Hapus Screenshot Setelah Dibagikan Xiaomi Otomatis Mudah

  • 2 min read
  • Mei 25, 2021

Di ponsel Xiaomi, kamu bisa hapus Screenshot setelah dibagikan. Untuk kamu yang punya banyak gambar hasil tangkapan layar yang biasanya bakalan dibagikan. Ini biasanya menumpuk hingga ratusan jumlahnya. Untuk mempermudah kamu mengorganisir nya, ada fitur Xiaomi yang bisa kamu manfaatkan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Cara Hapus Screenshot Setelah Dibagikan Xiaomi

Fitur untuk hapus Screenshot setelah dibagikan pada ponsel Xiaomi ini hadir pada ponsel Xiaomi tipe High End. Seperti Redmi K series dan Mi. Keduanya apabila telah mendapatkan update ke MIUI 12 dapat melakukan hal ini.

Jadi fitur hapus Screenshot setelah dibagikan pada ponsel Xiaomi adalah dari MIUI 12. Meskipun MIUI 12 sudah dibagikan ke seri Redmi ke 9 dan 8, namun fitur ini belum muncul juga. Dengan menunggu pembaruan kedepan, mungkin pada ponsel mu tersebut akan mendapatkan fitur penghapusan tangkapan layar.

Kabar baiknya, pada ponsel Xiaomi Redmi Note 10 Pro fitur hapus Screenshot setelah dibagikan sudah ada ketika artikel ini dirilis. Jadi untuk dapat melakukannya pada ponsel ini, langkahnya:

  • Lakukan Tangkapan Layar/Screenshot pada ponsel Xiaomi (bisa dengan usap 3 jari, atau tombol volume bawah+ power, dan setelan screenshot lainnya)
  • Ketika tangkapan layar sudah selesai, ditandai dengan muncul kotak gambar di bagian kanan atas
  • Langsung tekan Kirim
  • Centang opsi bagian tengah Delete After Sharing (Hapus Setelah Dibagikan)
  • Pilihlah berbagai platform untuk membagikan hasil tangkapan layar
  • Setelah dikirim, file gambar Screenshot tersebut tidak akan ada di galeri
    xiaomi hapus screenshot otomatis

Jadi untuk mengaktifkannya adalah melakukan Screenshot lalu langsung kirim. Jika tangkapan layar sudah tersimpan dalam galeri (tidak langsung saat opsi kirim muncul), maka untuk mengirimnya dan otomatis terhapus tidak dapat dilakukan lagi.

Setelah mengetahui fungsinya, yaitu menangkap layar kemudian otomatis file gambar tersebut terhapus setelah dibagikan maka akan mempermudah kamu menghemat penyimpanan.

Fitur ini memang dikhususkan untuk sekali berbagi dengan tidak menyimpan hasil tangkapan layar. Sangat cocok untuk kamu yang membagikan gambar lalu otomatis terhapus oleh sistem.

Misalnya kamu mengirim sebuah tangkapan layar percakapan dalam chat. Kamu sudah tahu isi chatnya, dan ingin dibagi ke orang lain. Untuk itu gambar mungkin sudah tidak berguna lagi untuk kamu. Sehingga bisa otomatis dihapus.

Penutup

Beberapa ponsel Xiaomi versi High End yang beberapa tahun lalu rilis mengalami masalah opsi hapus Screenshot setelah dibagikan menjadi tidak ada atau hilang. Biasanya menghilang setelah melakukan update versi android atau MIUI. Kemungkinan besar Developer dari Xiaomi memang sengaja menghilangkannya karena tidak terlalu berguna bagi kebanyakan user.

Pada ponsel Xiaomi region India sudah mendapatkan fitur ini pada Redmi Note 10 Pro. Kemungkinan besar, ponsel-ponsel yang selanjutnya rilis bakalan memiliki fitur ini lagi. Karena admin juga akan sangat membutuhkannya karena sering kirim SS ke teman. Daripada capek-capek menghapus satu per satu akan lebih baik menghapus secara otomatis ketika membagikannya.

Ini merupakan fitur tersembunyi yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna Xiaomi. Admin berharap sebenarnya fitur ini lebih disempurnakan lagi. Artinya, tidak hanya satu gambar dalam satu waktu Screenshot saja yang dihapus setelah dishare. Namun file gambar dalam galeri diharapkan terdapat opsi untuk menghapusnya setelah dibagikan. Karena terkadang kita sudah tidak lagi membutuhkan gambar yang dibagikan. Mungkin berlaku juga untuk file video ppada galeri. Hal ini mempermudah dalam membersihkan file secara otomatis.

Dilanjutkan atau tidaknya fitur ini pada update an selanjutnya, bergantung pada pengguna yang meminta Request untuk dikeembalikan atau ditambahkan jika belum ada. Karena pada forum-forum android di Google, baru sedikit yang membahas fitur ini. Bahkan sangat jarang, adapun satu dua hanya membahas hilangnya fitur hapus setelah dibagikan ini pada ponsel Xiaomi mereka setelah update.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *