Berita Baru Google Play Music Dimatikan | Droidinside

Berita Baru Google Play Music Dimatikan

  • 2 min read
  • Okt 25, 2020
google play music dimatikan

Pernahkah kamu menggunakan pemutar musik bawaan Google ini ? Google Play Music dimatikan secara resmi sejak tanggal 23 oktober 2020 kemarin. Lantas apakah kita masih bisa menggunakan aplikasi pemutar musik tersebut ?

Google Play Music Dimatikan

Sebenarnya admin sebagai pengguna ponsel dengan antarmuka bawaan ponsel memang tidak memandang aplikasi Google Play Music. Bahkan mungkin menggunakannya saja enggan, soalnya pemutar musik bawaan sudah ada.

Beda lagi kasusnya dengan pengguna ponsel dengan sistem operasi Android Pure/Stock/One. Mereka sama sekali tidak dibekali aplikasi-aplikasi tambahan seperti manajer file bahkan dan pemutar musik. Mereka yang tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga akan menggunakan Google Play Music.

Berita yang cukup mengagetkan yaitu Google Play Music dimatikan layanannya ini mungkin akan berdampak pada mereka yang menggunakan Stock Android tanpa UI. JIka biasanya kamu bisa mencari musik secara online pada aplikasi pemutar musik bawaan Google ini, sekarang layanan ini tidak tersedia.

Keadaan Aplikasi Google Music Yang Dimatikan

Pada kondisi biasanya saat membuka aplikasi ini, kamu akan disuguhi banyak daftar musik yang bisa didengarkan sesuai genre yang kamu suka lewat informasi akun Google kamu. Namun sekarang isinya hampa dan gak ada apa-apanya.

Akan ada tulisan “Google Play Music is no longer available” yang telah memiliki aplikasi ini. Layanan web music.google.com yang dulu terintegrasi dengan aplikasi juga sekarang tidak dapat diakses. Sayangnya, lagu-lagu yang telah kamu unduh tidak akan bisa dimainkan dan harus dihapus data/cache nya karena dukungan Google Play Music dimatikan.

Untuk pencarian musik secara online sekalipun. Kamu tetap tidak akan bisa melakukannya. Karena dukungan untuk aplikasi ini sudah di Stop kamu mungkin akan sedikit menyesal. Namun, tidak perlu sedih karena Google Play Music masih dapat menyetel musik yang kamu suka. Dengan syarat lagu tersebut ada di penyimpanan ponsel kamu atau tersedia secara offline.

layanan google music resmi ditutup

Jika kamu punya file musik pada penyimpanan internal atau external, kamu langsung bisa membuka file tersebut. Jika belum ada aplikasi untuk membuka musik secara Default, kamu akan disuguhi untuk membukanya dengan Google Play Music. Fitur ini akan masih bisa kamu gunakan kok untuk pemutaran musik satu-persatu per file.

Google Play Music Dimatikan Akan Dipindahkan Ke Youtube Music

Beberapa ponsel menampilkan pesan musik Google yang sudah tidak tersedia lagi kemudian di bagian bawah akan ditunjukkan Transfer ke Youtube Music dan Kelola Data. Ini akan memindahkan daftar lagu ke layanan Youtube Music. Maka dari itu data dan cache akan dihapus jika tidak digunakan lagi.

Gunakan Aplikasi Musik Pihak Ketiga

Jika kamu tidak suka dengan aplikasi Youtube Music, kamu bisa mulai beralih menggunakan pemutar musik pihak ketiga. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pemutar musik pengganti Play Music yang tidak ada iklannya bisa kamu cari di Play Store atau penyedia aplikasi pihak ketiga:

  • Asus Music
  • Musicolet
  • Frolomuse
  • Music Player (No Ads)

Atau gunakanlah aplikasi download music mp3 gratis rekomendasi dari Droidinside. Meskipun ada kekurangannya yaitu iklan, namun tidak menganggu sih. Kamu juga bisa download lagu berkualitas Flac disana dan mendengarkan secara online.

Penutup

Bagi pengguna Xiaomi, masalah Google Play Music dimatikan tidak menjadi suatu apa. Karena sampai saat post ini dirilis, MI Fans mendapatkan Joox Gratis yang menjadi satu dengan pemutar musik milik MI ini. Sehingga tidak perlu khawatir untuk memutar musik.

Tinggalkan Komentar!