Mengatasi Hp Infinix Ngecas Lama

  • Droidinside
  • Mar 05, 2023

Banyak user yang mengalami hp Infinix ngecas lama sekali bahkan kayak bukan standar ponsel ini. Karena, meskipun spesifikasi charger yang tertulis di kotak maupun kemasan itu termasuk tinggi. Misalkan Infinix dengan spesifikasi pengecasan 33 Watt, tapi baterai 5000 mAh ngecasnya bisa sampe 4-5 jam. Padahal seharusnya gak selama itu.

Hp Infinix ngecas lama bisa terjadi setelah 2 minggu pemakaian sejak baru. Ini sebenarnya harus kamu waspadai ketika terjadi. Soalnya, bisa jadi memang ada masalah di ponsel kamu atau pada kepala maupun kabel untuk mengecas. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini? Droidinside berikan tipsnya.

hp infinix ngecas lama droidinside

Cara Mengatasi Hp Infinix Ngecas Lama

Infinix, Pengisian Daya Lambat – Jika ponsel udah lama setidaknya lebih dari 1 tahun penggunaan, maka wajar untuk mengalami masalah tersebut. Namun ada juga yang mengalami masalah ini ketika ponsel masih tergolong baru. Lakukan beberapa hal dibawah ini sehingga pengecasan bisa normal kembali:

Ganti Kabel USB

Seperti kasus ponsel Infinix yang menggunakan charger 33 Watt. Pengisian daya nya lambat, padahal untuk besar pengisian daya seperti ini 2 jam saja cukup (itupun terlalu lama). Untuk itu, cobalah untuk mengganti kabel USB tipe C yang dimiliki merek ponsel lain.

Bahkan banyak pengguna ponsel Infinix yang mengalami masalah hp mereka lambat ketika diisi padahal hp masih baru. Ada cacat atau kesalahan produksi yang membuat kabel bawaan jadi lemot ngisi. Pengecekan menggunakan aplikasi Ampere, pengisian tidak lebih dari 1000 mAh. Namun setelah diganti pake kabel usb merek Samsung, Xiaomi atau merek lain seperti Anker, Aukey dan sejenisnya jadi normal.

Ganti Kepala Charger

Pastikan kamu menggunakan kotak charger yang spesifikasinya sesuai dengan bawaan hp. Kayak besarnya Watt atau ampere perlu disesuaikan ya supaya ponsel tetap awet. Ketika hp Infinix ngecas lama terjadi lalu diganti dengan kepala charger yang lebih besar. Memang bakalan jadi sangat cepat. Tapi ini juga bikin cepat merusak komponen dalam ponsel.

Jadi misalnya cuma 5 Volt 2 Ampere (10 Watt), maka pake yang itu saja tanpa dinaikan (misalkan 33 Watt). Gunakan yang pas lalu cek kembali apakah pengisian daya masih lemot.

Mengisi Daya 90-100% Lemot Apakah Normal?

Bahkan untuk ponsel yang udah pake Fast Charging, pengisian daya pada posisi 90 sampai 100 persen itu wajar lemot. Maka dari itu, kamu harus sabar menunggu ketika ponsel sampai pada posisi baterai tersebut. Jadi kalau hp Infinix ngecas lama pada posisi ini, wajar aja. Kamu tidak perlu panik. Hal ini disebabkan karena sudah ada penurunan kecepatan pengisian daya untuk menurunkan suhu akibat Fast Charging berjalan sebelumnya.

Menonaktifkan Pengisian Cerdas (Smart Charge)

Salah satu hal yang menyebabkan ponsel Infinix kalau ngecas jadi lama adalah fitur dari Phone Master. Yaitu Pengisian Cerdas atau Smart Charge yang disematkan pada ponsel Infinix keluaran tahun 2020 keatas. Secara umum fungsi aplikasi ini adalah mengoptimalkan pengisian daya supaya lebih cepat dan tidak membuat listrik jadi boros.

Tapi lucunya ketika fitur ini diaktifkan, malah membuat pengisian daya jadi sangat lambat. Mungkin benar bikin listrik tidak boros karena sistem tidak memaksimalkan penggunaan daya yang seharusnya. Maka untuk mengatasi lemot saat ngecas, berikut ini langkahnya:

  • Buka aplikasi Phone Master (biasanya ada di folder Keluarga Infinix/ XOS di layar utama)
  • Versi lebih lawas, kamu bisa langsung temukan Pengisian Cerdas di bagian bawah
  • Atau bisa dengan klik menu Saya (pojok kanan bawah)
  • Pilih Pengaturan
  • Klik Pengaturan Isi Daya Pintar
  • Klik tombol di sebelah kanan Pengisian Cerdas untuk mematikannya
  • Coba ngecas lagi apa ada perbedaan
mengatasi hp infinix ngecas lambat droidinside

Ganti Baterai

Buat hp Infinix ngecas lama ini bisa disebabkan oleh baterai yang udah gak lagi prima. Apalagi buat umur ponsel yang udah gak muda lagi. Katakanlah hp udah berumur 1,5 tahun sejak pertama beli. Wajar kalau ngecasnya lama akibat baterai udah kemakan usia. Peralatan ngecasnya kayak kotak charger sama kabelnya yang udah lama dipakai juga bisa menurunkan performa pengisian daya. Apalagi kalau ponsel sering bekerja keras sehingga baterai cepat habis dan diisi lagi alias siklusnya cepat habis karena penggunaan. Wajar aja untuk melakukan solusi hp Infinix ngecas lama ini.

Kesimpulan

Pengisian daya lambat adalah masalah umum yang sering dialami oleh pengguna ponsel Infinix. Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, mulai dari penggunaan kabel pengisi daya yang tidak cocok hingga kerusakan pada baterai. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara mudah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah pengisian daya lambat pada ponsel Infinix Anda.

  1. Gunakan kabel pengisi daya yang asli atau resmi dari Infinix Pertama-tama, pastikan bahwa kabel pengisi daya yang Anda gunakan adalah kabel asli atau resmi dari Infinix. Penggunaan kabel yang tidak cocok dapat memperlambat proses pengisian daya.
  2. Bersihkan port pengisian daya pada ponsel Anda Port pengisian daya pada ponsel Anda mungkin tertutup oleh debu atau kotoran, yang dapat mempengaruhi proses pengisian daya. Bersihkan port pengisian daya dengan hati-hati menggunakan benda yang lembut untuk menghilangkan debu atau kotoran.
  3. Gunakan pengisi daya yang lebih besar Jika pengisi daya Anda memiliki daya keluaran yang rendah, cobalah untuk menggantinya dengan pengisi daya yang memiliki output yang lebih besar, seperti pengisi daya dengan output 2A atau 2,4A. Pengisi daya yang lebih besar dapat mempercepat proses pengisian daya.
  4. Hindari menggunakan ponsel Anda saat diisi daya Penggunaan ponsel Anda saat sedang diisi daya dapat memperlambat proses pengisian daya. Sebaiknya hindari menggunakan ponsel Anda saat diisi daya dan biarkan proses pengisian daya selesai terlebih dahulu.
  5. Cek kondisi baterai Baterai yang rusak atau sudah tua dapat menjadi penyebab masalah pengisian daya lambat. Cek kondisi baterai Anda dan pertimbangkan untuk menggantinya jika perlu.
  6. Gunakan mode hemat baterai Ponsel Infinix Anda mungkin memiliki mode hemat baterai yang dapat membantu menghemat konsumsi daya dan mempercepat proses pengisian daya. Aktifkan mode ini saat sedang diisi daya untuk hasil yang lebih cepat.
  7. Tutup aplikasi yang sedang berjalan Aplikasi yang sedang berjalan dapat memakan banyak daya baterai dan memperlambat proses pengisian daya. Pastikan untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan saat Anda sedang mengisi daya ponsel Anda.
  8. Gunakan pengisi daya cadangan Jika Anda memiliki pengisi daya cadangan, cobalah untuk menggantinya dan periksa apakah pengisi daya baru dapat mengisi daya lebih cepat.
  9. Hubungi pusat layanan Infinix Jika masalah masih berlanjut, hubungi pusat layanan Infinix untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka dapat membantu Anda menemukan solusi

Penutup

Dalam kesimpulannya, pengisian daya lambat pada ponsel Infinix dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah. Pastikan untuk menggunakan kabel pengisi daya yang asli atau resmi, membersihkan port pengisian daya, menggunakan pengisi daya yang lebih besar, menghindari penggunaan ponsel saat diisi daya, memeriksa kondisi baterai, menggunakan mode hemat baterai, menutup aplikasi yang sedang berjalan, dan menggunakan pengisi daya cadangan. Jika masalah masih berlanjut, jangan ragu untuk menghubungi pusat layanan Infinix untuk bantuan lebih lanjut. Dengan mengikuti beberapa tips ini, Anda dapat mempercepat proses pengisian daya pada ponsel Infinix Anda dan menghindari masalah pengisian daya yang lambat di masa depan.

Post Terkait :

2 thoughts on “Mengatasi Hp Infinix Ngecas Lama

  1. ijin bertanya, normal nya pengecesan itu berapa menit sekali untuk bertambah 1%
    soalnya kalo di HP saya kadang 3 menit sekali untuk bertambah 1%

    1. tergantung kondisinya kak! hasilnya akan berbeda dengan beberapa keadaan seperti :
      – koneksi internet masih aktif dan jaringan lemot jadi ponsel selalu proses mencari sinyal
      – charging sambil aktifitas seperti bermain game atau yang lainnya
      – dll

      Tetapi jika posisi charging dalam mode penerbangan atau saat ponsel mati, ada yang perlu di cek lagi seperti kondisi kabel, kondisi kepala charger dan kondisi ponsel itu sendiri (contoh baterai ponsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.