Cara Mengaktifkan Ketuk 2 Kali untuk Menghidupkan Layar Realme

  • Android
  • May 15, 2023
Cara Mengaktifkan Ketuk 2 Kali untuk Menghidupkan Layar Realme

Smartphone Realme semakin populer di kalangan pengguna karena kinerja yang tangguh dan fitur-fitur inovatif. Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Realme adalah “Ketuk 2 Kali untuk Menghidupkan Layar”. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara mengaktifkan fitur ini serta manfaat yang dapat Anda nikmati dengan penggunaannya.

Cara Aktifkan Ketuk dua kali Untuk Menghidupkan Layar Realme

cara ketuk 2 kali realme
  1. Buka Pengaturan atau Setting
  2. Scroll kebawah lalu pilih Alat serba guna atau Multi-purpose Tool
  3. Lanjut pilih Gestur & gerakan atau Gesture & movement
  4. Kemudian pilih Gestur layar-mati
  5. aktifkan dengan swipe atau geser untuk mengaktifkan Gesture Layar-mati
  6. aktifkan juga Ketuk ganda agar layar hidup atau Double tap to wake (DT2W)
  7. Selesai

Fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” telah dihadirkan dalam hampir semua seri HP Realme. Mulai dari Realme C2, Realme C3, Realme C5, Realme 3, Realme 5, Realme C11, Realme C21Y, Realme C33, Realme C35, Realme C21, dan seri HP Realme lainnya. Fitur ini juga dikenal dengan sebutan “Double Tap” atau “Ketuk Ganda”.

Cara Menguji ketuk 2 kali Untuk Menghidupkan Layar Realme

Untuk menguji apakah fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” pada HP Realme sudah aktif atau tidak, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kembali ke layar utama atau home screen HP Realme.
  2. Matikan layar HP seperti biasa dengan menekan tombol Power sekali.
  3. Setelah layar HP mati, ketuk layar HP dua kali secara cepat.
  4. Jika fitur tersebut sudah diaktifkan dengan benar, layar HP Realme akan langsung menyala dan menampilkan tampilan awal atau layar kunci.

Pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” melalui pengaturan sebelum menguji langkah-langkah di atas.

Keuntungan Menggunakan Fitur Ketuk dua kali di HP Realme

Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan fitur ketuk dua kali pada HP Realme, antara lain:

  1. Menghemat Waktu Dengan menggunakan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menekan tombol power untuk menghidupkan layar HP. Cukup dengan mengketuk layar dua kali, layar HP akan langsung menyala.
  2. Memudahkan Akses Fitur ketuk dua kali juga memudahkan Anda untuk membuka layar HP secara cepat dan mudah. Anda tidak perlu lagi mencari tombol power pada HP Anda.
  3. Mengurangi Tekanan pada Tombol Power Dengan menggunakan fitur ini, tekanan pada tombol power HP akan berkurang. Sehingga, tombol power HP Anda akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.
  4. Kesimpulan

Fitur ketuk dua kali pada HP Realme adalah salah satu fitur yang sangat berguna bagi para pengguna HP. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghidupkan layar HP dengan cepat dan mudah tanpa harus menekan tombol power. Selain itu, fitur ini juga dapat memudahkan pengguna untuk membuka layar HP dan mengurangi tekanan pada tombol power HP. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan HP Realme, jangan ragu untuk mengaktifkan fitur ketuk dua kali pada HP Anda.

Troubleshooting dan Tips Penggunaan Fitur Ketuk Dua Kali pada HP Realme

Meskipun fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” pada HP Realme sangat berguna, terkadang Anda mungkin mengalami beberapa masalah. Berikut ini adalah beberapa tips dan solusi untuk mengatasi masalah umum yang terkait dengan fitur ini:

Sensitivitas Ketukan yang Tidak Tepat

  • Jika Anda mengalami masalah dengan sensitivitas ketukan yang tidak tepat, coba atur sensitivitasnya melalui pengaturan. Buka menu Pengaturan > Aksesibilitas > Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar, dan lihat apakah ada opsi untuk mengatur sensitivitas ketukan.

