Hapus Semua Aktivitas Google Di Android Dengan Mudah

  • 2 min read
  • Des 05, 2020
hapus semua aktivitas google di android

Kamu bisa hapus semua aktivitas Google di android. Karena setiap aktivitas yang kamu lakukan, saat kamu menggunakan ponsel pintar. Akan dipantau oleh Google dan dicatat dalam sebuah daftar. Misalnya kamu ngetik Droidinside di pencarian Google, maka akan tercatat di akun kamu.

Aktivitas Yang Terekam Oleh Google

Sebagai sebuah perusahaan Big Data (maha data), Google selalu melakukan berbagai pengembangan sistem sesuai dengan kebiasaan manusia. Cara Google mendapatkan data riset agar produknya selalu dibutuhkan dan sesuai perkembangan zaman adalah dengan memantau aktivitas kamu.

Ketika kamu membuat sebuah akun Google dan kemudian akun tersebut login pada ponsel android, maka kamu harus menurut dengan kebijakan data yang dimiliki Google. Salah satunya adalah pemantauan aktivitas dan pengiriman statistik data penggunaan.

Mengaktifkan sinkronisasi data Google di ponsel android merupakan salah satu gerbang yang membuat aktivitasmu tercatat di servernya. Aktivitas yang tercatat meliputi hampir seluruh aplikasi/produk yang dimiliki oleh Google. Selain itu, aktivitas yang dicatat Google secara default aktif (menurut pengalaman admin).

Karena saat selesai melakukan pendaftaran akun Google, pertanyaan untuk pantauan aktivitas biasanya diabaikan. Paling sering pilih lanjutkan sampai proses pendaftaran selesai sehingga biasanya pantauan aktivitas aktif. Ini mungkin bagi beberapa orang kurang bagus.

Privasi merupakan hal yang mungkin dijunjung tinggi bagi tiap orang. Jika akun Google dibagikan ke orang lain, maka orang tersebut dapat ikut melihat aktivitas kamu. Misal saja kamu mengetik pencarian di Chrome, Youtube, dan aktivitas lain seperti membuka Facebook, Whatsapp maupun aplikasi lain akan tercatat.

Aktivitas berhubungan dengan lokasi juga tercatat. Ketika kamu pergi ke suatu tempat dan GPS ponsel kamu aktif, Google akan menuliskan kegiatan kamu ini. Jika tidak suka dengan catatan yang mungkin kurang penting ini, kamu bisa hapus semua aktivitas Google di Android.

Cara Hapus Semua Aktivitas Google Di Android

Sebelum menghapus, pastikan akun Google sudah masuk di android kamu (Chrome juga). Koneksi internet cukup bagus sehingga proses sinkronisasi tidak mengalami error. Selanjutnya:

  • Buka aplikasi Chrome
  • Masuk akun Google yang ingin dihapus aktivitasnya
  • Kunjungi https://myactivity.google.com/
  • Di Bagian atas, ketuk 3 garis pojok kiri atas
  • Klik Hapus Aktivitas Menurut (Delete Activity By)
    hapus aktivitas google saya
  • Pilih Sepanjang Waktu (All Time)
  • Kosongkan saja (jika ingin menghapus semua untuk rentang waktu), klik Berikutnya (Next)
  • Pastikan terpilih semua, kemudian Berikutnya
  • Klik Hapus (delete) untuk konfirmasi

Setelah konfirmasi dan menghapusnya, seluruh aktifitas Google kamu dari awal akun dibuat sampai menit terakhir akan terhapus dan tidak bisa dilihat kembali. Kegiatan ini tidak dapat dibatalkan/cancel. Sekali menghapus tidak dapat dikembalikan.

Hapus semua aktivitas Google di android tidaklah lama. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat, tergantung lama dan banyaknya aktivitas yang terekam di akun Google.

Penutup

Hapus semua aktivitas Google di android dapat juga dilakukan sekaligus melalui cara menghapus akun Google secara permanen. Cara ini digunakan untuk menghapus akun milik kamu juga. Sebagai tambahan informasi saja kok.

Saat kamu membuka panel untuk hapus semua aktivitas Google di android, disana kamu juga bisa menghilangkan pengaturan lacak. Ketika centang Aktivitas Web dan App, Riwayat Lokasi dan Riwayat Youtube dimatikan. Maka ketiga aktivitas ini tidak akan lagi tercatat di akun Google.

Membersihkan riwayat aktivitas dapat memberikan kamu keleluasan privasi. Tidak ada lagi yang dapat memantau aktivitas kamu. Namun dengan terhapusnya riwayat aktivitas ini, kamu tidak bisa melacak kembali apa yang dilakukan oleh sebuah akun.

Riwayat aktivitas yang tercatat sangat berguna untuk pengawasan terhadap sebuah akun. Semisal orang tua dapat melihat riwayat ini, apabila anak pernah mencari sesuatu yang tidak pantas dapat tetap terawasi orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *