Mengatasi Hp Xiaomi Getar Sendiri

  • Droidinside
  • Jun 22, 2022

Berhubungan dengan bug pada software, pengguna mengalami hp Xiaomi getar sendiri gak cuma satu atau dua saja. Tiba-tiba hp kayak getar sendiri seperti waktu ada panggilan masuk dan getar diaktifkan. Posisi hp gak sedang ada notifikasi alias cuma dipakai biasa saja tapi tiba-tiba getar. Karena mungkin mengganggu, bagaimana langkah penyelesaian masalah ini? Droidinside jelaskan informasinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Getar Sendiri

Sebelum ke solusi, kamu perlu tahu dahulu penyebab ponsel Xiaomi mengalami Vibrate sendiri. Sama halnya getarannya waktu hp disetel ke mode getar saja. Pada beberapa kasus getarnya gak terlalu keras, hingga ada yang getarannya keras dan lama. Untuk frekuensinya ada yang singkat-singkat dan ada yang getar lama. Tentunya hal ini menyebabkan user kaget. Soalnya posisi hp nya normal dan sedang tidak digunakan untuk apa-apa.

Kambing hitam dari permasalahan ini ada pada bug software. Soalnya kebanyakan kejadian seperti ini ada pas pengguna udah memperbarui software ponsel ini. Ya memang namanya bug gak kira-kira, pasti aneh-aneh meskipun itu memang gak mengganggu fungsionalitas ponsel. Hp Xiaomi getar sendiri dapat dimungkinkan disebabkan oleh sistem yang mengalami permasalah tertentu seperti salah mengira bahwa ada notifikasi padahal tidak demikian. Jadi beberapa langkah dibawah ini dibutuhkan untuk cara mengatasi hp Xiaomi getar sendiri:

Matikan Ponsel Untuk Sementara Waktu

Kamu membutuhkan setidaknya beberapa jam agar si ponsel Xiaomi yang getar sendiri beristirahat, karena dia lelah. Meskipun hp pintar, tapi kalau gak pernah dimatikan juga akan menimbulkan banyak masalah seperti kontak jadi hilang semua. Jadi cobalah tekan dan tahan tombol power. Matikan ponsel untuk beberapa jam. Mengembalikan fungsi sistem seperti semula karena terlalu banyak sampah sistem pada ponsel bisa dilakukan. Jika sudah yakin, hidupkan kembali ponsel. Cobalah untuk merasakan apakah ponsel kembali bergetar atau ngga.

Reset Ke Pengaturan Pabrik

Kembali ke pengaturan pabrik sangat disarankan untuk mengatasi masalah hp Xiaomi bergetar sendiri. Bug pada sistem yang terjadi setelah update dikarenakan belum menyesuaikan dengan aplikasi yang terpasang. Bisa juga terjadi sebaliknya, aplikasi masih jadul sehingga belum menyesuaikan dengan sistem yang baru. Munculnya bug getar sendiri salah satunya disebabkan oleh lah ini.

Persis dengan penyelesaian masalah yang ada pada ponsel Xiaomi lain terkait software. Dengan mereset, maka masalah akibat bug software yang ada pada ponsel bisa diselesaikan sebagian. Biasanya getar ini terjadi pada MIUI 12 dan 12.5 serta mungkin menjangkit ke MIUI 13 sejauh pengetahuan admin.

Downgrade Versi MIUI

Jika melakukan reset seperti biasa nyatanya gak mengatasi hp Xiaomi getar sendiri diatas. Berarti ada yang salah sama versi MIUI ponsel kamu saat ini. Ya jelas lah sebelumnya gak ada masalah apa-apa kok tiba-tiba getar sendiri, berarti ada masalah dengan software/ pembaruannya. Maka dari itu perlu diturunkan versi firmwarenya setidaknya kembali ke awal.

Kamu bisa menggunakan cara downgrade MIUI dengan metode Rename. Atau lebih bagus langsung aja ke konter terpercaya di kota kamu.

Downgrade mengembalikan versi perangkat lunak yang lebih lawas tanpa masalah. Ini lebih direkomendasikan daripada melakukan Downgrade sendiri yang ada resiko mati atau bootloop.

Penutup

Solusi atas masalah ponsel Xiaomi yang bergetar sendiri diatas, sebenarnya mengacu pada hp keluaran diatas Redmi Note 7. Karena tipe hp Xiaomi yang satu ini mendapatkan pembaruan sampai MIUI 12. Kejadian hp Xiaomi getar sendiri baru muncul pada hp ini yang tombol navigasinya sudah berada di dalam layar. Admin sendiri belum menemukan untuk tipe hp Xiaomi yang lebih lawas.

Permasalahan software ini perlu kamu maklumi karena memang sangat membuat kita jengkel. Karena harus melakukan penghapusan semua data agar bisa kembali normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.