Layar Tidak Menyala Saat Diketuk Dua Kali

  • Pastikan Anda telah mengaktifkan fitur dengan benar melalui menu pengaturan.
  • Periksa apakah layar Anda memiliki pelindung layar atau tempered glass yang mungkin menghalangi sensitivitas ketukan. Jika iya, coba lepas pelindung layar tersebut atau pastikan pelindung layar yang Anda gunakan kompatibel dengan fitur ketuk dua kali.
  • Jika masalah persisten, coba restart HP Anda dan periksa kembali pengaturan fitur ketuk dua kali.

Fitur Tidak Tersedia pada Model HP Tertentu

  • Meskipun fitur ketuk dua kali telah ada di banyak seri HP Realme, ada kemungkinan bahwa fitur ini tidak tersedia pada model HP tertentu. Pastikan untuk memeriksa spesifikasi perangkat Anda atau mengunjungi situs web resmi Realme untuk memastikan apakah fitur ini didukung oleh HP Anda.

Tips Penggunaan:

  • Jika Anda menggunakan casing atau sarung pelindung pada HP Realme, pastikan bahwa ketukan dua kali masih dapat dideteksi dengan baik melalui lapisan tersebut.
  • Jika sensitivitas ketukan terlalu tinggi dan layar sering menyala secara tidak sengaja, Anda dapat mengurangi sensitivitasnya melalui pengaturan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ketuk layar dengan kecepatan dan ketepatan yang konsisten.

Kesimpulan

Fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” pada HP Realme memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mengaktifkan layar. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengaktifkan fitur ini dan memanfaatkannya dengan baik. Meskipun terdapat beberapa masalah potensial, dengan tips dan solusi yang diberikan, Anda dapat mengatasi kendala tersebut. Nikmati pengalaman penggunaan HP Realme yang lebih praktis dan efisien dengan fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” yang luar biasa ini!

FAQ

Apakah fitur ketuk dua kali hanya tersedia pada HP Realme?

Fitur hampir di sematkan pada hampir semua model HP Realme, namun ada kemungkinan beberapa model tertentu tidak mendukung fitur ini. Pastikan untuk memeriksa panduan pengguna atau situs web resmi Realme untuk mengetahui apakah fitur ini tersedia pada model HP Realme yang Anda miliki.

Apakah fitur ketuk dua kali bisa diaktifkan pada semua seri HP Realme?

Ya, fitur ini sudah disematkan di hampir semua seri HP Realme.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur ketuk dua kali pada HP Realme?

Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui menu Pengaturan > Alat serba guna > Gestur & gerakan > Gestur layar-mati (tinggal geser/swipe on/off untuk mengaktifkannya)

Apa keuntungan menggunakan fitur ketuk dua kali pada HP Realme?

Keuntungan menggunakan fitur ini antara lain menghemat waktu, memudahkan akses, dan mengurangi tekanan pada tombol power HP.

Bagaimana cara menonaktifkan fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar”?

Anda dapat menonaktifkan fitur ini melalui menu Pengaturan > Alat serba guna > Gestur & gerakan > Gestur layar-mati (tinggal geser/swipe on/off untuk mematikannya)

Apakah fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” dapat mempengaruhi daya tahan baterai HP?

Fitur ini sebenarnya tidak mempengaruhi daya tahan baterai secara signifikan. Namun, jika sensitivitas ketukan terlalu tinggi dan sering menyebabkan layar menyala secara tidak sengaja, hal tersebut dapat mengonsumsi sedikit daya baterai. Anda dapat mengatur sensitivitas ketukan atau mematikan fitur ini jika ingin mengoptimalkan daya tahan baterai HP Anda.

Apakah fitur “Ketuk Dua Kali untuk Menghidupkan Layar” dapat digunakan saat HP dalam mode hemat daya?

Ya, fitur ini tetap berfungsi saat HP berada dalam mode hemat daya.

Related Post :
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments