Penting Jangan Sembarangan Atasi Android Process Acore | Droidinside

Penting Jangan Sembarangan Atasi Android Process Acore

  • 3 min read
  • Apr 30, 2020
Android Process Acore

Apakah kalian pernah menemui masalah yang muncul pada layar android kalian yang bertuliskan Sayangnya Proses Android Process Acore telah berhenti? Pasti kalian langsung mencari google untuk mengatasi masalah ini kan?

Berbagai proses atau program yang berjalan secara latar belakang di android seringkali mengalami masalah. Biasanya masalah ini muncul sebagai pesan pop up yang ada di layar kalian waktu mengakses sesuatu. Namun bahkan saat kalian tidak mengakses sesuatu program, eror tersebut tidak berhubungan dengan apa yang kamu lakukan. Misalnya lagi browsing di Chrome, lalu tiba-tiba masalah android muncul pada pop up. e?

Masalah Android Process Acore

Kalau dalam bahasa inggris biasanya tulisannya unfortunately the process android.process.acore has stopped. Kalian pasti bingung kenapa tidak ada istilah yang cukup familiar dalam proses tersebut. Sehingga secara tidak langsung harus nanya ke google.

Sebenarnya apa yang terjadi ketika Android Process Acore berhenti terjadi? dan Apa yang dimaksud android process acore telah berhenti?

Dari beberapa literatur yang admin dapatkan, masalah ini biasanya terjadi karena data cache sebuah aplikasi mengalami korup. Saat android mencoba mengambil cache dari aplikasi yang kemudian terdeteksi korup maka notifikasi ini muncul. Lalu darimana aplikasi ini mengalami eror?

Proses acore berhenti karena adanya korup data pada aplikasi Kontak. Hal ini pernah dialami oleh admin dan belum lama. Kontak mengalami kegagalan dalam membangun cache karena disebabkan banyak hal. Paling sering eror ini terjadi pada ponsel low end yang memiliki ram dan penyimpanan yang rendah.

Ponsel yang admin tangani mengalami eror ini, lantas admin cek pada bagian yang mengalami masalah. Otomatis menuju aplikasi kontak. Namun eror kontak yang terjadi ini cukup menghawatirkan. Aplikasi kontak terus membuat cache yang membuat aplikasi ini mengalami pembengkakan ukuran data aplikasi. Lihat nih…

android process acore has stopped

Tidaklah mungkin untuk menghimpun data kontak saja, aplikasi ini sampai memakan penyimpanan sampai 1,3 Gb. Sangat menguras penyimpanan bahkan untuk ponsel sekelas ram 1 Gb dan penyimpanan 8 Gb. Hal ini pun menyebabkan masalah pada penyimpanan. Android Process Acore membuat penyimpanan hampir habis, dan menyebabkan selalu muncul notifikasinya. Bahkan pemilik sudah melakukan penghapusan semua file yang ada dalam penyimpanan internal.

Masalah ini menyebabkan pengguna tidak dapat mengirim Whatsapp pada kontak, SMS, dan telfon. Karena apabila sebuah proses melibatkan kontak, maka otomatis ponsel Hang dan jika kalau bisa, daftar kontak tidak akan muncul sama sekali atau kosong. Sampai sampai tidak bisa menambahkan kontak. Tidak berguna juga cuma melakukan paksa berhenti kontak.

android process acore terus berhenti

Lalu apa masalahnya jika kita hapus cache aplikasi kontak saja? Atau bahkan hapus saja data aplikasi kontak ini? Apakah tidak apa apa?

Tips Atasi Android Process Acore Berhenti

Mengingat berhentinya process acore android ini berhubungan dengan kontak, kita tidak bisa sembarangan dalam menangani nya. Banyak tutorial yang kalian dapatkan pasti langsung melakukan penghapusan cache dan bahkan hapus data aplikasi sampai melakukan factory reset. Tidak bisa semudah itu, karena kontak adalah jantung yang penting bagi ponsel sebagai alat komunikasi.

Hapus cache aplikasi kontak telah admin lakukan, dan ini tidak menyelesaikan masalah yang terjadi. Kontak hanya muncul jika admin melakukan restart pada ponsel tersebut. Saat semua aplikasi telah terload, maka kontak akan kembali kosong.

Mengatasi hal ini pada ponsel low end cukup menguras pikiran. Admin harus melakukan penyelamatan kontak tepat saat ponsel telah restart dan masuk ke menu sebelum seluruh proses latar belakang android berlangsung. Penting sekali untuk melakukan penyelamatan data aplikasi kotak.

Jika kalian langsung menghapus data aplikasi kontak, maka kontak dalam ponsel kalian akan hilang semuanya. Maka dari itu berikut tips agar mengatasi Android Process Acore telah berhenti agar tidak menimbulkan masalah baru:

  • Lakukan penyelamatan kontak
    • Sebisa mungkin kalian harus log in gmail dalam ponsel kalian, matikan dulu proses sinkronisasi kontak agar eror bisa berhenti. Jika kalian mengalami masalah sinkronisasi kontak kalian baca artikel admin pada link ini.
    • Back up data kontak menjadi file (sesuai link) dan simpan di tempat yang aman (memori eksternal misal)
    • Matikan data ponsel
  • Hapus data aplikasi kontak
  • Restart ponsel
  • Import data kontak yang telah disimpan (sesuai link)
  • Hidupkan data ponsel
  • Hidupkan kembali sinkronisasi kontak (sesuai link) dengan meng klik sinkronkan sekarang

Jika kalian tidak mau kehilangan kontak kalian, maka jangan langsung menghapus data aplikasi kontak sebagai representasi eror Android Process Acore telah berhenti. Karena terkadang pengguna ponsel menyimpan kontak di penyimpanan ponsel dan bukan via email.

Tinggalkan Komentar!