Tips Aktifkan Instal Sumber Tidak Dikenal Oppo

  • Droidinside
  • Jun 19, 2022

Apa sih fungsi dari instal sumber tidak dikenal Oppo? Pas kamu pengen instal sebuah aplikasi dari luar Play Store (pihak ketiga) maka akan selalu gagal. Sistem membaca bahwa ada sumber tidak terpercaya akan dipasang ke dalam sistem. Jadi ketika kamu tidak mengaktifkan Penginstalan Sumber Tidak Dikenal pada hp Oppo, kamu gak akan bisa pake aplikasi mod.

Jadi cukup penting untuk mengetahui dimana menu tersebut untuk melancarkan proses instalasi aplikasi. Karena secara default sistem pada ponsel androi bekerja sama dengan Google menolak aplikasi di instal selain dari Play Store. Jadi, untuk alasan instal biar lancar dan apakah ada dampak negatif jika dilakukan? Droidinside berbagi juga cara untuk melakukan hal ini.

Cara Instal Sumber Tidak Dikenal Oppo

Sumber yang dikenal atau dipercaya adalah dari Google Play Store, hanya aplikasi ini yang memperbolehkan pemasangan sebuah aplikasi. Ketika aplikasi lain seperti Pengelola File tempat dimana aplikasi dari luar telah didownload melakukan instalasi, proses instal bisa gagal. Pada sebagian hp, ada peringatan untuk mengaktifkan perizinan aplikasi yang tidak dikenal. Namun gak jarang di hp Oppo, aplikasi langsung tidak terpasang gitu aja tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Agar supaya kamu bisa instal aplikasi dengan lancar yaitu dengan mengaktifkan perizinan pada aplikasi seperti Pengelola File atau tempat dimana proses instalasi dilakukan. Berikut ini cara instal sumber tidak dikenal Oppo:

  • Buka menu Pengaturan (Settings) dari layar utama (atau dengan usap layar dari ujung atas ke tengah lalu klik tombol Gear)
  • Cari dan klik menu Keamanan (Security)
  • Pilih Penginstalan Sumber Tidak Dikenal (Install From Unknown Sources)
  • Klik untuk aktifkan aplikasi yang bisa menginstal sebuah file aplikasi dari luar Play Store
  • Ketuk Izinkan jika muncul
  • Cobalah instal aplikasi pihak ketiga kembali
  • Aplikasi akan bisa terpasang
cara mengaktifkan sumber tidak dikenal oppo

Umumnya, cara mengaktifkan sumber tidak dikenal Oppo ini bisa dipakai untuk ponsel tipe apa saja. Cara izinkan aplikasi tidak dikenal Oppo A12, A16, Oppo Reno 7 dan Reno 4, 5 serta 6 bisa juga menggunakan cara yang sama.

Melalui Pengaturan Tambahan

Untuk Oppo A5s, Oppo A3s, Oppo F7, Oppo F9 dan ponsel agak jadul merek sama lainnya bisa menggunakan cara dibawah ini. Umumnya ponsel dengan antarmuka dibawah Android 9 bisa dicek dibawah ini sedikit berbeda dengan tipe diatas:

  • Buka Pengaturan di ponsel Oppo kamu
  • Klik menu Pengaturan Tambahan
  • Ketuk Perangkat & Privasi
  • Klik Apli Diinstal Dari Sumber Tidak Dikenal
  • Ketuk pada aplikasi yang ingin diizinkan ketika melakukan instalasi sebuah file APK
cara mengaktifkan sumber tidak dikenal oppo a3s

Secara manual kamu harus menentukan aplikasi mana saja yang bisa melakukan instalasi aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi tersebut harus dipilih sesuai dengan kemampuan mereka dalam mengakses penyimpanan untuk instal aplikasi. Disarankan oleh untuk mengaktifkan instal sumber tidak dikenal Oppo pada aplikasi dibawah ini:

  • Pengelola File
  • Bluetooth
  • Chrome
  • Files
  • Drive

Karena aplikasi tersebut biasanya dapat digunakan untuk instalasi aplikasi. Misal Pengelola File, ketika kamu membuka aplikasi ini biasanya menemukan folder tempat aplikasi untuk diinstal. Chrome, hasil unduhan file dari sini juga biasanya kalau APK bisa langsung diinstal. Begitu pula dengan Files (aplikasi sejenis Pengelola File tapi bawaan dari android AOSP) dan Bluetooth. Disarankan untuk tidak mengaktifkan instal sumber tidak dikenal Oppo ini pada semua aplikasi. Karena bisa berbahaya, apabila kamu instal dari Play Store dan ada yang instal dari dalam bisa merugikan. Maka dari itu, setelan ini perlu dipantau untuk berjaga-jaga. Bila perlu setelah dipake instal langsung hilangkan izin instal aplikasi tidak dikenal lagi.

Apakah Aman Instal Sumber Tidak Dikenal Oppo Diaktifkan?

Secara umum memang kurang direkomendasikan untuk instalasi aplikasi pihak ketiga dari Play Store. Seperti layaknya Youtube Vanced, kita tidak mengetahui apakah file instalasi ini disisipi iklan khusus atau malware sehingga berbahaya. Tapi kalau kamu percaya dan memang aplikasi tidak akan mencuri data juga, bisa diaktifkan.

Buat kamu yang kurang paham dengan sistem aplikasi pada hp, sebaiknya perizinan instal sumber tidak dikenal Oppo diatas jangan diaktifkan saja. Sehingga hanya aplikasi pilihan dari Play Store yang aman, up to date, dan terpercaya saja nangkring di hp. Untuk meminimalisir aplikasi yang bisa berbahaya untuk hp Oppo kamu. Sebaiknya lakukan hal ini.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.