Mengatasi Jangan Tutup Bagian Atas Telepon Realme

  • Droidinside
  • Jun 30, 2022

Pernahkan kamu mendapat pesan jangan tutup bagian atas telepon Realme? Hal ini menandakan bahwa ada yang menghalangi kamera depan. Lebih tepatnya, ada sensor yang letaknya berdekatan dengan poni/ kamera ponsel tertutup sesuatu. Sensor ini sebenarnya sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari namun mungkin juga agak merepotkan.

Pada ponsel Realme keluaran tahun 2021, saat bagian atas (speaker telepon) tertutup pada saat layar hidup. Maka notifikasi jangan tutup bagian atas telepon Realme aktif. Diikuti dengan pesan “Pocket Touch-Nonaktifkan” di bagian atas peringatan. Kemudian di bagian bawah muncul tulisan “Lepas Penutup Untuk Keluar Dari Mode Ini”. Jadi ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal ini. Apa saja langkahnya? Droidinside jelaskan untuk kamu.

Penyebab Muncul Pesan Jangan Tutup Bagian Atas Telepon Realme

Penyebab Muncul Tulisan Pocket Touch-Nonaktifkan atau tulisan untuk tidak menutup bagian atas ponsel paling sering disebabkan oleh kotoran. Kotoran bisa berupa debu, lemak, lembab, film legap, dan lainnya. Hal ini bisa memengaruhi sensor Proximity. Sebuah sensor yang berfungsi mematikan layar ketika ada benda tepat di depannya berjarak kurang dari 5 cm. Sensor ini juga berfungsi untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis.

Sama seperti ketika kita menelpon dengan suara speaker bagian atas. Ketika layar berdekatan dengan telinga, maka layar akan dimatikan. Fungsinya agar layar tidak tertekan dan tidak membuat telinga panas. Begitupun saat di dalam ruangan gelap, cahaya diredupkan dan sebaliknya di luar ruangan.

Penyebab lain yang paling sering membuat sensor ini aktif ada pada Tempered Glass atau kaca pelindung yang dipasang pada ponsel sudah mengalami retak atau kerusakan pada bagian atasnya dan ini sangat berpengaruh. Selanjutnya kerusakan pada LCD Touchscreen akibat benturan, LCD tidak pas pemasangannya, LCD KW sehingga kurang proporsional juga menjadi penyebabnya. Sehingga diperlukan beberapa solusi untuk mengatasi hal ini.

Cara Mengatasi Jangan Tutup Bagian Atas Telepon Realme

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan berkaca dari masalah yang menjadi penyebab pesan muncul di layar. Saat pesan tersebut muncul, cobalah menekan tombol Volume Bawah beberapa kali sampai notifikasi hilang. Biasanya, pesan tersebut hilang namun kalau masih ada masalah akan tetap muncul.

Solusinya yaitu dengan mengedit pengaturan tertentu hingga berurusan dengan hardwarenya. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah jangan tutup bagian atas telepon Realme ini:

Mematikan Pocket Touch (Sentuhan Kantung/ Mode Kantung)

Langkah pertama untuk mengatasi jangan tutup bagian atas telepon Realme adalah sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Akan tetapi, lucunya Pocket Touch yang dituliskan di pesan peringatan tidak ada. Ketika kamu mencari menu ini pada ponsel Realme maka tidak ada. Jadi nama lain dari Pocket Touch-Nonaktifkan ini adalah Mode Kantung. Cara menonaktifkan Pocket Touch atau Sentuhan Mode Kantung di hp Realme yaitu:

  • Buka Setelan/ Pengaturan (menu ini bisa juga dibuka dengan usap layar dari ujung atas ke tengah, lalu tekan tombol Gear)
  • Pilih menu Kontrol Pintar (Smart Control)
  • Klik Mode Kantung (Pocket Mode)
  • Klik tombol diatas untuk menonaktifkan Mode Kantung (Off)
  • Atau pilih Nonaktifkan Touch (Touch Disable)
  • Maka ketika ponsel bagian atasnya tertutup, maka tidak akan memunculkan pesan diatas lagi
pocket touch-nonaktifkan Realme

Cara ini berlaku untuk ponsel Realme dengan antarmuka R Edition contohnya Realme C31, C35, C21Y, C25Y dan sejenisnya. Pada ponsel Realme yang masih keluaran tahun 2021 kebawah, sangat jarang terjadi masalah sensor Proximity tersebut. Karena tidak ada pengaturannya, kamu bisa cara selanjutnya selain ini.

Kamu bisa mengaktifkan menu Touch atau mematikannya. Sesuaikan kondisi On atau Off yang membuat masalah kamu teratasi. Karena salah satu setelan ini berhubungan dengan sensor membuat peringatan jangan tutup bagian atas telepon Realme terjadi.

Sebenarnya fitur Mode Kantung ini sangat berguna. Jika diaktifkan semuanya, maka ponsel tidak akan terpencet meskipun masuk ke dalam kantong. Akan tetapi karena terdapat kotoran atau penyebab masalah ini membuat notifikasi muncul.

Membersihkan Bagian Depan Layar Dan Poni

Gunakan kain microfiber (kain pembersih kaca) untuk mengusap layar bagian atasi ponsel. Tepatnya di bagian kamera dan bagian ujung atas layar. Alternatif lain gunakan tisu lembut yang telah disemprot alkohol atau menggunakan tisu basa. Bersihkan kotoran dan lemak yang menempel sehingga memengaruhi sensor Proximity. Jangan terlalu basah dan terlalu lama saat kamu membersihkannya.

membersihkan sensor proximity realme

Lepas Atau Ganti Pelindung Layar

Seperti kasus ponsel milik teman admin, sebelum dikasih Tempered Glass atau sejenis pelindung layar. Gak ada masalah jangan tutup bagian atas telepon Realme tuh. Setelah dikasih kok malah sering muncul. Disarankan untuk coba dilepas dan pilih mode kaca pelindung yang lebih pas dan tidak menutup. Apalagi kalau Tempered Glass pecah, maka bisa perlu waktunya ganti.

Ganti LCD Touchscreen

Pada beberapa kasus LCD dan Touchscreen yang KW atau kualitasnya kurang bagus. Biasanya kurang presisi pada bagian atas tepatnya sensor Proximity. Bagian dekat kamera terlalu menutupi atau terlalu gelap, sehingga sensor mendeteksi ada benda sangat dekat. Jika ponsel pernah jatuh dan mengalami retak Touch bagian atas, hal ini berpengaruh membuat pesan Pocket Touch-Nonaktifkan muncul. Namun sebelum ganti disarankan untuk Reset Ke Pengaturan Awal (Pabrik), jika tidak sembuh. Berarti benar harus melakukan ini.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi Pocket Touch-Nonaktifkan jangan tutup bagian atas telepon Realme. Jaga kebersihan ponsel kamu dari debu maupun lemak yang menutupi. Termasuk minyak dari kulit telinga saat ponsel digunakan untuk menelepon.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.