Kelebihan Dan Kekurangan Realme C11 2021

  • Droidinside
  • Feb 08, 2022

Sebelum membeli, cek kelebihan dan kekurangan Realme C11 yang mungkin menambah pengetahuan kamu tentang hp tersebut. Informasi tersebut penting untuk kamu yang memperhatikan spesifikasi sebuah ponsel agar ketika digunakan tidak begitu mengecewakan.

Melihat Realme C11 2021 merupakan generasi penerus Realme C11 tahun sebelumnya, kita bisa membandingkan terlebih dahulu untuk generasi pendahulunya. Kelebihan dan kekurangan Realme C11 tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya yaitu:

Kelebihan: Dimensi sedikit lebih besar, kecerahan layar lebih baik, bobot lebih ringan, tambahan 1 GPS Galileo, desain splash resistant (tahan percikan air rendah), reverse charging, Realme Go UI lebih ringan, densitas layar meningkat, sensor Gyro
Kekurangan: Bisa dibilang terdapat banyak penurunan spesifikasi teknis dibandingkan generasi sebelumnya. Yaitu chipset fabrikasi lebih besar (boros baterai) dan lebih lemot, resolusi kamera belakang menurun dan jumlahnya berkurang, versi bluetooth menurun.

Kelebihan dan kekurangan Realme C11 dari generasi yang sebelumnya tampaknya ada sektor yang naik maupun turun. Realme C11 versi 2020 menggunakan Helio G35 (12 nm) yang digunakan banyak ponsel lain yang terkenal bagus untuk game, sedangkan yang baru menjadi Unisoc SC9863A (28 nm). Bisa kamu nilai sendiri kan untuk generasi tahun baru dan yang lama? Lalu bagaimanakah kekurangan yang perlu dibahas? Cek informasinya dari Droidinside dibawah ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Realme C11 Versi Terbaru (2021)

Kelebihan

1. Desain Splash Resistant

Ini cukup bagus untuk ponsel jaman now, kamu tidak perlu takut lagi jika ponsel terkena tetesan air hujan. Atau percikan air yang kecil. Setidaknya lebih aman daripada mereka yang tidak menggunakannya.

2. Layar Lebih Lebar

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan kompetitor (Redmi 9A, Infinix Smart 5) layar Realme C11 lebih lebar. Tentunya ini akan berguna ketika kamu menonton film akan lebih puas. Selain lebih lebar, dilihat dengan ponsel dengan harga setara kerapatan layar (densitas) lebih tinggi. Semakin tinggi density ini, maka hasil gambarnya akan lebih jelas.

3. Baterai Cukup Besar

5000 mAh merupakan standar besarnya baterai untuk ponsel Mid-Low saat ini. Dan setidaknya Realme C11 sudah mampu bersaing untuk sektor ini. Jika melihat chipset fabrikasinya sebesar 28 nm, ini bisa jadi perpaduan kelebihan dan kekurangan Realme C11 sendiri karena semakin besar fabrikasi semakin boros baterai. Meskipun begitu, software Realme Go UI yang lebih ringan dari versi UI biasa membuatnya menjadi lebih irit.

4. Bobot Lebih Ringan

Dibanding Redmi 9A, berbeda hampir 10 gram. Berat ini berdasarkan pengalaman pengguna, lebih ringan membuat enak untuk digenggam oleh tangan.

5. Sensor Gyro

Beberapa ponsel dengan rentang harga sama tidak menyematkan sensor Gyro didalamnya. Namun Realme C11 ini telah disematkan (meskipun Gyro ini hanya software atau hardware) sehingga akan sangat mendukung untuk bermain game yang membutuhkan Gyro.

Kekurangan

1. Resolusi Kamera

Jika pada ponsel penantangnya sudah menggunakan 13 MP untuk kamera belakang, Realme C11 masih menggunakan 8 MP saja. Meskipun secara tidak langsung terdapat penurunan spesifikasi, kamera tersebut sudah sangat cukup untuk digunakan komunikasi biasa. Namun jangan terlalu banyak berharap pada hasil jepretan gambarnya.

2. Prosesor Lebih Lambat

Realme C11 mengalami penurunan besarnya fabrikasi dari 12 nm menjadi 28 nm. Ini akan berhubungan dengan panas yang dihasilkan dan juga konsumsi baterai ponsel. Semakin besar makin boros dan makin cepat panas. Secara spesifikasi, Unisoc yang dibawa produk Low End Realme ini juga lebih lemot dibandingkan kompetitor maupun generasi sebelumnya.

Jadi buat kamu yang suka bermain game, mungkin kelebihan dan kekurangan Realme C11 bisa terlihat dari kecepatan prosesor. Dan juga melihat panas yang dihasilkan. Cocoknya ponsel ini untuk penggunaan biasa saja.

3. Versi Bluetooth Belum 5.0

Versi bluetooth bukanlah versi yang baru (masih 4.2) yang artinya kecepatan transfer data masih kurang. Ya meskipun spesifikasi bluetooth jarang sekali diperhatikan, buat kamu yang sering mengirim file via bluetooth atau tethering kecepatannya tidak cukup bisa diandalkan.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan Realme C11. Ponsel ini tidak diperuntukkan untuk kerja keras karena spesifikasinya yang minim. Terlepas dari itu semua, admin yakin Realme C11 punya kelebihan di baterai yang irit karena versi Low End Realme dengan UI Go nya. Sensor Gyro bisa jadi kelebihan dan kekurangan Realme C11, karena buat apa disematkan Gyro yang biasanya untuk bermain game tapi spesifikasi chipsetnya masih jadul.

Untuk kamu yang ingin meminang ponsel Realme C11. Sepertinya perlu memperhatikan penggunaan tidak terlalu berat. Instal aplikasi secukupnya, sedikit game ringan, dan tidak menggunakannya untuk pekerjaan berat seperti edit video, serta game berat lainnya.

Post Terkait :

2 thoughts on “Kelebihan Dan Kekurangan Realme C11 2021

  1. Memang hp Realme ini kekurangannya ada banyak tetapi hp ini hanya untuk pemakaian biasa saja 🤗

    1. Tapi kak anehnya pihak Rrealme malah menurunkan beberapa spesifikasi teknisnya kak. Dengan harga yang sama seharusnya ada poin lebih yang memanjakan konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.