Tips Mengatur Keseimbangan Audio Xiaomi

  • 3 min read
  • Jun 16, 2021
keseimbangan audio xiaomi

Pernahkah kamu mendengar tentang keseimbangan Audio Xiaomi ? Ini merupakan sebuah fitur pada ponsel dengan sebutan beras kecil yang bisa mengatasi beberapa masalah. Seperti headset suaranya kecil sebelah (keras di sisi yang lain). Atau ada beberapa ponsel Xiaomi dengan Dual Speaker terasa lebih kencang suara di bagian speaker bawah maupun atas

Masalah Keseimbangan Audio

Banyak pengguna yang mungkin mengalami beberapa masalah seperti suara Headset yang kecil dan tidak seimbang besarnya suara. Masalah tersebut disebabkan oleh Hardware maupun Software. Jika berhubungan dengan perangkat keras, pasti ada masalah di bagian IC Jack ponsel sampai pada perangkat Headset sendiri yang sudah rusak.

Jika memang Headset yang kecil sebelah itu sudah lama digunakan setidaknya beberapa tahun. Hal ini mungkin wajar karena masa pakai telah terlewati. Biasanya ditandai dengan berangsur-angsur menghilang suaranya di sebelah saja. Untuk dapat membuktikan kerusakan di Headsetnya, perlu mencoba Headset tersebut ke ponsel lain. Jika sama, berarti ada kerusakan pada hardware yang salah satunya karena umur.

Jack 3,5 mm atau colokkan Headset bisa berbeda-beda tiap ponsel. Begitupula lubang Jack di ponsel bisa berbeda-beda tiap tipe dan merek. Contohnya dengan Jack Headset yang sama, bisa berbeda kedalaman alias ada yang bisa masuk dengan sempurna ada yang masih menyisakan ruang. Ini juga menjadi penyebab suara Headset tidak seimbang.

Apabila ini merupakan kesalahan Software membuat hasil suara sumbang alias keras sebelah bisa terjadi juga di ponsel Xiaomi. Kamu bisa mengatur keseimbangan Audio Xiaomi untuk mengatasi hal ini. Salah satu fitur ini hadir pada ponsel yang tergolong baru, tanpa melakukan Root kamu bisa mengatur keseimbangan Audio Xiaomi. Lalu bagaimanakah caranya?

Cara Mengatur Keseimbangan Audio Xiaomi

Ponsel Xiaomi keluaran tahun 2019 keatas yang dibekali MIUI 11 dapat dengan mudah membuka setelan untuk menyeimbangkan output suara. Termasuk suara untuk Headset maupun Speaker aktif. Karena seperti ponsel Xiaomi Redmi 9T, Redmi Note 10 dan sebagainya hadir dengan Dual Speaker dan Stereo Speakers. Jadi bisa kejadian suara Speaker bagian bawah lebih kencang dari yang atas.

setelan audio xiaomi

Untuk itu perlu mengatur keseimbangan Audio Xiaomi. Syaratnya adalah ponsel Xiaomi dengan Android 10 (11 juga) baik itu MIUI 11 dan MIUI 12. Untuk keduanya langkahnya sedikit berbeda, karena pada MIUI 12 Xiaomi memberikan fitur Sound Assistant yang membuatnya menjadi berbeda.

Pada MIUI 11

  • Buka Setelan
  • Setelan Tambahan
  • Aksesibilitas
  • Geser ke bawah temukan Audio & Teks Di Layar
  • Matikan pada Audio Mono
  • Geser panel Keseimbangan Audio sampai ke tengah

Pada MIUI 12

  • Setelan
  • Setelan Tambahan
  • Aksesibilitas
  • Pilih Tab Pendengaran
  • Nonaktifkan Audio Mono
  • Geser panel biru ke tengah

Penutup

Setelah kamu mengatur keseimbangan Audio Xiaomi diatas, Headset kamu yang keras sebelah dapat teratasi. Begitu juga dengan speaker aktif yang kurang seimbang suara yang dihasilkannya. Sebelumnya mungkin kamu perlu menghidupkan ulang ponsel Xiaomi terlebih dahulu sehingga fungsi Audio mungkin akan kembali normal.

Mengapa perlu mematikan Audio Mono? Karena salah satu hal ini yang membuat besar suara Headset tidak sama. Beberapa pengguna yang mengalami masalah tersebut ternyata tidak sengaja Audio Mono diaktifkan. Padahal seharusnya ketika setelan Audio Mono aktif, suara kanan dan kiri menjadi seimbang. Mungkin ada yang salah dengan setelan ponsel.

Untuk mengembalikan setelan suara ke default tidak bisa kalau cuma hapus data aplikasi Setelan. Cara ini hampir sama untuk menonaktifkan Opsi Pengembang. Mengatur setelan keseimbangan Audio Xiaomi cukup mudah kok, ada indikator pas tengah nya. Jadi jangan khawatir kalau setelannya kurang tepat di tengah. Setelan ini akan kembali jika kamu reset ponsel Xiaomi ke pengaturan pabrik.

Jika memang kasus suara sumbang sebelah pada ponsel Xiaomi, khususnya pas pakai Headset tidak dapat teratasi, kemungkinan ada kerusakan yang terjadi pada IC Audio. Hal ini juga sama ditandai dengan kerusakan akibat kemasukan air atau kecolok ke Jack Speaker aktif yang besar. Perlu melakukan pengecekan ke Service Center Xiaomi atau pada termpat service yang kamu percaya untuk penggantian part terkait. Biayanya bisa mungkin berharga 100-350 ribuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *