Ketuk 2 Kali Untuk Menghidupkan Layar Xiaomi Mudah

  • Droidinside
  • Des 25, 2021

Droidinside berbagi cara mengaktifkan ketuk 2 kali untuk menghidupkan layar Xiaomi. Setelan ini dinilai cukup penting karena bermanfaat mempermudah dalam cara menggunakan ponsel termasuk jenis lain seperti Vivo. Hanya dengan tap dua kali pada layar, ponsel Xiaomi yang berada pada posisi Sleep langsung hidup. Gak cuma itu saja sih, pada ponsel yang terkenal dengan nama beras kecil ini bisa mematikan layar kembali saat hidup dengan gerakan yang sama.

Cara Mengaktifkan Ketuk 2 Kali Untuk Menghidupkan Layar Xiaomi

Sekedar untuk membuat tombol power awet, menggunakan ketukan pada layar untuk fungsi yang sama sering digunakan oleh orang-orang. Gak perlu lagi meraih tombol disamping yang membuat ribet, cukup mengetuk layar dua kali dengan jari ponsel sudah hidup. Berikut ini admin berikan beberapa variasi caranya.

1. Melalui Setelan Tampilan

Cara pertama ini diperuntukkan untuk ponsel Xiaomi lawas (setidaknya MIUI 9 atau keluaran tahun 2017 kebawah). Biasanya pada ponsel Xiaomi yang masih punya tombol navigasi fisik (kembali, home, recent apps) bagian dagu. Langkahnya:

  • Buka Setelan (bisa dengan usap layar dari atas ke tengah untuk membuka Akses Cepat kemudian tekan tombol gear)
  • Pilih menu Tampilan
  • Aktifkan Ketuk Layar 2x Untuk Bangunkan
  • Sekarang saat ponsel posisi Sleep/layar mati biasa, ketuk layar 2x dimana saja untuk menghidupkannya
ketuk dua kali xiaomi lawas

2. Melalui Setelan Layar Kunci

  • Buka Setelan
  • Pilih Layar Kunci
  • Aktifkan Ketuk Dua Kali Untuk Bangunkan
  • Untuk MIUI 11 keatas, menu akan jadi lebih panjang: Ketuk Dua Kali Untuk Bangunkan Atau Matikan Layar
ketuk dua kali xiaomi

Cara mengaktifkan ketuk 2 kali untuk menghidupkan layar Xiaomi tersebut diperuntukkan untuk MIUI 10 keatas. Device Redmi generasi ke 6 (seperti 6, 6A, Note 6 Pro) dan lebih baru sampai sekarang. Generasi ponsel Xiaomi dimana tombol navigasinya udah pindah ke layar biasanya bisa menggunakan fitur ketuk 2x.

Mengapa Setelan Ketuk 2 Kali Untuk Menghidupkan Layar Xiaomi Tidak Ada ?

Ini sih lebih ke arah Random yang dilakukan oleh vendor Xiaomi sendiri. Jadi gak semua ponsel ini bisa mengaktifkan ketuk 2x untuk menghidupkan layar. Seperti yang admin alami, sebelumnya menggunakan Redmi Note 3 disana ada opsi untuk mengaktifkan ketukan tersebut. Setelah pindah ke Redmi 4X dan Note 4, opsi ketukan tersebut tidak muncul di setelan. Meskipun versi MIUI-nya lebih baru, belum tentu setelan ini muncul.

Beberapa kasus terjadi setelah melakukan update ke versi MIUI yang lebih tinggi. Opsi hidupkan layar dengan ketukan sebelumnya ada, namun setelah update menjadi tidak ada. Ini jadi agak menjengkelkan karena fitur penting malah absen.

Menurut beberapa sumber yang admin ketahui, opsi menghidupkan menggunakan layar ini memang ditiadakan pada sebagian versi MIUI. Karena isu performa dan baterai. Ketukan pada layar membuat penggunaan daya lebih boros sehingga sengaja dihilangkan tidak lain agar pengguna tidak merasakan kelemahan ini.

Jadi kalau fitur Double Tap To Wake milik Xiaomi absen di ponsel kamu. Ya sabar aja. Cobalah untuk update sistem ke versi yang lebih baru. Atau downgrade ke versi MIUI sebelumnya yang ada ketuk dua kalinya. Membutuhkan mereka yang ahli dibidang oprek ponsel.

Pakai Aplikasi Untuk Mengaktifkan Ketuk 2 Kali Untuk Menghidupkan Layar Xiaomi

Jika memang tidak ada pengaturannya, bisa mencoba dengan aplikasi yang diinstal pada Play Store. Berikut ini langkahnya:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Di bagian atas, isikah Double Tap to Wake
  • Instal Double Tap Screen On/Off
  • Matikan koneksi internet, lalu bukalah aplikasi
  • Aktifkan semua perizinan yang dibutuhkan seperti Aksesibilitas, Baca Kegiatan, Mulai Otomatis, Menarik Diatas Aplikasi Lain, Administrator dan lain sebagainnya
  • Aktifkan Ketuk Dua Kali Untuk Hidupkan Layar (Double Tap To Screen On)

Cara ini kurang direkomendasikan karena tidak benar-benar membuat ponsel jadi Sleep. Hanya mati seperti biasa dibuktikan dengan tidak adanya suara saat mengunci layar dengan tombol Power. Aplikasi hanya membuat layar jadi Dim. Tentunya membuat penggunan baterai jadi lebih boros.

Adapun untuk model Xiaomi tertentu, aplikasi bisa berguna digunakan (benar-benar membuat ponsel Sleep). Akan tetapi tetap tidak maksimal. Selain itu banyak itu banyak iklan yang mengganggu. Untuk itu perlu dicek apakah ada perbedaan konsumsi baterai setelah instal aplikasi ini. Alternatif aplikasi untuk mengaktifkan ketuk 2 kali untuk menghidupkan layar Xiaomi:

  • Cerdas Layar On/Off
  • Double Tap Screen On or Off

Itulah beberapa cara untuk mengaktifkan ketuk 2 kali untuk menghidupkan layar Xiaomi denan mudah. Hati-hati dalam menggunakan mode ini, karena pada beberapa ponsel Xiaomi ketuk 2x bahkan bisa dilakukan tanpa jari (tersentuh oleh benda tertentu) sehingga layar bisa hidup.

Post Terkait :

2 thoughts on “Ketuk 2 Kali Untuk Menghidupkan Layar Xiaomi Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.