Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Layanan Cloud

Teknologi cloud saat ini menyediakan diri sebagai solusi yang menawarkan peningkatan efisiensi dan produktivitas, yang penting untuk keberlangsungan bisnis. Tak heran jika cloud semakin banyak digunakan di masa ketika kerja jarak jauh semakin lazim, termasuk untuk bisnis.

Di masa sekarang, peran cloud tentunya dapat menjadi faktor penting untuk menunjang kegiatan operasional bisnis. Sayangnya, tidak semua penyedia fasilitas cloud mampu memberikan layanan tepat sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi Anda. Oleh sebab itu, memilih cloud provider yang tepat semakin penting bagi Anda. Berikut beberapa kriteria yang bisa Anda pertimbangkan saat menyeleksi data center.

Fasilitas yang Anda Dapatkan

Pertimbangan utama ketika memilih cloud provider untuk bisnis yang Anda kelola adalah dengan memperhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh provider Anda, misalnya seperti managed service, cloud backup, data recovery, storage hingga dukungan keamanan infrastruktur yang advanced. Untuk memastikan skenario yang paling buruk, akan lebih baik jika provider yang Anda pilih memiliki opsi fasilitas Disaster Recovery. Dengan layanan ini, data/sistem Anda dapat dipulihkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana pada pusat data utama.

Transparansi Biaya

Tak bisa ditepis bahwa kelengkapan dan kompleksitas dari suatu layanan cloud yang ditawarkan oleh provider akan berbanding lurus dengan anggaran investasi yang perlu disiapkan. Sebelum memutuskan bekerja sama dengan provider cloud, pastikan Anda mendapatkan informasi lengkap mengenai rincian biaya untuk setiap fasilitas dan layanan yang Anda butuhkan. Jangan lupa juga untuk memastikan apakah ada biaya baru yang harus Anda keluarkan jika di kemudian hari diperlukan layanan tambahan. Dengan mengetahui transparansi biaya ini, Anda bisa membandingkan apakah layanan cloud yang Anda dapatkan sepadan dengan investasi Anda.

Kualitas Pelayanan

Kualitas paling penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan penyedia layanan jasa, termasuk jasa cloud service adalah customer service. Kapabilitas provider akan menentukan seberapa cepat penanganan atas masalah Anda dan seberapa baik komunikasi yang dilakukan. Maka, jika terjadi gangguan pada sistem cloud Anda, terlepas dari apa pun masalah yang timbul, Anda perlu memastikan bahwa cloud provider tersebut dapat menanganinya dengan cepat dan tuntas.

Sertifikasi

Jangan terjebak biaya, penyedia cloud provider dengan harga murah namun tidak didukung dengan infrastruktur yang mutakhir dan mumpuni bisa merugikan Anda di kemudian hari. Pastikan bahwa ketika Anda memilih cloud provider, infrastruktur mereka dibangun di atas data center yang andal atau reliable. Salah satu cara mengukur tingkat keandalan sebuah provider adalah dengan melihat sertifikasi relevan yang dimilikinya. Sertifikasi ini memastikan sebuah standar kualitas yang akan bermanfaat untuk Anda.

Salah satu penyedia cloud service profesional di Indonesia adalah neuCentrIX. Layanan Cloud neuCentrIX yang disebut neuCloud menawarkan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda, dari berbagai penggunaan, pengembangan berskala ultra, hingga berbagai penyesuaian. Berkaca pada layanan lengkap yang dimiliki neuCentrIX, tentunya Anda wajib mempertimbangkan penyedia jasa ini ketika memilih layanan cloud untuk perusahaan Anda.

Tinggalkan komentar