keyboard (biasanya ada kata kunci Keyboard)
  • Klik pada pengaturan penyimpanan aplikasi
  • Hapus Data aplikasi Keyboard
  • Cobalah kembali untuk mengirim chat/ mencari di Google untuk memunculkan keyboard di hp

Cara ini akan mengembalikan setelan keyboard kamu menjadi default. Prediksi kata, kata selanjutnya dan koreksi otomatis teks akan muncul kembali. Jika kamu tidak suka kamu bisa mematikan prediksi teks keyboard ini.

Mengganti Aplikasi Keyboard

Cara mengatasi keyboard hp android hilang atau tidak muncul selanjutnya yaitu menggunakan alternatif keyboard. Perlu diingat biasanya setiap merek hp dengan antarmuka bawaan ponsel punya bloatware (aplikasi bawaan) berupa keyboard. Misalkan Xiaomi MIUI dengan Emoji Keyboard, Vivo Touchpal, Touchpal For Oppo, Samsung Keyboard dan lain sebagainnya. Biasanya keyboard bawaan ini digunakan secara default. Tapi tidak jarang juga hp android menggunakan bawaan Google yaitu GBoard.

Ketika papan ketik yang digunakan sekarang mengalami masalah keyboard hp android hilang atau gak muncul. Kamu bisa pake alternatif aplikasi keyboard lainnya. Baik GBoard maupun aplikasi keyboard yang bisa diunduh dari Play Store. Langkah mudahnya:

  • Buka Pengaturan ponsel android kamu
  • Cari menu Bahasa Dan Masukkan
  • Pilih keyboard saat ini
  • Ganti keyboard alternatif lain yang sedang tidak digunakan
  • Gunakan Gboard atau keyboard bawaan merek hp

Dengan kamu mengganti keyboard saat ini yang tidak bisa dibuka, maka kegagalan yang terjadi pada keyboard diatas bisa teratasi. Jika tidak ada pilihan keyboard lain, kamu bisa pake alternatif aplikasi yang diinstal dari Play Store.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.