Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Menerima SMS

  • Droidinside
  • Jul 18, 2022

Mengalami masalah hp tidak bisa menerima SMS itu memang menjengkelkan. Kita masih tetap membutuhkan fitur Short Message Service untuk banyak hal lho. Seperti menunggu SMS kode verifikasi, kode OTP, laporan transfer dari bank dan hal lainnya. Meskipun kita gak mengharapkan SMS penipuan atau berisi tawaran untuk slot/judi sih hehehe.

Peran pesan SMS kini juga menjadi hal yang penting karena verifikasi pemilik nomor ada pada SMS. Keamanan sebuah akun di internet maupun Bank yang kita miliki bergantung pada SMS. Seringkali SMS itu berasal dari keluarga yang berisi pesan penting. Namun karena kondisi tertentu, hp tidak bisa menerima SMS. Lalu bagaimana solusi yang bisa dilakukan? Droidinside berikan jawabannya.

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Menerima SMS

Misalkan yang paling sering kita menunggu kode OTP dari sebuah layanan aplikasi atau website. Kode yang dikirim lewat SMS sebenarnya simpel tapi kalau ponsel tidak bisa memunculkan/ menerima pesan tersebut ya jatuhnya malah bikin sebel. Kenapa no hp tidak bisa menerima SMS verifikasi ? Banyak penyebabnya seperti sinyal, kondisi ponsel, SMS ditampilkan dalam bentuk Pop Up, hingga beberapa ponsel tidak cocok dengan kartu tertentu. Berikut ini beberapa cara mengatasi hp tidak bisa menerima SMS yang bisa diterapkan kamu sendiri:

Menghidupkan Ulang/ Restart Ponsel

Jika ponsel android tidak bisa menerima SMS, ada kemungkinan cache dan data sampah pada sistem menumpuk. Hal ini menyebabkan ponsel tidak bisa berjalan dengan semestinya atau normal. Dengan menghidupkan ulang ponsel, ponsel akan lebih fresh. Atau bisa dengan mengaktifkan Mode Pesawat untuk beberapa saat. Kemudian posisi sinyal yang berada dalam kondisi full 4G atau 5G akan kembali menjadi offline (sinyal biasa). Ini juga akan berpengaruh ke masuk tidaknya sinyal yang dibawah pada solusi selanjutnya.

hp tidak bisa terima sms otp

Mematikan Data Seluler

Salah satu yang menghambat SMS verifikasi masuk adalah kondisi ponsel yang aktif data selulernya. Pernahkah kamu memperhatikan di hp, ketika ada SMS masuk sinyal berubah menjadi E atau 2G dalam sekejap lalu kembali lagi seperti semula. Ini menandakan bahwa jaringan SMS yang menggunakan sinyal GSM ini mengganggu lalu lintas data internet. Atau memang sengaja ponsel menurunkan tingkatan sinyal agar SMS bisa masuk.

Dengan mematikan data seluler maka hp tidak bisa terima SMS otp akan teratasi. Mematikan data untuk waktu yang tidak lama sebenarnya tidak apa-apa jika tidak terlalu dibutuhkan. Ini akan memberikan kesempatan SMS untuk masuk.

Buka pengaturan di ponsel, ubah preferensi jaringan atau tipe jaringan prioritas ke 3G (HSPA) atau ke 2G (Edge). Karena SMS memiliki protokol arus data sendiri, sebenarnya yang paling mendasar. Karena ada ponsel yang kalau di panteng di sinyal 4G (LTE), dia tidak bisa menerima SMS meskipun seharusnya bisa (sistem secara otomatis menurunkannya). Apalagi kalau LTE Only pada ponsel aktif. Dia tidak akan bisa menerima telepon maupun SMS.

Pastikan Tidak Ada Daftar Pengecualian Atau Kontak Terblokir

Dalam ponsel android, kamu bisa membuat sebuah pengecualian yaitu hanya sebuah nomor saja yang masuk. Pastikan daftar ini kosong sehingga SMS dari nomor manapun tidak tertolak. Selanjutnya, cek juga di kontak terblokir. Apakah mereka yang mengirim SMS masuk dalam blacklist ini.

Jika iya, segera hapus melalui pengaturan Telepon atau Panggilan di ponsel android kamu. Cek daftar pastikan pengecualian dan terblokir itu bersih. Sehingga siapapun bisa menghubungi kamu termasuk SMS mereka bisa masuk.

Cobalah untuk menunggu beberapa menit untuk mengatasi hp tidak bisa menerima SMS. Karena server mungkin sedang sibuk sehingga permintaan pesan tidak bisa segera dilakukan. Namun menunggu ini bisa sampai beberapa jam, kamu harus bersabar. Ya seperti pengalaman admin setidaknya sampai 1 jam bisa saja SMS baru masuk. Untuk SMS jenis kode OTP atau verifikasi itu kadang juga bisa lama. Mending coba lagi di lain waktu misalkan agak sore ketika jam-jam tidak terlalu sibuk.

Memindahkan Kartu SIM Ke Ponsel Lain

Ada satu hal unik yang kita mungkin belum tahu bahwa ada sebuah kondisi dimana kartu SIM tidak cocok dengan jenis ponsel. Misalkan kasus yang admin temukan, sinyal Axis di ponsel Redmi Note 11 bisa hilang-hilangan. Jadi SMS tidak bisa masuk dengan baik karena tidak tersedia atau silang saja sinyalnya.

kenapa hp tidak bisa menerima sms dan telepon

Hampir sama juga pada kasus hp Nokia C1-01 milik admin. Khusus hp ini doang yang gak mau nerima dan nelpon untuk kartu AS. Hp tidak bisa menerima SMS tapi kok cuma satu kartu doang. Ketika itu admin pindahin kartu AS ke ponsel lain jadi lancar. Untuk itu jika memang hp tidak bisa terima SMS sama sekali. Coba ganti hp atau pindahin kartu SIM ke ponsel lainnya dan coba lagi.

Hubungi Operator

Salah satu cara untuk mengatasi masalah hp tidak bisa menerima SMS adalah menghubungi operator. Mereka akan melakukan pengecekan pada kartu kamu dari server apakah ada masalah atau tidak. Selain itu, kamu akan mendapatkan panduan untuk menyetel bagian pengaturan pada ponsel supaya dapat menerima SMS kembali seperti biasanya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.