Mengatasi Kamera Depan Redmi Note 10S Burik

  • Droidinside
  • Mar 14, 2022

Banyak pengguna yang mengalami kamera depan Redmi Note 10S burik atau jelek. Padahal ponsel mereka ini gak beda jauh dengan kamera ponsel generasi sebelumnya. Kamera blur, burik, flare cahaya keterlaluan, noise cukup tinggi, tidak jelas dan terlihat gelap terjadi hanya di Redmi Note 10S saja tidak pada Redmi seri ke 10 lainnya. Kira-kira apa saja penyebabnya dan cara mengatasinya ya? Simak ulasannya dari Droidinside dibawah.

Penyebab Kamera Depan Redmi Note 10S Burik

Pastinya beberapa poin menjadi kambing hitam mengapa produk Redmi kelas menengah ini punya kamera depan yang jelek. Padahal kalau dibandingkan dengan Redmi Note 9 (pendahulunya), tidak ada masalah dengan kamera depannya. Dilihat spesifikasi kamera depan keduanya juga gak berbeda jauh. Sama-sama 13 MP dan gak ada masalah untuk produk sebelumnya. Berikut ini beberapa penyebabnya:

Chipset Dan Sensor Kamera

Sudah menjadi rahasia umum bahwa prosesor Mediatek yang disematkan pada ponsel Xiaomi, memberikan tangkapan gambar yang jelek. Memang hasil kameranya bagaikan langit dan bumi jika dibandingkan kawannya Redmi Note 10 biasa yang menggunakan prosesor Snapdragon. Jadi jangan terlalu berharap dengan hasil jepretan kameranya. Apalagi Helio G95 yang digunakan tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya terkait pemrosesan gambar.

Sensor kamera Omnivision juga cukup inferior jika dibandingkan Sony dan Samsung. Hal tersebut yang menyebabkan hasil jepretan kamera tidak sebaik ponsel lainnya.

Versi MIUI Atau Perangkat Lunak

Jika sebelumnya kamera sama tapi hasilnya lebih bagus lalu generasi baru jadi lebih jelek, berarti kita bisa menyalahkan sistem operasi yang dimiliki ponsel Xiaomi. Penyebab kamera depan Redmi Note 10S burik salah satunya adalah kurangnya optimasi pada kamera karena MIUI 12.5 Android 11 yang diusung ponsel ini mungkin masih kurang baik dibanding generasi sebelumnya.

Kaca Depan Kotor

Bekas jari yang menempel pada kamera depan sangat berpengaruh dengan hasil gambar. Seringkali ketika kita ingin selfie, kamera kurang jelas dan terkesan blur gelap. Perlu membersihkan bagian depan kamera atau layar secara berkala untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara Mengatasi Kamera Depan Redmi Note 10S Burik

Setelah kamu mendapatkan ilham tentang apa saja yang menjadi penyebab hasil jepretan kamera depan Redmi ini jelek. Berarti kita perlu melakukan berbagai penyesuaian biar aman atau hasilnya bisa tertolong. Berikut ini bisa dilakukan beberapa langkah agar hasil kamera depan Note 10S kamu bisa bagus:

Update Pembaruan Software

Buka Setelan – Tentang Telepon – Perbarui, karena versi pertama software ponsel ini ada bug bagian software kameranya membuat hasil jepretan jadi jelek. Penting buat kamu, kalau Note 10S nya kameranya normal jangan di update ya. Nanti bisa jadi jelek. Jadi update dilakukan khusus untuk mereka yang mengalami kamera depan Redmi Note 10S burik saja.

Bersihkan Debu Pada Kamera Depan

Habis terkena sidik jari misalnya, akan membuat kamera depan jadi aneh. Agak blur lalu seperti buram tidak jelas. Kalau terkena cahaya, sumber cahaya jadi punya kilatan yang menyilaukan. Menandakan bahwa kamu perlu membersihkan bagian depan kamera secara rutin. Kotor ini disebabkan oleh jari yang berminyak, masuk ke saku yang kurang bersih dan partikel lainnya yang menutupi layar depan khususnya kamera.

Menggunakan GCAM

Sangat manjur untuk mengatasi kamera depan Redmi Note 10S burik karena memang optimasi softwarenya kurang bagus. Upaya-upaya diatas sudah dilakukan namun kameranya juga masih belum maksimal atau bagus. Karena prosesor, sensor, dan perangkat lunak yang memunculkan hasil yang cenderung biasa, berwarna pucat, kusam dan terkadang tidak stabil. Kadang bagus dan kadang jelek pas dipake itu juga pengaruh.

kamera redmi note 10s buram mengatasi

Maka dari itu penggunaan Google Camera (GCAM) akan mengatasinya. Berikut ini rekomendasi GCAM yang bisa kamu gunakan untuk Redmi Note 10S:

  • GCAM Nikita V2.0 (dengan config yang bisa disesuaikan)
  • GCAM BSG (dengan config yang bisa dipilih)
  • GCAM Leica R7 Clone (dengan config yang bisa disesuaikan)

Langsung saja ke Google. Lakukan pencarian dengan kata kunci “Nama GCAM diikuti dengan Redmi Note 10S. Misalkan melakukan pencarian GCAM Leica R7 Clone Redmi Note 10S. Atau melalui aplikasi Youtube, disana banyak kreator yang menyediakan link unduhan GCAM beserta config (file konfigurasi). Umumnya link bisa diklik lalu di unduh lalu diinstal. Di Youtube juga ada tutorial pemasangan config nya supaya hasil kamera depan bisa bagus. Jalankan GCAM pada mode kamera depan.

Penutup

Itulah beberapa solusi untuk mengatasi kamera depan Redmi Note 10S burik. Tips terakhir untuk kamu jika ingin kamera depan agak mendingan. Cobalah untuk berfoto dengan pencahayaan yang bagus untuk mengurangi gambar yang tidak jelas. Alternatif jika tidak mau ribet menggunakan GCAM.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.