GPS Hp Terbaik Dari 4 Hp Ini | Droidinside

GPS hp terbaik dari 4 hp ini

  • 3 min read
  • Des 31, 2018
GPS hp terbaik

Droidinside.com – GPS hp terbaik, dari GPS hp xiaomi, GPS hp Vivo, GPS hp Samsung, GPS hp Asus yang dibandingkan oleh droidinside sehingga kamu bisa memilih android yang memiliki GPS terbaik.

gps hp terbaik

Sekilas tentang GPS HP Terbaik

Layanan lokasi (GPS/Global Positoning System) merupakan salah satu hal penting dalam penggunaan ponsel pintar saat ini. Beberapa aplikasi yang diinstal via playstore mewajibkan penggunanya untuk menghidupkan GPS seperti aplikasi/layanan ojek online, berbagi lokasi melalui aplikasi Whatsapp maupun BBM.

Untuk kebutuhan aplikasi berbasis lokasi diatas biasanya menggunakan kartu sim dengan koneksi internet. Berbeda dengan kebutuhan lain yang tidak harus ditunjang dengan koneksi internet… Untuk kebutuhan survey/penelitian misalnya. Saat melakukan survey dan harus mendapatkan data lokasi di daerah terpencil tanpa sinyal penyedia bahkan koneksi internet, kemampuan hardware gps android benar-benar dibutuhkan.
Sedikit pengetahuan, sinyal GPS didapatkan tidak hanya dari tower/pemancar namun juga didapat secara langsung dari satelit. Ketika terdapat jaringan internet dan jangkauan sinyal dari tower penyedia layanan, keduanya akan bersama sama bekerja melalukan pengumpulan data untuk menentukan lokasi. Dengan koneksi internet, bahkan tanpa bantuan hardware gps pun lokasi bisa ditetapkan. Ketika hanya hardware gps saja yang bekerja, maka perlu waktu tambahan untuk locking atau mengunci lokasi.

Perbandingan GPS samsung, GPS xiaomi, GPS vivo, GPS asus

GPS hp terbaik bagi admin penting, karena admin pernah melakukan pekerjaan survey dimana data lokasi diperlukan, dan dilakukan di tempat terpencil tanpa sinyal maka admin memberikan beberapa perbedaan lamanya waktu lock gps beberapa perangkat android yang pernah admin pakai yaitu Vivo, Asus, Xiaomi, Samsung,
Spesifikasi hardware gps hp android yang digunakan adalah kebanyakan menggunakan GPS GLONASS.
  1. Vivo (tipe Y53 )
  2. Asus (tipe Zenfone Go Lite
  3. Xiaomi (tipe Redmi 4x)
  4. Samsung (tipe Galaxy V)
Aplikasi google maps sebagai aplikasi bawaan semua android admin pakai sebagai pembanding…
Admin menghitung kecepatan lock GPS setiap android yang ada secara kasar. Apabila dihitung menggunakan alat maka akan lebih akurat. Namun secara kasar ini saja sudah terlihat kemampuan GPS setiap ponsel yang admin gunakan.
Saat proses locking gps, posisi hp akan berubah ubah dan terdapat lingkaran, semakin besar lingkaran biru disekitar titik lokasi, maka semakin tidak akurat lokasi gps. Penghitungan kecepatan akurasi dilakukan pada saat HP off data, dan hanya menghidupkan GPS saja dengan mode tanpa data. Sehingga kemampuan penerimaan sinyal GPS ini tidak disertai dengan koneksi data.

Hasil yang didapat

  1. Samsung
  2. Asus
  3. Vivo
  4. Xiaomi
Kemampuan lock gps sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Spesifikasi android yang digunakan, hardware gps, histori/riwayat gps, dan lain sebagainya. Sebenarnya perbandingan yang digunakan admin ini kurang fair mengingat perbedaan tipe dan spesifikasi hp.
Sebagai tambahan informasi, setelah dicek keseluruhan spesifikasi GPS tiap ponsel diatas untuk Asus, Vivo, dan Xiaomi sama-sama menggunakan 3 penerima GPS yaitu A-GPS, Glonnas, dan BDS. Namun yang mengejutkan adalah Samsung hanya menggunakan 2 saja, yaitu A-GPS dan Glonnas. Menurut pengalaman admin, pada jaman tersebut GPS Hp Samsung merupakan yang paling cepat untuk menentukan titik lokasi paling akurat meskipun spesifikasinya paling rendah.
Yang unik lagi adalah bahkan GPS Hp Xiaomi Redmi 4X yang merupakan pemilik spesifikasi paling tinggi pada pengujian ini malah mendapatkan rangking paling belakang. Ram 3 GB dijamannya pun tidak menjamin cepat dalam Lock GPS. Hal ini sejalan dengan pengalaman admin ketika melakukan pengumpulan data lokasi dengan GPS, Xiaomi cukup lama dibandingkan dengan ponsel dari brand yang lain pada pengujian ini.
Seringkali saat teman berbagi lokasi, melalui aplikasi Whatsapp contohnya, ketika gps belum akurat (masih terdapat lingkaran biru besar) terdapat masalah. Whatsapp dan google maps yang terintregasi akan secara acak memberikan lokasi yang terdapat pada lingkaran biru. Sehingga ketika teman yang ingin menuju ke lokasi sang pengirim lokasi, maka tidak akurat/salah.

Penutup

GPS hp terbaik yang ditulis admin diatas, merupakan hp atau perangkat android yang sering kita temui dalam kehidupan sekitar kita. Untuk kesempatan lain admin akan memberikan postingan terkait berbagi lokasi yang akurat.
Bagi kalian pengguna android yang disebutkan diatas, beberapa harap bersabar untuk menunggu lokasi akurat.
Sekian, see you next post.

Tinggalkan Komentar!